Sebelum Wisata ke Tanah Sunda, Wajib Tahu 6 Jenis Rumah Adat Jawa Barat

0
171

Penulis: Aufia | Editor: Agnes 

Sama seperti rumah adat di daerah lain, rumah adat Jawa Barat juga beragam loh, Ladies. Setiap bangunan memiliki bentuk dan filosofi masing-masing. Bahkan beberapa ada yang terinspirasi dari hewan. Unik banget kan? 

Hal ini karena rumah adat Jawa Barat mengadopsi kehidupan harmonis para leluhur dengan alam. Nah, sebelum ke tanah Sunda, yuk kenalan sama 6 bentuk rumah adat Jawa Barat dulu! Keep scrolling, Ladies!

1. Imah Badak Heuay

rumah adat jawa barat

Sama seperti namanya, Imah Badak Heuay berbentuk seperti badak yang sedang menguap. Hal ini karena atap Imah Badak Heuay memiliki bentuk seperti hewan badak. Sementara bagian depan rumah berbentuk seperti mulut badak yang sedang menguap.

Rumah ini memiliki atap kecil di depan rumah yang berfungsi untuk melindungi teras. Teras tersebut dilengkapi kursi yang berfungsi untuk menerima tamu laki-laki.

Meskipun rumah tradisional, nyatanya masyarakat Sukabumi hingga saat ini masih melestarikannya, Ladies. Fakta ini bisa dilihat dari banyaknya rumah modern di Sukabumi yang mengadopsi desain atap Imah Badak Heuay.

2. Imah Julang Ngapak

rumah adat jawa barat

Rumah adat Imah Julang Ngapak memiliki bentuk atap yang unik karena seperti burung yang sedang mengepakkan sayap. Bagian atas rumah berbentuk segitiga yang melebar ke samping. Terdapat cagak gunting di kedua sudut atap yang berfungsi untuk mencegah rembesan air hujan.

Pada awalnya beratap ijuk atau rumbia. Namun seiring dengan perkembangan zaman, saat ini bagian atap sudah dilapisi material kayu. Bahkan bentuk rumah adat ini masih eksis di masyarakat Tasikmalaya dengan perpaduan gaya modern. 

 3. Rumah Tagog Anjing

rumah adat jawa barat

Satu lagi rumah adat Jawa Barat yang terinspirasi dari binatang, rumah Tagog Anjing. Sesuai dengan namanya, desain atap rumah ini mirip hewan anjing yang sedang duduk. Bagian depan rumah agak sedikit lebih rendah daripada bagian belakang karena terdapat sorondoy yaitu atap tambahan yang terhubung dengan atap utama.

Rumah berbentuk Tagog anjing ini sebenarnya berasal dari daerah Garut. Banyak masyarakat yang masih melestarikan bentuk rumah adat ini, bahkan juga digunakan untuk desain hotel dan bungalow

4. Jubleg Nangkub

rumah adat jawa barat

Jubleg Nangkub merupakan rumah adat dengan desain atap bertingkat dan dinding yang terbuat dari material bambu. Rumah adat ini melambangkan tanah yang subur, indah, dan makmur. Kalau Ladies ingin melihatnya, cukup datang ke Sumedang, masih banyak masyarakat yang menggunakan desain ini untuk huniannya. 

5. Imah Jolopong

rumah adat jawa barat

Rumah adat yang satu ini memiliki bentuk yang paling sederhana dibandingkan rumah adat Jawa Barat lainnya. Atapnya berbentuk segitiga sama kaki yang memanjang ke belakang menyerupai pelana panjang. Bagian depan terdapat teras untuk bersantai, sedangkan bagian dalam tidak memiliki penyekat ruangan. Rumah ini bisa Ladies temukan di wilayah Garut. 

6. Imah Perahu Kumureb

rumah adat jawa barat

Rumah adat Jawa Barat selanjutnya adalah Imah Parahu Kumureb yang berarti ‘rumah perahu terbalik.’ Hal ini karena atapnya menyerupai perahu yang terbalik. Ladies masih bisa menemukan rumah model ini di kawasan Ciamis Ladies.

Material yang digunakan untuk membangun rumah adat ini adalah kayu, sedangkan atapnya terbuat dari ijuk. Sayangnya, desain rumah ini kurang diminati masyarakat karena tidak cukup kuat untuk menahan guyuran air hujan.

Nah, itulah enam bentuk rumah adat Jawa Barat yang terinspirasi dari alam Ladies. Dari seluruh list tersebut, Ladies tertarik explore yang mana?

Baca Juga:

Terbukti Ampuh dan Efektif! Ini 7 Rekomendasi Obat Batuk dan Flu Dewasa

10 Panggilan Sayang Buat Pacar yang Romantis Banget 

Cari Teman atau Pasangan? Cobain 8 Rekomendasi Aplikasi Kencan Online Ini