Waspada! Kenali 5 Penyebab Telinga Berdenging yang Jarang Diketahui Banyak Orang

0
5

Penulis: Jessica | Editor: Agnes

Pernahkan kamu mengalami telinga berdenging secara tiba-tiba? Telinga berdenging membuat kamu tidak nyaman saat beraktivitas. 

Bahkan dalam beberapa kasus telinga berdenging disertai dengan gejala lainnya, seperti nyeri da pusing. Tak jarang kondisi tersebut membuat kamu harus beristirahat dari semua kegiatan.

Lantas, apa sih penyebab telinga berdenging? Apakah kondisi tersebut menandakan penyakit berbahaya?  

Baca Juga: 5 Manfaat Teh Rosella untuk Kesehatan, Bagus untuk Program Diet Loh!

Penyebab Telinga Berdenging

Ketahui-penyebab-telinga-berdenging

Pada dasarnya, telinga berdenging bisa menjadi salah satu indikasi gangguan atau penyakit di telinga. Penyebabnya pun beragam, baik yang ringan hingga berbahaya. Nah, berikut ini penjelasan beberapa penyebab telinga kamu berdenging.

a. Penyumbatan saluran telinga

Melansir dari berbagai sumber, penyumbatan pada telinga bisa terjadi karena banyak hal. Mulai dari infeksi, penumpukan kotoran telinga, hingga benda-benda asing lain. Penyumbatan itulah yang menjadi penyebab telinga berdenging.

Pada dasarnya, penyumbatan tersebut tidak terlalu parah dan bisa sembuh dengan penanganan yang tepat. Misalnya, rutin membersihkan telinga ke dokter THT untuk menurunkan risiko penyumbatan. 

Baca Juga: Ramalan Zodiak Aquarius Mei 2022, Harus Jaga Kesehatan Tubuh! 

b. Mendengar suara terlalu keras

Selanjutnya, faktor penyebab telinga berdenging adalah mendegar suara terlalu keras.

Misalnya saat kamu menonton konser musik, kebiasaan mendengar musik terlalu keras menggunakan earphone, ataupun bekerja menggunakan alat berat seperti mesin pemotong besi.

Namun, tidak banyak orang yang sadar bahwa kebiasaan mendegar suara terlalu keras dapat merusak gendang telinga. 

c. Gangguan koklea

Koklea berada telinga bagian dalam yang memiliki sel rambut halus. Koklea bertugas untuk menangkap gelombang suara.

Sayangnya, koklea rentan mengalami kerusakan. Jika bagian koklea kamu mengalami gangguan, telinga kamu akan berdenging dan merasakan nyeri.

Baca Juga: Wajib Punya! Ini Dia 7 Aplikasi Penghitung Kalori Makanan Terbaik

d. Meniere

Meniere merupakan gangguan telinga yang terjadi pada koklea. Ketika koklea mendapat  banyak tekanan, telinga akan berdenging.

Tak hanya itu, meniere juga menyebabkan seseorang mengalami vertigo sampai kehilangan pendengaran. Sebenarnya, risiko penyakit ini dapat dihindari dengan rutin memeriksakan kondisi telinga ke dokter. 

e. Pertambahan Usia

Beberapa orang tua mengalami gangguan telinga karena faktor pertambahan usia. Kondisi tersebut menyebabkan penurunan kinerja pada beberapa organ di telinga.

Jika telinga kamu sering berdenging dalam waktu sebentar maupun lama, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter THT. Dokter akan memeriksa faktor yang menyebabkan gangguan telinga.

Dengan begitu, kamu akan mendapatkan penanganan yang tepat untuk meredakan sakit pada telinga. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua ya, Ladies.

Artikel Terkait:

Fakta Susu Full Cream dan Efek Samping bagi Kesehatan Tubuh

5 Manfaat dan Nutrisi Buah Semangka, Bagus Buat Tubuh!

6 Manfaat dan Kalori Nasi Putih, Benarkah Bikin Gemuk?

Dianggap Berbahaya, Ternyata Ini 5 Manfaat Pohon Pule bagi Kesehatan