Waspada, Flu Singapura Bisa Menyerang Orang Dewasa Juga Loh!

0
5

Penulis: Jessica | Editor: Agnes

Flu Singapura adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus. Gejala penyakit ini mudah dikenali dengan adanya infeksi berupa luka lepuh di area tangan, kaki, dan mulut. Umumnya, penyakit ini menyerang anak-anak dan balita. Namun, bukan tidak mungkin flu Singapura dapat menyerang orang dewasa.

Sejauh ini orang yang terkena penyakit ini dapat sembuh setelah melewati beberapa perawatan. Agar lebih memahami penyakit ini, simak ulasan ini, Ladies!

Penyebab Flu Singapura

Flu-Singapura 

Flu Singapura merupakan salah satu penyakit infeksi menular yang rentan menyerang balita hingga anak-anak. Berbeda dengan flu kebanyakan, flu Singapura menyebabkan timbulnya lepuhan pada beberapa bagian tubuh, seperti telapak tangan, lipat paha, dan siku tangan.

Dilansir dari Halodoc, penyakit ini disebabkan oleh virus coxsackie yang menginfeksi tubuh, mulai dari mulut, amandel, hingga pencernaan. Virus ini akan menyebar ke seluruh melalui aliran darah.

Selain itu, penyakit ini sangat menular. Flu Singapura mudah menyebar dan menginfeksi orang lain melalui:

  • Air liur yang keluar saat batuk
  • Cairan hidung yang keluar ketika bersin
  • Cairan yang timbul dari lepuhan luka
  • Menyentuh benda yang sudah terkontaminasi oleh kotoran (tinja) pengidap flu Singapura.

Sayangnya, sejauh ini belum ada obat ataupun vaksin untuk mencegah flu Singapura. Jadi, satu-satunya cara untuk sembuh dari penyakit ini adalah meningkatkan kekebalan tubuh. 

Untuk mencegah penularan, orang yang terinfeksi akan mendapatkan perawatan penuh dan diisolasi di rumah maupun rumah sakit sampai benar-benar pulih. Setelah smebuh dari penyakit ini, virus masih berada di dalam tubuh selama beberapa minggu.

Gejala Flu Singapura

Flu-Singapura

Saat seseorang terinfeksi virus flu Singapura, tubuh akan menunjukkan beberapa gejala. Adapun gejala umum yang dirasakan yaitu: 

  • Sakit tenggorokan
  • Demam
  • Muncul sariawan pada lidah, gusi, dan pipi bagian dalam
  • Timbul ruam yang sifatnya tidak gatal
  • Mudah lemas
  • Berkurangnya nafsu makan
  • Muncul luka berupa lepuhan di area mulut seperti bibir, gusi, dan lidah. 

Seseorang yang terinfeksi akan mengalami gejala awal yaitu demam selama satu hingga dua hari lalu muncul sariawan dan lepuhan pada area mulut. Saat luka sariawan mulai sembuh, muncul ruam kemerahan pada beberapa bagian tubuh yang kemudian menyebar.

Flu Singapura Menyerang Orang Dewasa

Flu-Singapura

Meskipun biasa menyerang anak-anak, ingat bahwa penyebab dari flu Singapura adalah infeksi virus yang sangat menular. Penyakit ini mudah menginfeksi ketika sistem kekebalan tubuh sedang lemah.

Dibandingkan dengan anak kecil, sistem kekebalan tubuh orang dewasa jauh lebih kuat. Hal tersebut yang membuat orang dewasa jarang terinfeksi flu Singapura. Meski begitu, orang dewasa tetap berisiko mengidap penyakit ini ketika imunitas tubuh sedang lemah.

Jika tidak ditangani dengan baik, flu Singapura dapat menyebabkan komplikasi yaitu meningitis dan radang otak. Untuk mencegah risiko terkena flu Singapura, kamu perlu menjaga sistem kekebalan tubuh dengan menerapkan pola hidup sehat dan menjaga kebersihan tubuh, Ladies.

Pengobatan Flu Singapura

Flu-Singapura

Umumnya orang yang terkena flu Singapura dapat sembuh dalam rentang waktu satu hingga dua minggu asalkan ditangani dengan tepat. Penanganan yang biasa dokter berikan antara lain memberikan obat penurun demam, istirahat yang cukup, isolasi diri, serta menghindari makanan pedas, asam, dan panas.

Itulah penjelasan seputar flu Singapura yang sering menyerang anak-anak. Meskipun sering menginfeksi anak kecil sebaiknya kita tetap menjaga daya tahan tubuh dan kebersihan agar tidak terinfeksi penyakit ini, Ladies.

Baca Juga:

Ketahui Gejala Penyakit Herpes, Pengobatan, dan Pencegahannya

Keputihan Organ Intim: Ketahui Penyebab, Ciri-ciri, dan Mengatasinya

5 Manfaat Teh Rosella untuk Kesehatan, Bagus untuk Program Diet Loh!