Inilah 7 Waktu Mustajab untuk Berdoa

0
126

Penulis: Mita | Editor: Agnes

Berdoa memang baiknya dilakukan setiap saat, namun beberapa kondisi tertentu membuat impian yang kita doakan belum kunjung dikabulkan. Hal ini tentu membuat kita bertanya, “kira-kira kapan waktu mustajab untuk berdoa agar keinginan cepat terkabul?”

Banyak ulama yang berpendapat ada waktu mustajab untuk berdoa yang perlu kita perhatikan. Praktikan waktu mustajab ini untuk berdoa agar keinginan kita dapat dikabulkan oleh Allah SWT. Simak baik-baik ya, Ladies.

1. Doa yang Dipanjatkan Selesai Salat Fardu

Umat muslim dianjurkan untuk memanjatkan doa selesai salat wajib karena waktu ini merupakan salah satu waktu yang mustajab untuk berdoa. Sebaiknya selesai salat kita jangan buru-buru pergi tanpa berdoa ya. Bisa juga kita lengkapi dengan zikir dan wirid sebagai pelengkapnya, seperti yang sudah dijelaskan dalam hadis berikut.

2. Doa yang Dipanjatkan Saat Azan Dikumandangkan

Salah satu waktu yang mustajab untuk berdoa yaitu saat azan dikumandangkan. Ini merujuk pada hadis tentang waktu di mana doa tidak akan tertolak.

3. Doa yang Dipanjatkan Dalam Sujud

Sujud, khususnya sujud terakhir, merupakan salah satu waktu mustajab untuk berdoa. Hal ini karena pada saat itu kita sedang di waktu yang paling dekat dengan Allah SWT. Rasulullah pun menganjurkan untuk memperbanyak doa saat kita sedang bersujud.

Banyak doa yang dapat kita panjatkan, tapi jangan lupa untuk berdoa agar hati kita senantiasa dikuatkan, istikamah dalam menjalankan perintah Allah, dan memohon diberi kesempatan untuk bertaubat kepada Allah sebelum ajal menjemput.

Hal ini seperti yang sudah dijelaskan dalam hadis berikut.

4. Doa yang Dipanjatkan di Sepertiga Malam Terakhir

Sepertiga malam terakhir menjadi waktu yang paling mustajan untuk memanjatkan doa. Di saat manusia lainnya sedang terlelap, kita terjaga untuk melaksanakan salat sunah tahajud, sekaligus memanjatkan doa kepada Allah SWT. Seperti yang diriwayatkan dalam hadis Bukhari dan Muslim yang mengatakan bahwa Allah akan selalu menerima doa para umatnya.

5. Doa yang Dipanjatkan Saat Turun Hujan

Saat hujan turun, Allah SWT menurunkan berkah dan rezekinya kepada seluruh makhluk yang ada di bumi. Oleh karena itu, sebaiknya kita memanjatkan doa pada waktu ini, seperti yang diriwayatkan dalam hadis Al Hakim dan Al Baihaqi.

6. Doa yang Dipanjatkan Saat Sahur, Puasa dan Berbuka Puasa

Saat sahur, puasa, dan berbuka puasa merupakan waktu yang mustajab untuk memanjatkan doa. Sebaiknya kita berdoa di waktu-waktu ini sesuai dengan penjelasan hadis berikut ini. 

7. Doa yang Dipanjatkan Pada Hari Jumat

Banyak peristiwa penting dan sakral bagi umat muslim yang terjadi di hari Jumat sehingga dianjurkan untuk memperbanyak amal saleh dan berbuat kebaikan. Selain itu, kita juga bisa memanjatkan doa dan keinginan kita di hari Jumat. Ini karena Jumat merupakan waktu yang mustajab untuk berdoa meminta rahmat Allah.

Demikian informasi tentang waktu-waktu yang mustajab untuk berdoa. Jangan lupa praktikan ya, Ladies, agar keinginan kita dapat Allah mudahkan untuk dapat segera terkabul.

Baca Juga:

Inilah Kumpulan Doa untuk Orang Tua Terkasih

Inilah Doa Sebelum dan Bangun Tidur agar Selalu Dilindungi Allah

Bacaan Doa Qunut Nazilah untuk Meminta Perlindungan Allah