Wajib Tahu! Ternyata Ini Penyebab dan Ciri-Ciri Penyakit Ginjal

0
49

Penulis: Jessica | Editor: Agnes

Ginjal merupakan salah satu organ vital pada tubuh manusia yang berfungsi sebagai penyaring limbah darah. Saat terjadi kerusakan pada ginjal, maka bisa dipastikan dapat menimbulkan penyakit. Penyakit tersebut nantinya akan mengganggu fungsi ginjal dalam membersihkan racun dalam darah, Ladies.

Ladies, kali ini kita akan membahas singkat mengenai penyakit ginjal. Dengan memahami penyebab dan ciri-cirinya, kita dapat lebih menjaga kondisi ginjal agar tetap sehat sedari dini. Simak bareng-bareng yuk ulasan ini!

Tentang Penyakit Ginjal

penyebab-dan-Ciri-Ciri-Penyakit-Ginjal

Gangguan fungsi pada ginjal dapat menimbulkan penyakit. Kerusakan pada ginjal dapat menyebabkan banyak produk dan cairan limbah tertumpuk dalam tubuh. Alhasil, beberapa bagian tubuh kena dampaknya, misalnya kaki bengkak, sulit tidur, sesak napas, lemas, dan lain-lain.

Beberapa komplikasi dari penyakit ginjal yang tidak tertangani antara lain batu ginjal, gagal ginjal, infeksi ginjal, kista ginjal, hingga kanker ginjal. Jadi dapat disimpulkan bahwa gangguan ginjal berakibat fatal bagi tubuh manusia. Maka, penyakit ini tidak boleh disepelekan ya, Ladies.

Jenis Penyakit Ginjal

penyebab-dan-ciri-ciri-penyakit-ginjal

Dilansir dari Halodoc, ada lima jenis penyakit ginjal yang kerap terjadi. Kelimanya adalah sebagai berikut:

  • Batu Ginjal

Batu ginjal memiliki bentuk berupa padatan batu yang ada pada salah satu atau pun kedua ginjal. Penyakit ini terjadi karena kadar mineral pada urin manusia terlalu tinggi, Ladies.

  • Infeksi Ginjal

Jenis penyakit ini berupa infeksi pada kandung kemih yang tidak ditangani dengan benar. Alhasil, bakteri yang ada justru bergerak ke ginjal, sehingga menyebabkan infeksi. Infeksi ginjal dikenal juga dengan nama pyelonephritis.

  • Penyakit Ginjal Akut

Penyakit ginjal akut muncul ketika fungsi ginjal tiba-tiba menghilang. Kondisi ini menyebabkan penumpukan limbah akibat tidak mampu disekresikan dengan baik.

  • Penyakit Ginjal Kronis

Kondisi ini menandakan bahwa ginjal tidak dapat menyaring kotoran dan tidak mampu mengontrol jumlah garam, kalsium, dan air dalam darah. Fungsi ginjal akan hilang secara bertahap dan dapat berlangsung lebih dari tiga bulan.

  • Kista Ginjal

Kista ginjal jarang menyebabkan komplikasi. Kondisi ini terjadi ketika terdapat kantung berisi cairan pada ginjal. Ada tiga macam kista ginjal, yaitu ginjal polikistik, kista ginjal meduler, dan medullary sponge kidney.

Penyebab Sakit Ginjal

Ladies, pemicu dari penyakit ginjal sendiri cukup beragam. Mulai dari riwayat diabetes, tekanan darah tinggi, sampai riwayat keluarga yang memiliki batu ginjal. Oleh sebab itu, dalam pemeriksaan biasanya dokter akan menelusuri rekam jejak kesehatan dari keluarga penderita.

Meski begitu, penyakit ginjal dapat muncul karena pola hidup yang tidak sehat, Ladies. Misalnya, terlalu banyak mengonsumsi garam dan gula, kurang minum air putih, jarang olahraga, hingga kebiasaan minum alkohol. Jadi, sebaiknya kita menerapkan gaya hidup sehat jika ingin terhindar dari penyakit ini, Ladies.

Ciri-Ciri dari Sakit Ginjal

penyebab-dan-Ciri-Ciri-Penyakit-Ginjal

Pada dasarnya, fungsi dari ginjal adalah menyaring limbah serta racun dalam darah, mengatur tekanan darah, menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh, serta memberi stimulasi pada pembentukan sel darah merah. Adanya penyakit ginjal dapat menghilangkan fungsi tersebut.

Ada baiknya kita juga mengenali gejala atau ciri-ciri dari sakit ginjal. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Volume urine berkurang
  • Perubahan warna pada urin (urin lebih keruh atau bercampur darah)
  • Nyeri saat buang air kecil
  • Bengkak pada tungkai
  • Nyeri punggung bagian bawah hingga menjalar ke perut bawah atau selangkangan
  • Mudah lelah dan anemia.

Pencegahan penyakit ginjal dapat dilakukan dengan rutin mengecek kondisi batu ginjal. Jika muncul ciri-ciri seperti di atas, segera konsultasikan ke dokter ya, Ladies.

Baca Juga:

5 Penyebab Bintik Merah pada Kulit dan Cara Menyembuhkannya

Tak Hanya Enak, Ini 5 Manfaat Kacang Hijau Bagi Kesehatan Tubuh

Jadwal Makan Diet yang Tepat untuk Menurunkan Berat Badan