Wajib Tahu! Ini 20 Arti dan Sifat Wajib Allah Arab dan Artinya

0
59

Penulis: Raizza | Editor: Agnes 

Sebagai umat Islam, ada sejumlah sifat wajib Allah yang harus kita ketahui. Sifat-sifat wajib ini adalah sesuatu yang melekat pada Sang Pencipta. Kita perlu mengetahui dsifat wajib Allah dan mempelajarinya agar bisa merasa lebih dekat dengan-Nya. Meskipun pada dasarnya, sifat-sifat Allah itu tidak terbatas. 

Menurut para ulama, sifat- sifat Allah SWT terbagi atas sifat wajib Allah, sifat mustahil Allah, dan Sifat Jaiz atau Mumkin. Berikut ini ada 20 sifat wajib Allah beserta artinya.

1. Wujud

Wujud itu artinya ada. Maksudnya, meski tidak ada seorang pun yang bisa melihat keberadaannya, tapi Allah itu ada dengan sendirinya, tanpa ada yang menciptakan. 

2. Qidam

Qidam artinya adalah terdahulu. Artinya, Allah SWT adalah yang terdahulu dan tidak ada makhluk mana pun yang mendahului-Nya.

3. Baqa

Baqa artinya kekal. Ini menggambarkan bahwa sifat Allah itu kekal dan tidak berubah-ubah. Berbeda dengan makhluk ciptaan-Nya yang bisa binasa dan hancur.

4. Mukhalafatu lil hawaditsi

Sifat ini artinya berbeda dengan semua makhluk. Sebagai sang Pencipta, tidak ada satu makhluk pun yang bisa menyamai dengan-Nya, baik dari zat maupun sifatnya.

5. Qiyamuhu binafsihi

Sifat qiyamuhu binafsihi itu berarti Allah tidak membutuhkan bantuan dari siapa pun karena sebagai sang Maha Segalanya, Allah berdiri sendiri.

6. Wahdaniyah

Allah itu satu, Allah itu Esa, dan tiada Tuhan selain Allah. Maka dari itu salah satu sifat-Nya adalah Wahdaniyah yang artinya tunggal atau esa.  

7. Qudrat

Sifat qudrat artinya adalah Allah itu Maha Kuasa atas segala sesuatu dan tidak ada yang bisa menandingi-Nya.

8. Iradat

Allah juga memiliki sifat Iradat yang artinya berkehendak. Maksudnya Allah memiliki kebebasan untuk berkehendak tanpa ada yang memerintah atau melarangnya. 

9. Ilmun

Allah juga Ilmun yang berarti mengetahui segala sesuatu. Entah itu yang tampak dan kasat mata atau yang disembunyikan, Allah tau segalanya.

10. Hayat

Hayat itu artinya hidup. Maksudnya Allah memiliki sifat hidup kekal abadi dan mustahil untuk mati.

11. Sama’

Sama’ artinya Allah memiliki sifat mendengar. Jadi apa pun yang diucapkan oleh semua makhluknya baik itu di langit dan bumi, Allah mendengarnya.

12. Bashar

Tidak hanya mendengar, Allah juga memiliki sifat Bashar yang artinya melihat. Maksudnya bahwa Allah bisa melihat segala yang telah, sedang, maupun yang akan terjadi.

13. Kalam

Kalam artinya berbicara. Sifat ini menunjukkan bahwa Allah dapat berbicara secara sempurna tanpa ada batasan dan bantuan apapun.

14. Qadiran

Arti dari sifat ini adalah Maha Kuasa. Sebagai Tuhan sang pencipta, Allah sangat berkuasa atas alam semesta dan seisinya.

15. Muridan

Selanjutnya yaitu muridan yang artinya berkehendak. Sangat mustahil bagi Allah untuk berada dalam keadaan tidak menghendaki siapa pun dan apa pun.

16. Aliman

Aliman artinya Maha Mengetahui. Pengetahuan yang Allah miliki itu tidak terbatas, baik yang tampak maupun yang tidak tampak. 

17. Hayyan

Artinya Maha Hidup, karena Allah tidak akan pernah binasa atau bahkan mati.

18. Sami’an

Sami’an itu artinya Maha Mendengar. Allah bisa mendengar suara apa pun yang sedang dikeluarkan, direncanakan atau disembunyikan oleh setiap makhluk ciptaannya. 

19. Bashiran

Bashiran artinya Allah Maha Melihat dan mengawasi setiap apa pun yang terjadi dan dilakukan oleh ciptaan-Nya.

20. Mutakalliman

Artinya Allah maha berkata-kata, berfirman atau berbicara. 

Itu dia penjelasan mengenai sifat wajib Allah SWT dan artinya. Jangan sampai Ladies tidak tahu ya! Jangan lupa diamalkan.

Baca Juga:

Ketahui Macam-Macam Sifat Wajib Para Rasul

5 Kisah Sahabat Nabi Muhammad, Mendampingi dengan Setia

Muhasabah Diri, Cara Intropeksi Diri dalam Ajaran Islam