Wajib Hati-Hati! Ini 5 Penyebab Perut Sebelah Kanan Sakit

0
31

Penulis: Jessica | Editor: Agnes

Ladies, pernah mengalami kesakitan pada bagian perut sebelah kanan? Ternyata sakit pada perut sebelah kanan tidak boleh dianggap sepele, loh. Bisa jadi itu merupakan tanda awal dari suatu penyakit tertentu.

Berikut beberapa penyebab yang ditandai dengan perut sebelah kanan sakit. Ada baiknya kita pahami penyebab berikut sebagai antisipasi awal. Siapa tahu butuh penanganan lebih lanjut dari dokter.

Batu Ginjal

Penyebab-Perut-Sebelah-Kanan-Sakit

Salah satu tanda dari penyakit batu ginjal adalah dengan adanya rasa sakit pada bagian perut sebelah kanan. Namun, terkadang gejala ini sering disalahartikan sebagai tanda penyakit pencernaan seperti kolik bilier atau sakit lainnya.

Pada penyakit batu ginjal, nyeri perut sebelah kanan dapat menjalar hingga ke pangkal paha. Selain itu, muncul gejala lain seperti muntah dan kram perut. Agar kondisi batu ginjal tidak memburuk, sebaiknya langsung ditangani oleh dokter ketika muncul gejala nyeri hebat.

Radang Usus Buntu

Penyebab-Perut-Sebelah-Kanan-Sakit

Radang usus buntu dikenal juga dengan nama apendistis. Kondisi ini bermula dari adanya peradangan pada bagian usus buntu yang berpotensi memunculkan pembengkakan. Radang usus buntu membuat penderitanya merasa kesakitan luar biasa pada bagian perut sebelah kanan.

Bagian perut yang sakit lebih tepatnya di bagian kanan bawah. Gejala lain yang menyertai penyakit ini antara lain sembelit, kembung, mual, hingga demam. Jika sudah mengalami gejala tersebut sebaiknya langsung periksakan diri ke dokter ya, Ladies.

Kolik Bilier

Penyebab-Perut-Sebelah-Kanan-Sakit

Kolik bilier adalah istilah medis bagi kondisi perut kanan sakit karena adanya gangguan sistem empedu. Hal ini terjadi akibat munculnya sumbatan oleh batu empedu pada saluran empedu. Nyeri pada penyakit ini terjadi sekitar beberapa menit hingga satu jam.

Intensitas nyeri dapat terus meningkat dan terkadang muncul dengan frekuensi tertentu. Rasa sakit dari kolik bilier bermula pada perut sebelah kanan dapat menjalar hingga bagian bawah tulang belikat sebelah kanan. Waspadai jika muncul gejala lain seperti mual, muntah, hingga menggigil.

Hepatitis

Penyebab-Perut-Sebelah-Kanan-Sakit

Hepatitis terjadi saat terjadi peradangan pada liver karena berbagai faktor penyebab. Bisa jadi akibat infeksi virus, penggunaan obat-obatan tertentu, hingga konsumsi alkohol berlebihan. Gejala utama yang dirasakan adalah nyeri pada perut bagian kanan.

Selain itu, orang yang menderita hepatitis juga mengalami tanda seperti lemas, nafsu makan menurun, warna urine menggelap, dan muntah. Jika gejala-gejala tadi muncul, ada baiknya segera konsultasikan ke dokter sebelum hepatitis bertambah parah, Ladies.

Kehamilan Ektopik

Penyebab-Perut-Sebelah-Kanan-Sakit

Ada kalanya juga rasa sakit di perut sebelah kanan merupakan tanda dari kehamilan ektopik. Kehamilan ini sering kita dengar sebagai “hamil di luar kandungan.” Entah itu di tuba falopi, indung telur, maupun leher rahim.

Gejala sakitnya bisa berada di perut sebelah kanan, tetapi bisa juga di kiri. Tergantung letak dari sel telur yang telah dibuahi. Bagi Ladies yang sedang dalam kondisi hamil sebaiknya waspada jika tiba-tiba muncul nyeri pada perut seperti ini. Segera periksa ke dokter untuk tahu kondisi kehamilan.

Dengan menyadari penyebab sakit dari perut sebelah kanan, kita bisa mendapatkan penanganan sejak dini guna mengurangi komplikasi. Jangan lupa langsung ke dokter jika rasa sakitnya tidak kunjung hilang ya, Ladies.

Baca Juga:

7 Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah, Ampuh Melembapkan dan Atasi Jerawat

Keputihan Organ Intim: Ketahui Penyebab, Ciri-ciri, dan Mengatasinya

Nggak Cuma Enak, Ini 5 Manfaat Jamur Enoki Bagi Kesehatan