Umur Berapa Kucing bisa Hamil? Ternyata Ini Jawabannya Cat Lovers

0
4

Penulis: Sabrina | Editor: Agnes

Bagi kamu yang baru memiliki kucing, pasti pernah bertanya-tanya kapan idealnya seekor kucing hamil? Masa kehamilan kucing tidak hanya dipengaruhi hormon, tetapi juga kesiapan organ reproduksi dan mental kucing.

Bagi induk kucing yang belum siap hamil akan berisiko menelantarkan anaknya. Hal itu tentu menyebabkan risiko kematian anak kucing meningkat. Oleh karena itu, sebaiknya kamu cari tahu umur berapa kucing bisa hamil dengan matang, Ladies.

Baca Juga: Ciri-Ciri dan Penyebab Kucing Cacingan, Cat Lovers Harus Waspada

Umur Berapa Kucing Bisa Hamil?

Umur-Berapa-Kucing-bisa-Hamil

Sebelum menjadi ibu untuk pertama kalinya kucing betina harus sudah menginjak usia yang cukup. Jika kawin dan melahirkan terlalu dini, kucing betina rentan mengalami stres dan bisa menelantarkan anak-anaknya.

Oleh karena itu, idealnya usia kawin kucing betina yaitu berusia antara 18-24 bulan. Selain itu kucing betina juga perlu mencapai berat badan ideal sebelum melahirkan. Sementara itu, umur ideal bagi kucing jantan untuk kawin adalah 18 bulan, Ladies. 

Ciri-Ciri Kucing Sedang Hamil 

Umur-Berapa-Kucing-bisa-Hamil

Pada awal masa kehamilan, kucing akan menunjukkan perubahan fisik dan perilaku. Ada beberapa ciri-ciri kucing hamil yang bisa kamu ketahui, yaitu:

1. Kucing jadi lebih pendiam 

Ciri-ciri kucing hamil yang pertama adalah kucing betina tidak lagi berisik meminta jodoh. Hal ini karena siklus estrus atau birahi pada kucing betina telah berhenti.

Setelah sekitar 2 minggu dari pembuahan, kamu akan melihat bahwa puting kucing akan terlihat menonjol, berwarna merah muda atau merah tua, dan mengeluarkan susu. Kalau kucing kamu mengalami ciri-ciri ini, itu berarti kucing betina kamu hamil, Ladies.

Baca Juga: Bikin Doi Mabuk Kepayang, Coba 5 Trik Ciuman Bibir Romantis

2. Kucing makan lebih banyak 

Kucing yang hamil akan makan dalam porsi yang lebih banyak dibandingkan biasanya. Ini karena kucing membutuhkan nutrisi yang lebih banyak untuk perkembangan janinnya, Ladies.

Kamu bisa memberi makan kucing hamil tiga sampai empat kali dalam sehari. Nah, satu porsi makanan kucing yaitu sebanyak satu genggam tangan orang dewasa, Ladies.

3. Kucing lebih manja dan pasif  

Jika dilihat dari samping, kucing hamil memiliki punggung yang melengkung dan perut yang agak membulat. Hal ini karena pertambahan berat badan induk kucing selama masa kehamilan.

Selain itu, kucing hamil akan lebih banyak tidur, lebih suka berbaring, dan bersembunyi di tempat yang lebih tenang jauh dari kebisingan. 

Tidak hanya itu, kucing hamil juga lebih manja dan sensitif dengan pemiliknya. Jadi, jangan heran kalau kucing kamu minta dibelai lebih sering dibandingkan biasanya, Ladies.  

4. Kucing mengalami mual dan muntah 

Saat usia kehamilan menginjak usia tiga sampai lima minggu, kucing akan mengalami mual dan muntah. Namun seiring berjalannya waktu, mual dan muntah pada kucing hamil ini akan membaik dengan sendirinya, Ladies.

Apabila mual dan muntah pada kucing kamu disertai dengan darah dan keluar cacing, sebaiknya hubungi dokter hewan, Ladies. Dengan begitu, kucing kamu akan mendapatkan penanganan yang cepat.

Itulah penjelasan seputar umur yang ideal untuk kucing bisa hamil. Semoga informasi ini bisa membantu kamu para cat lovers dalam merawat kucing kesayangan. Jangan lupa share informasi bermanfaat ini ke teman-teman sesama cat lovers, Ladies.

Artikel Terkait:

5 Penyebab dan Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan

Manfaat Minyak Ikan untuk Kucing dan Cara Memberikannya

Ciri, Karakter, dan Cara Merawat Kucing Persia, Menggemaskan Banget!