Yuk Ketahui Ucapan Ulang Tahun dalam Bahasa Korea

0
184

Penulis: Feyberesia | Editor: Agnes 

Saat ulang tahun, orang-orang biasanya memgucapkan selamat dan doa agar kita diberi keberkahan. Bahkan tidak jarang orang-orang mengucapkan selamat ulang tahun dengan Bahasa asing agar terlihat keren. Bagi kpopers tentu sering memberi ucapan ulang tahun menggunakan Bahasa Korea, seperti Saengil chukha hamnida.

Selain itu, ada ungkapan selamat ulang tahun berbahasa Korea lainnya yang bisa Ladies pelajari. Nah, ingin tahu apa saja? Simak penjelasan di bawah ini yuk, Ladies.

Ucapan Selamat Ulang Tahun Bahasa Korea yang Standar

Ucapan Ulang Tahun dalam Bahasa Korea

Pertama, pasti Ladies sudah tidak asing lagi dengan ucapan selamat ulang tahun dengan bentuk yang satu ini. Kalimat ini merupakan bentuk yang standar dan paling sering digunakan di Korea loh.

생일 축하합니다! = Saengil chuka hamnida

생일 축하해요! = Saengil chukahaeyo

Meskipun ada dua kalimat yang berbeda, tetapi akhiran –yo di kalimat kedua digunakan agar lebih sopan loh, Ladies! Kata saengil memiliki arti ‘ulang tahun’ dan kata chuka hamnida merupakan ‘selamat.’ Dua kata ini jika digabungkan berarti “selamat ulang tahun”.

Ucapan “Saengil chuka hamnida” untuk Orang yang Lebih Tua

Ucapan Ulang Tahun dalam Bahasa Korea

Untuk memberikan selamat ulang tahun pada keluarga seperti kakak, bibi, paman, atau orang yang lebih tua, Ladies bisa menggunakan ucapan yang lebih formal loh.

생신 축하드려요 = Saengshin chukadeuryeoyo

Kata saengshin adalah kata yang lebih sopan dan hormat untuk ulang tahun yang ditujukan untuk orang yang lebih tua dari Ladies.

Ucapan Ulang Tahun untuk Orang yang Lebih Muda

Ucapan Ulang Tahun dalam Bahasa Korea

Setelah mengetahui ucapan ulang tahun yang formal, Ladies juga perlu mengetahui ungkapan selamat ulang tahun untuk teman, adik, atau saudara yang berusia lebih muda.

생일 축하합니다! = Saengil chuka hamnida!

생일 축하해! = Saengil chukahae!

Ucapan Ulang Tahun Bentuk Formal untuk Atasan

Ucapan Ulang Tahun dalam Bahasa Korea

Saat yang berulang tahun berpangkat lebih tinggi atau lebuh tua, Ladies harus mengucapkannya dengan bentuk formal seperti ini!

생신을 축하드립니다! = Saengsineul chukadeurimnida

Memiliki arti dan makna yang sama dengan bentuk standar. Kalimat ini lebih formal dan digunakan untuk memberikan selamat pada orang yang Ladies hormati, seperti guru atau orangtua.

Ucapan Ulang Tahun Bentuk Informal

Ucapan Ulang Tahun dalam Bahasa Korea

Ketika orang yang berulang tahun merupakan memiliki usia yang sebaya, seperti sahabat, Ladies dapat menggunakan kalimat ini dalam ucapan dalam bentuk yang informal.

생일 축하해! = Saengil chukahae

Bentuk kalimatnya biasanya sama jika dibandingkan dengan kalimat standar. Bedanya, pada kalimat ini tidak menggunakan akhiran -yo atau -imnida, yang membuat ucapan ini kurang formal.

Perlu diingat, cara bicara orang Korea sangat memandang umur dan jabatan. Jadi, jika berbicara dengan atasan maupun orang yang lebih tua, Ladies harus menggunakan bahasa formal, ya.

Nah, gimana Ladies? Sekarang sudah paham, kan? Pasti sekarang Ladies jadi enggak sabar mengucapkan selamat ulang tahun untuk Si Dia dengan Bahasa Korea!

Baca Juga:

Inilah Kumpulan Ayat Alkitab Tentang Ulang Tahun

20 Ucapan Ulang Tahun untuk Sahabat Anti Mainstream

Tips Membuka Topik Pembicaraan Saat PDKT