Simak Penggunaan Ucapan ‘Terima Kasih’ dalam Bahasa Korea

0
159

Penulis: Jessica | Editor: Agnes

Kalau sering menonton drama Korea, pasti sudah tidak asing dengan ucapan terima kasih. Sadar enggak, ucapan terima kasih dalam bahasa Korea ternyata jenisnya beragam loh. Ungkapan tersebut juga mesti diucapkan sesuai konteks, tergantung pada siapa kita sedang bicara.

Dalam bahasa Korea, inilah beberapa ucapan terima kasih yang biasa digunakan. Coba bedakan penggunaan masing-masing ucapan ya!

Gomawo

Ucapan Terima Kasih bahasa korea

Ucapan terima kasih dalam bahasa Korea ini bisa dibilang paling sering digunakan. Ungkapan gomawo sendiri masuk ke dalam penggunaan bahasa informal. Jadi, sudah kebayang dong kita sebaiknya tidak mengucapkan gomawo ke orang yang lebih tua.

Bahasa informal biasa dipakai ke teman yang sudah benar-benar akrab. Bisa jadi teman sebaya atau pun teman kantor yang memang sudah dekat dengan kita. Pastikan juga situasi dalam berbicara sedang kasual alias santai ya.

Gomawoyo

Ucapan Terima Kasih bahasa korea

Hampir sama dengan ungkapan sebelumnya, gomawoyo juga dipakai sebagai bahasa informal. Hanya saja, tingkat kesopanan dari ucapan ini sedikit lebih tinggi daripada gomawo saja. Kata ini biasa dipakai ke teman juga, tetapi lebih ke teman yang tidak terlalu akrab.

Kita boleh memakai kata gomawoyo pada teman yang lebih muda. Bisa juga ke beberapa orang yang kerap kita temui tiap hari, entah di kantor atau kampus.

Kamsahamnida

Ucapan Terima Kasih bahasa korea

Ucapan terima kasih dalam bahasa Korea ini juga sering dipakai dan lazim ditemukan. Kamsahamnida ini merupakan ungkapan paling formal dan bisa dipakai segala usia serta situasi. Jadi, sah-sah saja ya menggunakan kamsahamnida saat berterima kasih ke seseorang, baik akrab maupun tidak akrab.

Karena bagian dari bahasa formal, pemakaian ucapan terima kasih ini paling aman digunakan. Kita bisa mengucapkan kata ini dalam berbagai kondisi, entah itu santai atau lebih serius. Namun, kebanyakan orang Korea menggunakan kata ini ke orang yang lebih tua.

Gomapseumnida

Ucapan Terima Kasih bahasa korea

Ungkapan gomapseumnida sebenarnya mirip dengan kamsahamnida. Namun, tingkat kesopanannya ada di bawah kamsahamnida. Jadi, kita perlu lihat situasi dan kondisi juga sebelum memakainya.

Ucapan terima kasih dalam bahasa Korea ini mungkin lebih cocok kita pakai saat berbicara ke teman dari kakak atau saudara kita. Jika berbicara dengan orang tua, sebaiknya gunakan kata kamsahamnida saja. Jangan gunakan gomapseumnida ketika sedang berada di acara penting ya.

Jeong-mal

Ucapan Terima Kasih bahasa korea

Ucapan terima kasih yang ini lebih merujuk pada situasi setelah merasa tertolong atas bantuan orang lain. Jeongmal juga termasuk frasa terima kasih yang kerap diucapkan.

Jeongmal memiliki makna berterima kasih yang mendalam. Kita dapat mengatakan hal ini untuk mengapresiasi seseorang yang telah membantu kita, baik dalam kondisi umum maupun dengan orang yang sudah kita kenal.

Ttaengkyu

Ucapan Terima Kasih bahasa korea

Anak muda Korea juga punya semacam kamus gaul tersendiri. Ttaengkyu merupakan bentuk slang yang biasa dipakai anak muda. Penulisan serta pengucapannya sendiri mirip thank you dalam bahasa Inggris.

Tentu saja ucapan terima kasih dalam bahasa Korea ini termasuk informal ya. Sangat disarankan dipakai kepada teman-teman sebaya dan akrab saja. Jangan coba-coba mengucapkan hal ini ke orang tua karena dapat dianggap tidak sopan.

Kamsahaeyo

Ucapan Terima Kasih bahasa korea

Kamsahaeyo jelas masuk bahasa informal, tapi sedikit lebih sopan saja. Ucapan terima kasih ini sering diungkapkan dalam situasi lebih kasual dan santai ke teman.

Namun, penggunaan kata kamsahaeyo cukup jarang digunakan dibandingkan ucapan terima kasih lain dalam bahasa informal. Orang-orang Korea memang lebih suka memakai gomawo atau gomawoyo saja.

Wah, ternyata bahasa Korea cukup rumit juga ya. Jangan lupa pelajari penggunaan ucapan terima kasih di atas dengan baik ya!

Baca Juga:

Ucapan Anniversary agar Si Doi Makin Sayang

Tips Ciuman Bibir Romantis yang Bikin Mabuk Kepayang 

Bikin Baper, Ini Kumpulan Kata-Kata Nembak Cewek