Kumpulan Ucapan Belasungkawa Kristen yang Meneduhkan Hati

0
184

Penulis: Jessica | Editor: Agnes

Kepergian orang terkasih pastinya menyisakan duka mendalam. Saat ada rekan atau saudara yang ditinggal pergi seseorang, ada baiknya kita berikan penguatan buatnya. Ucapan belasungkawa yang tulus dari hati dapat menjadi penghiburan yang meneduhkan. 

Berikut ini beberapa ucapan belasungkawa dalam Kristen yang bisa kita gunakan dalam suasana duka. Ingat untuk mengungkapkannya dengan sepenuh hati ya.

Ucapan Belasungkawa sebagai Salam Perpisahan

Ucapan Belasungkawa Kristen

Kita mungkin tak sempat berbicara terakhir kalinya ke teman atau saudara yang telah meninggal. Salah satu cara untuk mengantarkan kepergiannya adalah dengan mengucapkan salam perpisahan. Dengan begitu, hati kita setidaknya dapat menjadi sedikit lebih lega dan ikhlas.

Dalam agama Kristen, contoh ucapan belasungkawa dalam bentuk salam perpisahan dapat berupa seperti ini:

Selamat kembali ke rumah Bapa yang damai. Kebaikan dan kemurahan hatimu bukan hanya jadi kenangan, tapi juga akan terus berbuah buat orang lain.

Selamat jalan dalam tidur panjang dan masuk ke dalam pelukan Yesus yang hangat. Tinggal selama-lamanya bersama Kristus dalam damai dan kasih.

Selamat jalan, kawan terbaikku. Terima kasih telah menghiasi hari-hariku dengan penuh tawa. Di surga sana, aku percaya kau akan tenang dan damai di sisi Kristus.

Ucapan Belasungkawa sebagai Penguatan

Ucapan Belasungkawa Kristen

Ucapan belasungkawa dalam Kristen biasanya memberikan kata-kata penguat bagi keluarga yang ditinggalkan. Oleh sebab itu, kita semestinya ikut menghibur keluarga berduka ya. Mendoakan mereka yang masih hidup juga tidak kalah penting.

Ucapan dukacita yang dapat diungkapkan antara lain sebagai berikut:

Turut berdukacita atas kepergian sosok suami sekaligus ayah di keluarga ini. Semoga Tuhan senantiasa memberikan pengharapan sekaligus sukacita bagi yang ditinggalkan.

Tuhan telah mengambil orang terkasih dari keluarga ini. Kiranya kekuatan serta kasih Tuhan akan terus menyertai keluarga. Dalam Kristus, selalu ada pengharapan.

Air mata dan kesedihan dari orang-orang yang ditinggalkan akan diubahkan Kristus menjadi pengharapan. Damai sejahtera selalu menyertai keluarga ini.

Ucapan Belasungkawa dalam Penyertaan Tuhan

Ucapan Belasungkawa Kristen

Saat ada orang yang meninggal, kita mesti selalu ingat bahwa penyertaan Tuhan tidak pernah berhenti. Baik itu bagi keluarga ataupun orang-orang terdekat lainnya. Dukacita karena kehilangan dapat dijadikan pengingat bahwa Tuhan tidak akan meninggalkan kita sendirian.

Berikut ungkapan belasungkawa dalam Kristen yang dapat diucapkan di hari pemakaman:

Yesus, kami percaya bahwa kehilangan ini terjadi atas seijin-Mu. Yang pergi akan menemukan kedamaian di surga bersama-Mu. Kami yang masih di bumi akan tetap Engkau jaga. Penyertaan-Mu ada untuk selama-lamanya.

Manusia boleh berencana banyak hal, tetapi Tuhan punya kehendak jauh lebih baik. Kepergiannya bukanlah sebagai akhir perjalanan. Kita yang masih diberi kesempatan hidup akan melanjutkan perjalanan dengan kekuatan dari Tuhan.

Jika hari ini adalah kesedihan, maka esok Tuhan akan ganti dengan sukacita.  Tuhan tetap ada buat kita. Dia beri pengharapan, penghiburan, sekaligus kekuatan untuk kita semua.

Ucapan Belasungkawa dalam Kasih

Ucapan Belasungkawa Kristen

Saat berduka, sulit rasanya menerima jamahan kasih dari orang lain. Maka, kita juga harus mengingatkan bahwa kepergian seseorang tidaklah menjadi kesedihan selamanya. Masih begitu banyak kasih dapat dicecap, baik itu dari Tuhan maupun dari sesama.

Bawalah segala duka dan kesedihan ke hadapan Tuhan. Tangan Tuhan akan merangkul kita erat-erat, hingga bulir-bulir kasih-Nya dapat kita rasakan setiap hari. 

Kematian bukanlah akhir dari segalanya. Tuhan mau menjamah hati kita yang ditinggalkan agar senantiasa berpengharapan pada kasih. Kasih-Nya tetap mengalir buat kita.

Biarlah duka hari ini akan berlalu tepat waktu. Kelak, hari-hari kemudian, kita dapat merasakan cinta dan sayang Tuhan tetap melekat di hati. Kita tidak ditinggalkan dan kita amat dikasihi.

Semoga ucapan belasungkawa Kristen di atas dapat menghibur mereka yang sedang berduka. Jadilah sahabat baik bagi mereka yang kehilangan orang terkasih ya!

Baca Juga:

Simak Penggunaan Ucapan ‘Terima Kasih’ dalam Bahasa Korea

Kumpulan Ucapan Pernikahan Simple untuk Pengantin Baru 

Kumpulan Ucapan Ulang Tahun Islami untuk Orang Tersayang