Pakai Cara Alami, Turun Berat Badan 2-4 Kilo dalam 1 Bulan!

0
201

Penulis: Jessica | Editor: Agnes

Demi menurunkan berat badan, wanita gencar melakukan segala macam pola diet serta olahraga. Kunci dari menguruskan badan secara sehat memang berpatokan pada dua hal tersebut. Tentu saja harus diimbangi dengan gaya hidup sehat setiap hari.

Tidak jarang pula sebagian wanita ingin berat badannya turun dalam rentang waktu singkat, misalnya sebulan. Tanpa obat ataupun operasi, apakah hal tersebut mungkin dilakukan? Ternyata kita bisa loh menurunkan berat badan selama sebulan lewat cara-cara alami berikut ini.

1. Tentukan Dulu Target yang Diinginkan

turun berat badan dalam sebulan

Agar penurunan berat badan lebih terukur, kita buat dulu target yang ingin dicapai. Target ini tidak harus terlalu ekstrem, yang penting realistis. Misalnya, dalam sebulan kita ingin menurunkan berat badan sebesar 2 kg hingga 4 kg.

Dari target tersebut, kita bisa memperkirakan penurunan berat per minggunya, yaitu sekitar 0,5 kg sampai 1 kg. Selanjutnya kita dapat membuat strategi diet untuk mencapai target yang diinginkan. Target ini membantu kita lebih fokus pada proses menurunkan berat badan daripada sekadar mengejar angka ekstrim.

2. Menjaga Pola Makan Teratur

turun berat badan dalam sebulan

Jika ingin menurunkan berat badan dalam jangka waktu sebulan, kita harus menjaga pola makan. Sebisa mungkin tidak terlambat makan atau terlalu sering. Jika kita sering melewatkan jam makan, perut akan lebih mudah lapar, sehingga kita cenderung rakus saat jam makan.

Biasakan diri makan teratur tiga kali sehari dengan menu dan porsi yang tepat. Kita dapat memilih menu lebih ringan di pagi hari jika belum terbiasa, misalnya dengan smoothies dan telur rebus. Saat lapar di jam-jam tertentu, sediakan camilan sehat seperti buah-buahan untuk mengganjal perut.

3. Memilih Asupan Makanan Sehat dan Mengatur Porsinya

turun berat badan dalam sebulan

Langkah berikutnya memang sangat membutuhkan konsistensi dan kemauan tinggi. Kita harus bijak dalam mengonsumsi makanan agar target penurunan berat badan yang diinginkan tercapai. Mulai sekarang, hindari makanan berlemak seperti gorengan ataupun junk food.

Pilihlah makanan tinggi serat seperti buah dan sayuran. Penuhi asupan protein dengan konsumsi ikan atau daging dengan porsi yang cukup. Sesekali kurangi karbohidrat dalam bentuk nasi putih dan menggantinya dengan nasi merah atau kentang.

4. Olahraga Rutin

turun berat badan dalam sebulan

Aktivitas olahraga sangat membantu membakar lemak di dalam tubuh. Lakukanlah olahraga minimal tiga kali dalam sehari. Olahraga setiap hari juga lebih baik, frekuensinya bisa 15-20 menit per hari.

Kalori yang keluar dapat berubah menjadi keringat sehingga proses penurunan berat badan terjadi. Jika dilakukan rutin, target penurunan berat badan dalam sebulan bisa tercapai. Kita butuh komitmen tinggi nih kalau benar-benar ingin lebih sehat dan bugar.

5. Terapkan Kebiasaan Istirahat Cukup

turun berat badan dalam sebulan

Selain menjaga pola makan dan rutin olahraga, yang tidak kalah penting tentu saja istirahat yang cukup. Pola hidup sehat juga meliputi hal ini. Coba deh perhatikan kembali, sudah cukupkah waktu tidur kita selama ini?

Istirahat yang cukup membantu kita terhindar dari rasa stres berlebihan. Tentu kita tahu, makan malam menjadi “pelarian” kala sedang frustasi. Jadi, perhatikan pola tidur kita juga, jangan sampai kebanyakan begadang.

Tidak ada jalan pintas dalam menurunkan berat badan secara sehat. Semoga lima langkah di atas dapat membantu proses penurunan berat badan kita dalam sebulan ya!

Baca Juga:

Ingin Perut Rata? Ini 6 Gerakan Olahraga Efektif Bakar Lemak Perut

Coba 7 Gerakan Olahraga Mengecilkan Paha Paling Efektif

Dijamin Alami, 7 Cara Jitu Ini Ampuh Menggemukkan Badan dengan Cepat