Tugas Malaikat Munkar dan Nakir, Pembawa Ujian di Alam Kubur

0
11

Penulis: Raizza | Editor: Agnes 

Ladies, Allah SWT menciptakan alam semesta dan seisinya ini hanya seorang diri tanpa bantuan dan pertolongan siapa pun. Allah Yang Maha Esa juga menciptakan malaikat yang terbuat dari cahaya atau nur. Setiap malaikat memiliki tugas masing-masing, termasuk malaikat Munkar dan Nakir. 

Berbicara mengenai malaikat, pasti banyak dari kita yang merasa takut ketika mendengar nama Munkar dan Nakir. Mau tahu apa sebenarnya tugas Malaikat Munkar dan Nakir? Simak informasinya di bawah ya!

Siapakah Malaikat Munkar dan Nakir?

tugas-malaikat-munkar-dan-nakir

Sebagai umat Islam, kita sudah tidak asing dengan nama dua malaikat ini, yaitu Munkar dan Nakir. Pasalnya, cepat atau lambat kita semua akan dipertemukan dengan keduanya. Hal ini karena Munkar dan Nakir adalah malaikat yang bertugas untuk menanyakan atau menguji keyakinan setiap manusia yang sudah mati di alam barzah nanti.

Dalam ajaran Islam meyakini akan ada hari pembalasan di akhirat. Ketika manusia mengalami keamtian, ruhnya akan meninggalkan jasadnya. Ruh tersebut akan berjalan menuju alam Barzah atau disebut dengan alam kubur.

Di alam Barzah, ruh akan bertemu dengan malaikat Munkar dan Nakir lalu diberi beberapa pertanyaan. Pertanyaan-pertanyaan akan dimulai ketika proses penguburan jasad telah selesai, tepatnya 70 langkah dari orang-orang yang pergi meninggalkan pemakaman. Namun, ada juga pendapat lain yang menyatakan bahwa pertanyaan tersebut akan mulai saat proses penguburan telah selesai atau 40 langkah dari orang terakhir meninggalkan tempat pemakaman.

Wujud Malaikat Munkar dan Nakir

tugas-malaikat-munkar-dan-nakir

Kedua malaikat penjaga kubur ini digambarkan memiliki wujud yang sangat menyeramkan. Baik malaikat Munkar maupun Nakir, digambarkan sebagai sosok yang sangat kasar dan keras wujudnya berwarna hitam kebiruan.

Tugas Malaikat Munkar dan Nakir

tugas-Malaikat-Munkar-dan-Nakir

Nama malaikat Munkar dan Malaikat Nakir memang tidak tercantum dalam Al-Quran. Namun dalam sebuah hadist, nabi Muhammad SAW menjelaskan bahwa kedua malaikat tersebut adalah akan menguji roh manusia di alam kubur.

Tugas malaikat Munkar dan Nakir adalah menanyakan pertanyaan mengenai keimanan manusia dan amalan manusia semasa hidup di dunia. Adapun pertanyaan yang ditanyakan oleh malaikat yaitu:

  1. Man rabbuka? yang artinya “siapa Tuhanmu?”
  2. Ma dinuka? yang artinya “apa agamamu?”
  3. Man nabiyyuka? yang artinya “siapa nabimu?”
  4. Ma kitabuka? yang artinya “apa kitabmu?”
  5. Aina qiblatuka? yang artinya “di mana kiblatmu?”
  6. Man ikhwanuka? yang artinya “siapa saudaramu?”

Meski kita memiliki jawaban yang pasti, namun semua bocoran pertanyaan tersebut tidak bisa dijawab sesuai keinginan para roh. Pertanyaan tersebut hanya dapat dijawab berdasarkan keimanan dan amalan baik setiap roh semasa hidup.

Jika kita beriman maka roh kita mampu menjawab semua pertanyaan dari kedua malaikat tersebut. Namun sebaliknya, bagi orang kafir dan tidak beriman, seluruh pertanyaan tidak bisa dijawab. Kedua pertanyaan tersebut akan mendapatkan ganjaran hingga hari pembangkitan. 

Demikianlah penjelasan mengenai tugas malaikat Munkar dan Nakir. Semoga informasi tersebut memberikan manfaat dan berguna untuk kita ya, Ladies. 

Baca Juga:

Wajib Tahu! Inilah 10 Nama Malaikat dan Tugasnya dalam Ajaran Islam

Nama-Nama Malaikat dalam Islam Beserta Tugasnya

5 Keutamaan Meninggal di Hari Jumat dalam Pandangan Islam dan Ulama