Kenali Tugas Bridesmaid dan Groomsmen dalam Pernikahan

0
199

Penulis: Adriana | Editor: Agnes

Jika Ladies menghadiri acara pernikahan, tentunya akan menyadari kalau ada sekelompok orang yang berpakaian sama. Misal kalau wanita dengan gaun berwarna sama dan pria dengan jas dengan bunga di sakunya. Bagi Ladies yang belum tahu, mereka disebut sebagai bridesmaid dan groomsmen

Lalu, apa sih sebenarnya bridesmaid dan groomsmen dan kenapa mereka dibutuhkan dalam acara pernikahan? Biar tidak penasaran, mending Ladies langsung saja yuk lihat penjelasannya di bawah ini! 

Apa Itu Bridesmaid?

Tugas Bridesmaid dan Groomsmen

Bridesmaid merupakan pengiring pengantin wanita yang biasanya dipilih dari orang-orang terdekat mempelai wanita. Mulai dari sahabat, anggota keluarga, ataupun rekan bisa dipilih menjadi bridesmaid oleh mempelai wanita. 

Dari segi umur, mereka yang dipilih menjadi bridesmaid cenderung sudah berumur dewasa. Untuk jumlahnya, semua tergantung dengan keinginan dari sang mempelai wanita. Lantas, apa yang menjadi tugas seorang bridesmaid?  

Peran Bridesmaid dalam Acara Pernikahan

​​Tugas Bridesmaid dan Groomsmen

  • Membantu pengantin wanita mempersiapkan pernikahan

Bridesmaid sangat berperan penting dalam membantu pengantin wanita dalam persiapan pernikahan. Mulai dari ide gaun pengantin, dekorasi, pilihan catering, nuansa acara, hingga apapun yang ditanyakan oleh mempelai wanita. 

  • Merancang acara bridal shower

Zaman sekarang tidak lengkap jika menikah tanpa bridal shower. Bridal shower bisa dibilang sebagai acara perpisahan sang calon pengantin wanita kepada status single. Untuk acara bridal shower sendiri biasanya dirancang oleh para bridesmaid

  • Mendampingi pengantin

Saat acara sudah atau akan berlangsung, bridesmaid-lah yang akan mengiringi pengantin wanita jika diperlukan. Tidak lupa juga, bridesmaid juga terkadang berperan sebagai penyapa tamu dan pengantar tamu ke tempat duduknya. 

  • Tempat curhat 

Bagi pengantin wanita, memiliki bridesmaid yang terdiri dari orang terdekat juga bisa dijadikan tempat curhat. Maklum yang namanya menjajaki kehidupan baru, wajar jika pengantin wanita dilanda kecemasan dan butuh kehadiran para bridesmaid sebagai tempat curhat. 

Apa Itu Groomsmen? 

Tugas Bridesmaid dan Groomsmen

Kebalikan dengan bridesmaid, groomsmen adalah pendamping pengantin pria. Sama dengan calon pengantin wanita, pengantin pria akan memilih groomsmen dari orang-orang terdekatnya. Untuk jumlahnya, biasanya akan disamakan dengan jumlah bridesmaid yang dipilih oleh mempelai wanita. 

Peran Groomsmen dalam Acara Pernikahan

Tugas Bridesmaid dan Groomsmen

  • Membantu jalannya acara 

Peran groomsmen sangatlah penting karena bisa membantu lancarnya acara. Bersama bridesmaid, groomsmen juga kerap diminta untuk membantu tamu menemukan tempat duduk, ataupun sebagai penerima tamu. 

  • Mendampingi mempelai pria 

Saat berjalan di altar resepsi atau pemberkatan, pengantin pria akan didampingi oleh groomsmen. Diyakini jika memiliki groomsmen saat berada di altar bisa mengurangi rasa gugup yang dialami pengantin pria. 

  • Teman curhat 

Sama halnya dengan bridesmaid, groomsmen juga kerap dijadikan tempat curhat oleh pengantin pria. Entah soal kecemasan, ketakutan, rasa senang, atau apapun yang dirasakan pengantin pria bisa diceritakan kepada groomsmen. 

Nah, itu dia pengertian dan tugas bridesmaid dan groomsmen saat acara pernikahan. Sekarang sudah tidak bingung lagi kan, Ladies?

Baca Juga:

Cara Mengurus Surat Numpang Nikah Wanita

Ternyata Ini Arti Sakinah Mawaddah Warahmah dalam Pernikahan

Kumpulan Ucapan Pernikahan Simple untuk Pengantin Baru