Tren Diet Air Putih, Apakah Benar-Benar Aman untuk Kesehatan Tubuh?

0
25

Penulis: Jessica | Editor: Agnes

Ladies, apakah pernah mendengar diet air putih? Dari beraneka jenis diet, diet yang satu ini cukup unik karena hanya diperbolehkan mengonsumsi air putih. Namun, benarkah diet ini aman dilakukan?

Metode diet air putih terkesan menyiksa karena kamu hanya mengandalkan air putih sebagai asupan untuk tubuhnya. Banyak orang beranggapan diet ini membuat tubuh terasa lemas dan letih. Lantas benarkan demikian? Untuk informasi selengkapnya mari simak penjelasannya berikut ini, Ladies!

Pengertian Diet Air Putih

Diet-Air-Putih

Sesua namanya, saat menjalankan diet jenis ini kita hanya mengonsumsi air putih saja. Itu artinya, tidak ada makanan atau jenis minuman lain yang masuk ke perut. Dilansir dari SehatQ, metode diet air putih dinilai mampu menurunkan berat badan yang signifikan dan cepat.

Hanya saja, diet ini tidak boleh dilakukan dalam jangka panjang. Diet air putih hanya berlangsung maksimal 72 jam. Hal ini karena banyak risiko yang mungkin muncul akibat tubuh kekurangan nutrisi. 

Cara Diet Air Putih

Diet-Air-Putih

Meski terdengar sederhana, program penurunan berat badan ini juga ada aturannya, loh. Selain waktu diet yang hanya boleh dilakukan maksimal tiga hari, jumlah air putih yang masuk ke tubuh juga harus diatur. Saat diet, kita disarankan untuk minum setidaknya 3 liter per hari.

Perhatikan juga perilaku atau pola makan setelah diet selesai. Kita tidak diperkenankan makan dengan porsi banyak karena rentan membuat perut sakit. Setelah melakukan diet ini, kita dianjurkan untuk mengatur jam dan porsi makan dengan benar.

Apakah Diet Air Putih Aman?

Diet-Air-Putih

Dilansir dari HelloSehat, jenis diet ini aman dilakukan jika hanya dalam rentang waktu tiga hari saja. Pasalnya, air putih sejatinya bebas kalori dan tidak mengandung lemak apapun.

Namun air putih tidak mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Oleh karena itu, tubuh kita akan terasa lemas ketika kekurangan kalori dan nutrisi. Hal ini dapat meningkatkan risiko penyakit terkait lambung, seperti GERD, maag, dan lain-lain. 

Selain itu, kekurangan nutrisi juga membuat tubuh dan otak akan mudah lelah. Alhasil, tingkat konsentrasi pun menurun, Ladies. Oleh sebab itu, akan lebih baik jika menjalankan diet dengan pola makan dan nutrisi yang seimbang dan di bawah pengawasan dokter.

Tips Menjalankan Diet Air Putih

Diet-Air-Putih

Jika Ladies tertarik menjalankan diet ini, sebaiknya mulai dari satu hari terlebih dahulu. Pastikan juga saat menjalankan diet ini kamu sudah berkonsultasi dan mendapat persetujuan dari dokter ya. Perlu diingat bahwa diet jenis ini sangat tidak disarankan jika Ladies punya riwayat sakit asam lambung, GERD, maupun maag.

Namun, jika dokter membolehkan dan tidak ada riwayat medis yang berbahaya, berikut beberapa tips yang bisa Ladies ikuti saat menjalankan diet air putih:

  • Jangan lupa konsumsi makanan yang cukup dengan nutrisi baik sebelum dan sesudah memulai diet
  • Lakukan diet di waktu yang memungkinkan Anda tidak banyak aktivitas, misalnya di hari weekend
  • Selama menjalankan diet ini hindari olahraga berat karena dapat memicu dehidrasi dan rasa lapar
  • Hindari diet air putih saat tubuh sakit

Perlu Ladies pahami, ada beberapa orang yang dilarang melakukan diet air putih, contohnya, ibu hamil, lansia, anak di bawah 18 tahun, penderita diabetes, hingga kekurangan berat badan. Jadi, kita tidak bisa sembarangan melakukan diet air putih ini, Ladies. Lebih baik konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter ya. Salam sehat!

Baca Juga:

Jadwal Makan Diet yang Tepat untuk Menurunkan Berat Badan

5 Jenis Diet Ini Ampuh Bikin Berat Badanmu Turun, Cobain Ya!

Infused Water: Kenali Manfaat dan Cara Membuatnya, Baik untuk Tubuh