Patah Hati Setelah Putus? Ikuti Tips-Tips Move On Ini

0
230

Penulis: Feyberesia | Editor: Agnes

Menyembuhkan rasa sakit hati pasti memerlukan waktu yang panjang. Seluruh kenangan bersama Si Dia masih teringat dan meninggalkan bekas di hati, Ladies. Meski mengobatinya bukanlah perkara mudah, bukan berarti semua itu tidak mungkin dilakukan.

Move on adalah jalan satu-satunya untuk meraih kembali kebahagiaan. Jika kita larut dalam kesedihan, justru kita tidak akan bisa meraih impian yang lain. Oleh karena itu, berikut beberapa tips mengatasi sakit hati usai putus cinta yang bisa Ladies coba.

1. Akui bahwa kamu benar sakit hati dan berikan dirimu waktu untuk bersedih

tips move on dari mantan

Saat mengalami sesuatu yang membuat sakit hati, kita pasti ingin segera melupakannya. Kita langsung mengalihkan perhatian dan menghibur diri sendiri dengan cara berganti gaya rambut, berbelanja, atau bahkan clubbing. Padahal, hal pertama yang seharusnya kita adalah untuk mengakui bahwa diri kita merasa tersakiti. 

Enggak usah terburu-buru untuk terlihat baik-baik saja! Memang sih, setiap orang punya caranya masing-masing untuk menghadapi masa sedih. Tetapi harus diingat, membiarkan diri untuk merasakan emosi adalah cara untuk menenangkan jiwa kita. 

2. Hargailah tiap kenangan indah dengan sang mantan!

tips move on dari mantan

Meskipun telah putus cinta, jangan lihat sisi buruknya saja. Pasti ada kenangan-kenangan indah bersamanya yang harus dihargai, kan? Hal ini juga termasuk dalam proses pemulihan hati.

Jadikan proses ini sebagai pembelajaran agar di hubungan selanjutnya kita menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Bersyukurlah atas kenangan indah tersebut. Setelah itu, berusahalah untuk menerima kenyataan bahwa kalian tidak lagi bersama.

3. Istirahat dari dunia sosial media

tips move on dari mantan

Teknologi memungkinkan kita untuk melihat orang yang membuat kita sakit hati, apalagi di sosial media. Hal ini bisa membuat proses pemulihan terhambat, loh!

Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk berpuasa sosial media terlebih dahulu. Dengan begitu, kita bisa mengurangi intensitas sakit hati akibat melihat sosial media orang tersebut. Ambilah waktu istirahat selama 3 sampai 7 hari.

4. Jangan biarkan pikiran negatif mendominasimu! Lakukan apapun yang kamu inginkan!

tips move on dari mantan

Tanamkan dipikiranmu jika akhir dari hubungan adalah sebuah kesempatan untuk belajar dan tumbuh dewasa. Dengan begitu, kita bisa belajar dari kesalahan, sehingga saat kita menjalani hubungan berikutnya dapat berjalan lebih baik lagi. Jangan biarkan rasa sedih atau amarah mendominasi pikiranmu, Ladies!

Lalu, apakah Ladies suka berjalan-jalan? Atau sekedar membaca novel dan mendengarkan radio? Lakukanlah semuanya! Meski kegiatan ini hanya penawar rasa sakit sementara, menjalankan hobi dapat merilis hormon endorphin yang membantu mengurangi rasa sakit, termasuk stress.

5. Mintalah bantuan pada pihak profesional

tips move on dari mantan

Jika berbagai cara di atas telah Ladies lakukan namun masih tidak ampuh, mungkin sudah saatnya Ladies mengunjungi psikolog untuk meminta bantuan. Enggak ada salahnya kok mengakui jika tidak kuat menahan beban ini seorang diri. 

Psikolog atau psikiater pasti akan membantumu. Dua atau tiga sesi bersama psikolog akan memberikanmu kemampuan baru untuk menghadapi perasaan sakit hati yang masih menghantui.

6. Saatnya kamu ucapkan selamat tinggal

tips move on dari mantan

Ladies, banyak sakit hati terjadi karena unspoken goodbye atau tidak mengucapkan selamat tinggal dengan baik-baik terhadap satu sama lain. Perasaan dan ucapan yang terpendam itulah yang membuat kita merasakan sakit hati.

Temuilah orang tersebut dan bicarakan baik-baik. Namun, jika tidak memungkinkan untuk menemui orang itu kembali, coba pejamkan matamu dan bayangkan orang tersebut berdiri dihadapanmu. Ucapkanlah selamat tinggal dan terima kenyataan bahwa apa yang sudah terjadi tidak sesuai dengan harapan kita.

7. Sekarang, berdamailah!

tips move on dari mantan

Selanjutnya, berdamailah dengan diri sendiri dan mengakui bahwa rasa sakit itu akan selalu ada. Yang terpenting kita melanjutkan hidup dengan hal-hal yang positif. Ingatlah, memaafkan orang lain dan diri sendiri itu lebih baik.  

Itulah beberapa tips mengobati rasa sakit hati yang bisa Ladies coba. Jangan pernah menyepelekan sakit hati ya, Ladies! Hal tersebut dapat berdampak pada kesehatan mental dan fisik kamu. 

Baca Juga:

Ingin Wajah Bersinar dan Kenyal? Ikuti 6 Cara Mudah Mendapatkan Glowing Skin

Inilah 6 Jenis Pakaian Adat Yogyakarta yang Masih Dipakai Warga Lokal

Bernuansa Sakral, Ini Dia Jenis Rumah Adat Joglo Khas Budaya Jawa!