Mudah dan Alami, Lakukan 6 Cara Ini Untuk Hindari Kulit Kusam

0
296

Penulis: Nia | Editor: Agnes

Setiap wanita mungkin menginginkan tampilan no makeup look agar terlihat natural. Namun, untuk mendapatkan tampilan ini, Ladies membutuhkan makeup yang tipis. Tentunya, sebelum menerapkan makeup natural, wajah tidak boleh kusam agar hasilnya bagus.

Nah, kira-kira bagaimana sih cara menghindari kulit kusam agar terlihat cerah sepanjang hari? Simak tips di bawah ini yuk, Ladies.

1. Pakai Sunscreen Setiap Hari

tips mengatasi kulit kusam

Tips paling basic adalah jangan lupa memakai sunscreen. Dengan memakai sunscreen sebelum keluar rumah dapat mencegah tanda-tanda penuaan, dark spots, dan kulit kusam akibat paparan sinar UV. Meski pakai makeup, Ladies tetap wajib memakai sunscreen! Jika aktivitas di luar ruangan, gunakan sunscreen dengan SPF 50.

2. Tambahkan Serum ke Skincare Routine-mu

tips mengatasi kulit kusam

Selain sunscreen, serum juga sangat penting loh untuk kulit kita. Serum dapat memberikan nutrisi ke kulit wajah hingga lapisan kulit terdalam. Tentunya, gunakan serum yang sesuai dengan jenis kulit agar tidak breakout. Jika Ladies ingin mencerahkan kulit wajah dan meratakan warna kulit, gunakan serum yang mengandung vitamin C atau niacinamide.

 3. Lakukan Eksfoliasi

tips mengatasi kulit kusam

Walaupun rajin pakai skincare, kalau tidak melakukan eksfoliasi hasilnya tidak akan maksimal, Ladies! Sel kulit mati yang menumpuk perlu dibersihkan paling tidak seminggu sekali atau dua kali. Namun, sesuaikan dengan keadaan kulitmu karena over exfoliation bisa membuat kulit kering dan iritasi.

4. Gunakan Masker Alami, Saatnya Me Time!

tips mengatasi kulit kusam

Tidak usah beli skincare baru, gunakan saja bahan-bahan yang ada di dekat kita. Beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi kulit kusam adalah madu, yogurt, dan timun.

  • Madu dan Lemon

 Campurkan sari lemon dan madu secukupnya. Setelah itu, aplikasikan ke wajah dan biarkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air.

  • Yogurt dan Madu

Selain lemon, yogurt juga bagus untuk menjaga kelembapan kulit. Untuk membuat masker ini, campurkan 3 sendok yogurt plain dengan 1 sendok madu. Setelah itu, aplikasikan ke wajah dan leher. Diamkan masker ini selama 15 sampai 20 menit, lalu bilas dengan air dingin.

  • Timun dan Aloe Vera

Timun, yang kaya dengan vitamin C yang terbukti membantu mencerahkan kulit. Untuk membuat masker timun, cukup campurkan sari timun dengan aloe vera gel, ratakan hingga tekturnya seperti pasta. Setelah itu, aplikasikan di wajah dan biarkan selama 10 hingga 20 menit, kemudian bilas dengan air.

5. Hindari Stress

tips mengatasi kulit kusam

Salah satu penyebab kulit kusam adalah stress. Untuk itu, jangan lupa untuk menghabiskan waktu weekend dengan me time ya, Ladies. Untuk mengurangi stress, Ladies bisa menonton film, ke salon, jalan-jalan ke alam, atau bermain dengan keluarga. Tidak ada salahnya memberikan reward diri sendiri setelah bekerja dan belajar begitu keras.

6. Mandi Air Dingin

tips mengatasi kulit kusam

Mandi dengan air hangat memang terasa nyaman, namun kalau terlalu sering dapat membuat kulit jadi kering, Ladies. Untuk menjaga kelembapan kulit, lebih baik mandi dengan air biasa. Jangan lupa untuk mengaplikasikan moisturizer ke seluruh tubuh setelah mandi. 

Kulit kusam sering kali membuat kita annoying, tetapi bisa diatasi, kok! Selain menggunakan skincare, penting juga merawat kulit dari dalam, Ladies. Life is happier when we feel prettier.

Baca Juga:

Ini Dia 6 Jenis Obat Alergi yang Ampuh Meredakan Gatal

Bikin Doi Mabuk Kepayang, Coba 5 Trik Ciuman Bibir Romantis

Warna Kulit Selangkangan Gelap? Coba 6 Bahan Alami Di Dapur yang Ampuh Memutihkan Kulit