Ingin Hasil Optimal? Ikuti 8 Tips Menggunakan Sheet Mask

0
105

Penulis: Rina | Editor: Agnes

Sheet mask merupakan salah satu rangkaian skincare yang banyak dipilih para Ladies. Selain pengaplikasiannya yang mudah, masker wajah berbentuk serat kain ini memiliki banyak varian yang dapat disesuaikan dengan jenis dan masalah wajah. Penggunaan sheet mask yang paling efektif adalah saat malam sebelum tidur. Nah biasanya saat pagi hari, Ladies akan merasa kulit wajah lebih kenyal dan lembap. 

Essence yang ada di dalam kemasan sheet mask berfungsi mengikat air ke kulit melalui serat kain yang berperan sebagai mediator. Ladies yang punya kulit kering, cocok banget menggunakan sheet mask secara rutin akan kulit wajah terhidrasi dengan baik. Agar penggunaan sheet mask dapat memberikan manfaat yang optimal, yuk simak beberapa tips berikut!

1. Pastikan wajah bersih

Sebelum menggunakan sheet mask, Ladies wajib membersihkan wajah terlebih dahulu. Pastikan Ladies melakukan double cleansing agar kandungan sheet mask dapat terserap optimal oleh kulit wajah. Terlebih jika Ladies menggunakan make up

Jangan lewatkan penggunaan oil cleanser atau micellar water beserta face wash sebelum mengaplikasikan masker. Wajah yang belum dibersihkan hanya membuat sheet mask-mu jadi sia-sia.

2. Ratakan masker

Sheet mask memiliki ukuran yang standar, jadi Ladies harus sabar meletekkannya di wajah agar proporsional. Pastikan lubang hidung, bibir dan mata berada di posisi yang benar agar nutrisi sheet mask dapat dirasakan seluruh bagian wajah. 

Biasanya di bagian dagu atau pipi samping dan bawah akan ada sheet mask yang menjuntai. Nah, Ladies bisa menggunakan bantuan jari untuk meratakannya. Usap sheet mask mulai dari bagian hidung mengarah ke telinga agar seratnya menempel merata di seluruh lapisan kulit. Jika ada yang berbentuk gelembung, tekan-tekan dengan ujung jari Ladies.

3. PIjat-pijat wajahmu!

Selagi menungggu sheet mask terserap sempurna, Ladies dapat memanfaatkan waktu tersebut dengan memijat wajah loh. Gunakan satu jari untuk memijat lembut wajah di area hidung, dahi dan pipi agar essence terserap sempurna. Enggak perlu lama-lama kok cukup 3-5 menit. Pijatan ini juga dapat melancarkan aliran darah di wajah.

4. Lepaskan masker sesuai anjuran

Di belakang packaging sheet mask tertera anjuran lama penggunaan yang biasanya berdurasi 15-20 menit. Apakah mau pernah berpikir semakin lama durasi penggunaan sheet mask maka akan semakin efektif? That’s totally wrong! Masker yang sudah kering justru akan kembali menyerap nutri dan kelembapan kulit kamu. 

5. Tepuk-tepuk wajah setelah penggunaan

Setelah sheet mask dilepas, masih ada essence yang menempel pada wajah. Ladies bisa menepuk wajah perlahan agar essence atau serumnya menyerap dengan cepat ke lapisan kulit. Pastikan tangan bersih dan bebas bakteri ya Ladies!

6. Manfaatkan sisa cairan

Biasanya cairan sheet mask masih banyak tersisa di bungkusnya setelah Ladies selesai mengaplikasikan di wajah. Nah jangan terburu-buru untuk membuangnya. Ladies dapat memanfaatkan sisa cairan ini untuk diaplikasikan ke bagian tubuh lain, loh

Siapkan wadah kecil untuk mengumpulkan sisa cairan sheet mask. Ladies dapat mengambil sisa cairan ini dari bungkusnya. Peras juga sheet mask yang telah Ladies gunakan dan letakkan cairan tersebut dalam wadah yang sudah disiapkan. Nah sisa cairan tersebut bisa kamu aplikasikan ke dada, leher, tangan, kaki, terutama bagian tubuh lain yang tampak kering.

7. Pakai pelembap wajah

Tips berikutnya adalah pakai pelembap setelah menggunakan sheet mask. Oleskan pelembap harian kamu setelah wajah agak mengering after sheet mask time. Penggunaan pelembap ini bertujuan mengunci manfaat sheet mask agar tidak menguap kembali. 

8. Simpan sheet mask di kulkas

Terakhir! Simpan sheet mask di dalam kulkas agar memberikan efek fresh saat diaplikasikan ke wajah. Letakkan sheet mask di dalam kulkas 30 menit sebelum penggunaan, dijamin wajah akan terasa lebih segar saat memakainya.

So, itulah beberapa tips seputar penggunaan sheet mask. Agar mendapat hasil yang efektif, sebaiknya gunakan sheet mask secara rutin ya Ladies.

Baca Juga:

8 Jenis Masker Wajah Terbaik dan Fungsinya untuk Wajah

Biar Si Doi Mulus, Ini Rekomendasi Skincare untuk Cowok

Ingin Wangi Seharian? Berikut 7 Parfum Wanita Terbaik dan Tahan Lama