10 Tips Anti Ribet Agar Olahan Daging Sapi Empuk dan Enak

0
260

Penulis: Aufia | Editor: Agnes

Makan olahan daging sapi tentu akan sangat nikmat dikonsumsi jika teksturnya empuk dan lembut. Sayangnya tidak semua orang bisa memasak daging dengan tepat. Tak jarang olahan daging menjadi alot dan kurang lezat karena pengolahannya salah.

Lalu bagaimana cara mengolah daging dengan benar? Supaya empuk dan lezat. Berikut beberapa langkah mudah mengolah daging yang bisa Ladies lakukan di rumah. Dijamin olahan daging jadi empuk dan bumbu meresap dengan sempurna. Simak bersama-sama yuk!

1. Potong Daging Secara Melintang

tips memasak agar cepat empuk

Langkah pertama yang dapat Ladies coba adalah memotong daging secara melintang atau melawan serat. Jika serat daging mengarah ke kanan maka seharusnya daging dipotong ke arah kiri. Hal ini bertujuan agar daging tidak sulit dikunyah.

2. Rendam Daging dalam Seduhan Kopi

tips memasak agar cepat empuk

Tak hanya mengusir rasa kantuk, ternyata seduhan kopi juga dapat melezatkan dan melunakkan daging. Ladies bisa memasukkan daging ke dalam seduhan kopi tanpa gula selama 24 jam. Jangan lupa mencuci daging sebelum diolah, ya.

3. Pukul-Pukul Daging

tips memasak agar cepat empuk

Ada cara unik lainnya untuk membuat daging jadi empuk. Ladies bisa memukul permukaan daging yang sudah dipotong. Boleh menggunakan pemukul daging atau bisa juga memanfaatkan ulekan. Tetapi harus diingat ya, cukup dipukul secara perlahan-lahan. Kalau terlalu keras, bisa-bisa jadi bubur dan daging malah jadi hancur.

4. Bumbui dengan Bahan yang Mengandung Asam

tips memasak agar cepat empuk

Bahan-bahan yang mengandung asam seperti lemon, cuka, dan wine juga bisa mengempukkan daging loh. Trik yang satu ini sering dipraktekkan oleh chef profesional. Selain tekstur daging jadi lebih empuk, zat asam (terutama wine) juga dapat menambah cita rasa olahan daging dan menghilangkan bau amis.

Namun jangan lama-lama ya Ladies! Cukup diamkan selama 1 jam di air lemon, cuka, atau wine. Proses perendaman yang terlalu lama justru dapat merusak struktur protein daging.

5. Masak dengan Temperatur yang Pas

tips memasak agar cepat empuk

Supaya olahan daging tetap lezat, temperatur saat proses pengolahan harus sesuai. Temperatur yang pas saat memasak daging sapi adalah 55 sampai 75 celsius, tergantung tingkat kematangan yang diinginkan. Jangan sampai overcook atau undercook. Jika memasak sampai overcook membuat daging terlalu kering, sedangkan undercook membuat tekstur daging terlalu kenyal sehingga sulit dikunyah.

6. Manfaatkan Soda Kue

tips memasak agar cepat empuk

Selain untuk memasak kue, soda kue juga bisa membuat olahan daging jadi lebih empuk. Soda kue dapat memecah kolagen sehingga membuat tekstur daging lebih lunak.

Cukup rendam daging sapi ke dalam campuran semangkuk air dan 1 sendok soda kue selama 2-3 jam. Bisa juga membaluri permukaan daging dengan soda kue, lalu dimasukkan ke dalam kulkas selama 3 sampai 5 jam. Setelah itu bersihkan daging dan siap untuk diolah sesuai selera.

7. Baluri Parutan Nanas

tips memasak agar cepat empuk

Selain soda kue, parutan nanas juga bisa melembutkan daging yang alot. Kandungan enzim bromelain dalam nanas mampu memecah protein sehingga daging jadi lebih empuk. Cukup balurkan parutan nanas ke permukaan daging. Pastikan tidak terlalu lama agar daging tidak lembek dan hancur.

8. Bungkus dengan Daun Pepaya

tips memasak agar cepat empuk

Sama seperti nanas, enzim papain dalam daun pepaya dipercaya dapat memecah protein dalam daging sapi, sehingga daging bisa lebih empuk. Cukup bungkus daging dengan selembar daun pepaya selama kurang lebih 1 jam.

Perlu diperhatikan ya Ladies jangan terlalu lama membungkus daging sapi dengand aun pepaya. Ini karena getah daun pepaya bisa masuk ke daging dan membuat daging terasa pahit.

9. Mempertimbangkan Teknik Slow Cooking

tips memasak agar cepat empuk

Teknik memasak yang satu ini bisa Ladies pertimbangkan saat mengolah daging. Cukup rebus daging sapi dengan api kecil. Dengan cara ini kolagen dalam daging akan terurai sehingga olahan daging akan empuk dengan sendirinya.

10. Pastikan Bumbu Meresap Sebelum Mengolah Daging

tips memasak agar cepat empuk

Supaya cita rasa daging lezat, pastikan bumbu meresap dengan sempurna ke dalam daging. Cukup dimarinasi atau direndam ke dalam bumbu sebelum dimasak. Setelah dimarinasi baiknya langsung diolah, jangan dimasukkan ke lemari pendingin. Dijamin deh olahan daging akan lebih lezat, deh.

Itulah 10 tips mengolah daging supaya empuk dan lezat. Tidak ribet kan? Siap-siap dipraktikkan yuk!

Baca Juga:

Ingin Wajah Bersinar dan Kenyal? Ikuti 6 Cara Mudah Mendapatkan Glowing Skin

Wajib Tahu! Ini Komponen dan Format Membuat Slip Gaji

Demi Privasi, Begini Cara Mematikan Status Online di WhatsApp