Anti Gagal! Ikuti 8 Tips Make Up Buat Pemula

0
165

Penulis: Rina | Editor: Agnes

Tampil menawan tentu adalah keinginan banyak perempuan. Nah makanya kebanyakan kita butuh bantuan make up untuk membuat penampilan semakin sempurna. Jadi makin pede deh tampil di depan umum. Namun banyaknya step dan jenis make up membuat banyak diantara kita bingung nih untuk mulai dari mana. 

Buat para pemula, penting mempelajari jenis dan penggunaan make up pada wajah. Jangan sampai make up tersebut justru merusak penampilanmu Ladies. Memilih warna yang tepat dan penggunaan yang benar sangat mempengaruhi hasil make up. Nah buat Ladies yang baru mau mulai make up, ikutin tips berikut ini! 

1. Awali dengan primer

Ibarat melukis, Ladies membutuhkan primer yang berperan sebagai kanvas. Primer ini bermanfaat untuk melembapkan wajah dan membuat make up bertahan sepanjang hari. Bedak maupun produk make up lainnya bisa menempel lebih lama jika Ladies menggunakan primer terlebih dahulu.

Pilihlah primer sesuai jenis kulit ya Ladies! Kalau Ladies punya tipe kulit kering, pilih primer yang menghasilkan efek shining. Untuk wajah berminyak, pilih primer dengan hasil matte agar tahan minyak.

2. Pilih foundation atau BB cream

Setelah primer meresap, Ladies bisa mengaplikasikan foundation atau BB cream. Pilih diantara keduanya Ladies. Kalau ingin hasil make up lebih natural, sebaiknya pakai BB cream. Sedangkan foundation bisa diaplikasikan jika Ladies ingin make up yang agak tebal dan ingin semua bekas jerawat ter-coverage.

Aplikasikan menggunakan tangan atau bantuan spons agar lebih merata. Pilih shade yang sesuai dengan undertone kulit ya, Ladies, supaya tidak abu-abu di wajah!

3. Bedak

Berikutnya, aplikasikan bedak yang dapat menyempurnakan warna kulit. Ada dua jenis bedak yaitu tabur dan padat. Untuk kulit berminyak sebaiknya pilih bedak padat karena dapat menahan minyak pada wajah. Cukup tepuk spons atau kuas bedak pada wajah, hindarilah gerakan menyapu!

4. Get eyeshadow

Untuk pemula, pilih warna eyeshadow yang natural seperti brown, peach, atau pink. Kalau Ladies masih bingung memadukan warna, satu warna saja sudah cukup kok. Asal diaplikasikan dengan rata dan jangan terlalu tebal. Eits, jangan lupa dibaurkan ya supaya look-nya natural.

5. Pertegas keindahan mata dengan eyeliner dan mascara

Agar mata lebih hidup, pakai eyeliner di sepanjang garis kelopak mata. Ini langkah yang cukup rumit buat pemula karena kalau garis tidak melengkung sempurna, hasilnya akan berantakan.

Untuk itu gunakanlah eyeliner jenis pensil karena lebih mudah digunakan. Buat garis tepi terlebih dahulu, lalu isi bagian dalam supaya tidak berantakan.

Untuk mascara, jepit terlebih dahulu bulu mata dengan penjepit. Setelahnya sapukan brush mulai pangkal hingga ujung bulu mata. Aplikasikan dengan metode zig-zag, kalau ingin terlihat lebih tebal bisa di-layer lagi, kok.

6. Pakai blush on

Agar wajah lebih cerah dan segar, tambahkan rona dengan penggunaan blush on. Pilih warna netral seperti pink atau coral, lalu aplikasikan di bagian tulang pipi. Supaya lebih mudah, tersenyumlah sambil menyapu blush on di pipi. Tapi, harus hati-hati ya karena kalau terlalu tebal, hasilnya jadi terlihat menor.

7. Bentuk alis

Pertama, rapikan alis menggunakan sikat alis agar rambut lebih rapih. Lalu buat lengkungan di tepi mengikuti bentuk alis, baru setelah itu isi bagian dalamnya.

Cukup isi bagian ekor alis hingga tengah ya, lalu dibaurkan ke depan menggunakan spoolie supaya hasilnya tidak nge-block. Pilih warna pensil alis yang sama dengan warna asli rambut alis agar terlihat natural.

8. Terakhir, lipstick!

Langkah terakhir make up adalah lipstick. Sapukan lipstick sesuai dengan lekukan bibir Ladies. Pilih warna netral terlebih dahulu untuk percobaan awal. Warna netral seperti pink atau nude sangat tepat loh. Bisa juga menggunakan lip product lainnya seperti, lip matte atau lipt tint.

Itulah tips menggunakan make up bagi para pemula. Sebelum mengaplikasikan make up, pastikan Ladies telah membersihkan wajah dan menggunakan skincare terlebih dahulu ya!

Baca Juga:

7 Rekomendasi Primer untuk Kulit Berminyak, Makeup Flawless Seharian!

5 Rekomendasi Primer Brand Lokal Terbaik di Bawah Rp 100 Ribu

Serupa Tapi Tak Sama, Inilah Perbedaan BB, CC, dan DD Cream