Ketahui Tinggi Badan Ideal Wanita dan Pria Berikut Ini, Simak Ya!

0
75

Penulis: Jessica | Editor: Agnes

Ladies, pernah bertanya-tanya enggak berapa sih tinggi badan ideal buat pria dan wanita? Sebagai wanita, kita kadang agak minder dengan urusan penampilan. Apalagi sering kali tinggi badan juga erat hubungannya dengan berat badan.

Nah, berikut ini ada ulasan singkat mengenai tinggi badan ideal pria dan wanita. Siapa tahu selama ini kita sudah termasuk kategori ideal loh. Simak bareng-bareng yuk!

Tinggi Badan Ideal Orang Dewasa

Tinggi-Badan-ideal

Dilansir dari SehatQ, tinggi badan ideal orang dewasa Indonesia dapat dilihat berdasarkan Angka Kecukupan Gizi dari Kementerian Kesehatan RI. Pria dengan rentang usia 19-64 tahun biasanya punya tinggi badan 168 cm. Namun, perlu dicatat bahwa tinggi ideal ini dimiliki pria dengan berat badan antara 60-62 kg.

Sementara, wanita dewasa pada usia 19-64 tahun mempunyai tinggi badan 159 cm. Dengan catatan, berat badan wanita tersebut ada dalam kisaran 54-55 kg. Dari sini kita dapat melihat bahwa tinggi badan orang dewasa, baik pria maupun wanita, tetap bergantung pada berat badan yang dimilikinya ya, Ladies.

Rincian Kategori Tinggi Badan Pria dan Wanita

Menurut Kemenkes RI, ada tiga kategori bentuk badan bagi wanita dan pria. Ketiganya adalah kecil, sedang, dan besar. Bentuk badan inilah yang nanti akan sangat mempengaruhi tinggi badan ideal orang dewasa. Rincian lengkap tercantum dalam tabel berikut ini.

Tinggi dan berat badan ideal wanita

Tinggi-Badan-ideal

Tinggi dan berat badan ideal pria

Tinggi-Badan-ideal

Faktor yang Mempengaruhi Tinggi Badan

Tinggi-Badan-ideal

Sebenarnya banyak faktor yang akhirnya dapat mempengaruhi tinggi badan seseorang. Sebut saja pola makan, gaya hidup, kecukupan gizi saat anak hingga remaja, dan lain-lain. Beberapa faktornya antara lain adalah berikut ini.

  • Berat badan ketika lahir. Ternyata, berat badan saat kita lahir pun sangat dipengaruhi oleh faktor genetik. Jadi, tinggi badan orang tua bisa jadi menurun ke kita, Ladies.
  • Kelahiran prematur. Dilansir dari SehatQ, bayi yang lahir secara prematur biasanya memiliki tinggi badan yang lebih pendek saat dewasa nanti.
  • Kecukupan nutrisi. Jika seseorang tidak memiliki asupan nutrisi dan gizi yang baik, besar kemungkinan tubuhnya sulit bertumbuh dan berkembang. Akibatnya, saat dewasa cenderung berbadan pendek.
  • Hormon jadi salah satu faktor terbesar yang nantinya menentukan ideal atau tidaknya tinggi badan seseorang, Ladies. Hormon punya pengaruh besar dalam pertumbuhan, terutama saat masa pubertas. Kelebihan ataupun kekurangan hormon dapat berdampak pada tinggi badan.
  • Adanya gangguan pertumbuhan. Gangguan makan, konsumsi obat tertentu, serta penyakit parah dapat membuat pertumbuhan badan seseorang terhambat.

Cara Mengukur Tinggi Badan

Tinggi-Badan-ideal

Kita dapat mengukur tinggi badan secara mandiri di rumah, loh. Namun, sebaiknya perhatikan langkah-langkah berikut ini agar lebih akurat ya, Ladies.

  1. Pastikan berdiri di atas lantai keras atau tanpa karpet.
  2. Jangan gunakan alas kaki apa pun dan lepaskan aksesori rambut seperti karet rambut atau semacamnya. Alas kaki dan aksesori rambut dapat mengurangi keakuratan pengukuran.
  3. Berdiri tegak dan pastikan bahu dalam posisi sejajar. Pastikan kepala, bahu, bokong, dan tumit menyentuh dinding semua.
  4. Mintalah orang lain untuk menandai tinggi di dinding dengan stiker atau pensil.
  5. Terakhir, bentangkan sebuah meteran dari lantai hingga bagian atas yang tadi sudah ditandai dengan stiker atau pensil.

Bagaimana, Ladies? Sebenarnya banyak faktor yang mempengaruhi tinggi badan kok. Jadi, jangan keburu minder kalau merasa pendek, padahal itu bawaan genetik. 

Baca Juga:

Olahraga Penurun Berat Badan Agar Tubuh Cepat Langsing  

5 Olahraga Ini Efektif Meninggikan Badan Loh, Cobain Yuk!

Ingin Perut Rata? Ini 6 Gerakan Olahraga Efektif Bakar Lemak Perut