11 Tempat Wisata  Tawangmangu, Suguhkan Pemandangan Menakjubkan

0
86

Penulis: Aisyah | Editor: Agnes

Tawangmangu merupakan salah satu kabupaten di kota Kayaranganyar, Jawa Tengah. Tempat ini bisa dijadikan salah satu rekomendasi wisata sebab memiliki beberapa keistimewaan yang tidak dimiliki oleh tempat lainnya yaitu pemandang indah dan unik.

Tak heran jika begitu banyak wisatawan yang berkunjung di daerah ini. Bukan hanya keindahan saja, suasana yang dingin, asri, dan menenangkan menjadi daya tarik tersendiri. Jika ingin berkunjung di Tawangmangu, jangan lupa untuk menyapa 10 tempat wisata berikut ini.

1. Sakura Hills 

Sakura Hills merupakan wisata bernuansa Jepang yang berlokasi di Tawangmangu–Magetan, Cemoro Kandang, Kecamatan Tawangmangu. Tempat ala Negeri Sakura ini dilengkapi dengan bangunan-bangunan yang ikonik khas Jepang, loh. Banyak spot instagramable seperti Samurai Park dan Takeshi Castle. Pengunjung juga bisa naik jeep untuk berkeliling di daerah ini.

2. Kedung Sriti 

Kesung Sriti adalah nama dari air terjun yang berada di antara dua Dusun yaitu Pancot, Kelurahan Kalisoro dan Dusun Plalar, Kecamatan Tawangmangu. Untuk menuju tempat ini, sebaiknya berhati-hati sebab hanya ada jalan setapak yang berada di samping jurang. Selain itu, pengunjung juga dihimbau untuk membuang sampah pada tempatnya.

3. Grojogan Sewu

Wisata air ini paling terkenal di Tawangmangu sebab selalu ramai pengunjung. Grojogan Sewu memiliki ketinggian hingga 81 meter. Untuk melihat air terjun ini, kita perlu menaiki sekitar 1.250 anak tangga, tapi jangan khawatir hal itu akan terbayar ketika kita melihat keindahan wisata air ini, Ladies.

4. Wisata Petik Strawberry

Selain wisata air, Tawangmangu juga menyediakan aktivitas menarik yaitu memetik buah strawberry. Kita bisa melakukan kegiatan ini pada saat panen buah ini yaitu di bulan Juni hingga Agustus. Tak hanya memetik saja, kita bahkan bisa membawa pulang buah tersebut hanya dengan membayar tiket masuk dan harga buah per kilogramnya. 

5. Bukit Mongkrang

Bagi pecinta aktivitas alam seperti mendaki, Bukit Mongkrang menjadi pilihan terbaik untuk berwisata di Tawangmangun. Bukit ini berada di Desa Gondosuli. Tak hanya menyajikan pemandangan indah, hamparan padang ilalang cocok untuk pecinta photography. Kita cukup membayar tiket sebesar Rp 10.000 dan Rp 15.000 jika ingin berkemah.

6. Gunung Lawu

Selain Bukit Mongrang, ada pula destinasi yang tak kalah menakjubkan yaitu Gunung Lawu. Berlokasi di Tawangmangu, gunung ini memiliki ketinggian 265 mdpl. Inilah daerah wisata kebanggaan masyarakat sebab memiliki 3 puncak yang indah yaitu Hargo Dalem, Hargo Dumiling, dan Hargo Dumilah (puncak tertinggi).

7. Candi Cetho

Untuk pecinta peristiwa bersejarah wajib banget datang ke destinasi wisata Candi Cetho yang berada di Kecamatang Jenawi, Tawangmangu. Pembangunan candi ini konon dimanfaatkan sebagai upacara penyucian diri. Untuk tiket masuk, kita cukup membayar Rp 7.000 saja, loh. Kita juga bisa berkunjung pukul 07.00-17.00 WIB. 

8. Telaga Sarangan

Telaga Sarangan menyediakan pemandangan air yang menjadi daya tarik bagi wisatawan. Kita juga bisa mengarungi telaga ini dengan meyewa perahu dengan harga Rp 50.000 per orang. Meski hanya berkeliling 2 putaran saja, tapi kita mampu menikmati seluruh penjuru telaga. Tempat ini berjarak 5 km dari Tawangmangu.

9. Kebun Teh Kemuning

Jika ingin berwisata gratis tanpa dipungut biaya sepeserpun, kita bisa berkunjung di Kebun Teh Kemuning. Tempat wisata ini juga seringkali digunakan untuk aktivitas outbond yang tentunya dengan tarif tertentu yang masih ekonomis. Kawasan ini terletak di kaki Gunung Lawu sehingga memiliki suhu yang cukup dingin. 

10. The Lawu Park 

The Lawu Park menawarkan pesona dari hutan pinus dan dilengkapi dengan wahana yang menarik. Tempat ini berlokasi di Bulakrejo, Godosuli Kidul, Kecamatan Tawangmangu. Kita bisa melakukan flying fox, camping, trail adventure, ATV dan lainnya. Untuk setiap pngunjung dikenai biaya masuk sebesar Rp 10.000-Rp 20.000 untuk anak-anak. Murah dan menyenangkan pastinya, iLadies.

11. Air Terjun Parang Ijo

Air Terjun Parang Ijo akan memanjakan mata kita dengan tanaman hijau yang indah. Meski jalan menuju objek wisata ini cukup melelahkan dan menanjak, tapi pemandangan yang menawan akan menjadi bayaran yang setimpal. Air terjun ini juga memiliki situs peninggalan yaitu Arca Dwarapala dan patung Lingga Yoni. 

Demikianlah penjelasan mengenai 11 tempat wisata Tawangmangu yang pastinya sangat menarik untuk dikunjungi. Jangan lupa laungkan waktu ya Ladies! 

Baca Juga:

Hobi Travelling? Yuk Wisata ke 10 Masjid Terindah di Dunia Ini!

Mau Traveling? Inilah 10 Destinasi Wisata Indonesia Seindah Bali