Sangat Indah, Yuk Pergi ke 10 Tempat Wisata Religi

0
164

Penulis: Aufia | Editor: Agnes

Ladies suka wisata yang seperti apa nih? Wisata alam, budaya, instagramable, atau religi? Nah, kalau Ladies belum pernah berwisata religi, ada baiknya deh mencoba. Salah satu destinasi wisata religi yang dapat dikunjungi adalah tempat ibadah. Beberapa tempat ibadah di desain dengan gaya arsitektur yang indah dan megah. Jadi selain untuk beribadah juga difungsikan untuk menarik wisatawan.

Ada banyak banget wisata religi di Indonesia yang menjadi destinasi wisata populer. Biar enggak bingung, tim Ladies Corner merekomendasikan 10 tempat ibadah yang indah dan wajib masuk bucket list liburan selanjutnya. Keep scrolling Ladies!

 1. Masjid 99 Kubah – Makassar

Masjid yang memiliki 99 kubah ini terinspirasi dari dari Asmaul Husna atau 99 nama-nama Allah. Letaknya yang berada di tepi Pantai Losari, maka tak mengherankan jika Ladies melihat kapal yang sedang berlayar. Paling pas mengunjungi masjid ini saat sore hari, kamu bisa sekaligus menikmati sunset di tepi pantai.

2. Gereja Blenduk – Semarang

Gereja yang mengusung gaya Neo-Klasik ini dibangun pada masa Hindia-Belanda, tepatnya tahun 1753. Tak hanya indah, di gereja ini juga terdapat alkitab berbahasa Belanda yang diterbitkan tahun 1784. Uniknya sebagian besar properti Gereja Blenduk masih terjaga salah satunya adalah orgel atau organ pipa yang sudah berusia ratusan tahun.

3. Pura Tanah Lot – Bali

Sakral, indah dan unik, itulah tiga kata yang cocok untuk menggambarkan pura Tanah Lot. Bagaimana tidak? Tempat peribadatan ini berdiri di atas bongkahan karang di pinggir pantai. Tak hanya melihat ritual keagamaan di hari raya umat Hindu, yang tak kalah epik adalah menikmati keindahan pura kala matahari terbenam Ladies.

4. Masjid Cheng Ho – Surabaya

Eits, ini bukan kuil loh Ladies! Ini adalah masjid yang didedikasikan untuk Laksamana Cheng Ho. Beliau merupakan pelaut muslim asal Cina yang menyebarkan agama Islam di Indonesia. Meskipun mengusung arsitektur Tionghoa, namun Ladies juga bisa melihat lambang-lambang Islami seperti kaligrafi Arab di masjid ini. Unik kan Ladies?

5. Pagoda Avalokitesvara – Watugong Semarang

Siapa yang mau dibaca nasibnya melalui tradisi mengocok bambu? Yuk, langsung cus ke Pagoda Avalokitesvara. Pagoda ini memiliki desain yang anggun dengan bagian depan terdapat patung Dewi Kwan Im yang digunakan sebagai ruang ibadah umat Budhha. Sedangkan di bagian dalam terdapat patung Bodhisattva Avalokitesvara.

6. Klenteng Chandra Nadi – Palembang

Liburan Imlek di Palembang tidak akan lengkap kalau belum ke Klenteng Chandra Nadi. Keunikan dari klenteng ini adalah banyaknya altar yang berisi patung-patung Budha Gautama, dewi-dewi dan Bodhisattva. Klenteng ini juga merupakan klenteng Tri Dharma loh, jadi dapat digunakan untuk beribadah 3 umat (Konghucu, Tao, dan Buddha).

7. Gereja Palasari – Jembrana Bali

Tertarik mengunjungi wisata anti-mainstream di Bali? Gereja Palasari jawabannya. Gereja Pasari adalah gereja Katolik tertua di Bali yang dibangun dengan percampuran arsitektur gothic dan tradisional Bali. Di paroki ini juga terdapat makam para uskup dan bruder yang mengabdi di Keuskupan Denpasar loh Ladies.

8. Pura Besakih – Karangasem Bali

Tak kalah indah dari Pura Tanah Lot, Pura Besakih juga harus masuk ke wishlist liburan kamu Ladies. Pura terbesar di bali ini terletak di lereng Gunung Agung dan merupakan pura terpenting di seantero Pulau Bali. Meskipun tak diketahui tahun pendiriannya, namun masyarakat Bali meyakini bahwa Pura Besakih merupakan tempat awal penyebaran agama Hindu Dharma di Bali.

 9. Maha Vihara Mojopahit – Mojokerto

Ladies, tak perlu jauh-jauh ke Thailand untuk melihat patung Buddha Tidur. Di Indonesia juga ada patung Buddha Tidur terbesar ketiga di Asia Tenggara. Tepatnya di Maha Vihara Mojopahit Jawa Timur. Bangunan vihara ini juga unik loh karena mengusung konsep arsitektur Jawa.

 10. Sinagoge Shaar HaShamayim – Minahasa

Di Indonesia juga ada Sinagoge loh Ladies, tepatnya di Tondano Minahasa. Keberadaan bangunan ini menunjukkan eksistensi umat Yahudi di Indonesia yang sebenarnya sudah ada sejak zaman Hindia Belanda. Sinagoge Shaar HaShamayim ini memiliki desain unik, gentengnya di cat merah dan hampir menutupi semua tembok bangunan. Terdapat hiasan Bintang Daud pada pagar teralis besi.

 Itu dia Ladies, 10 tempat ibadah indah di Indonesia. Bagaimana? Tertarik untuk berkunjung?

Baca Juga:

Mau Traveling? Inilah 10 Destinasi Wisata Indonesia Seindah Bali

Piknik ke 11 Tempat Wisata Bandung yang Ramai dan Kece Ini!

Mau Liburan? Ini 9 Tempat Wisata Malang Paling Hits dengan Tiket Terjangkau