Inilah Pengertian, Bacaan, dan Tata Cara Salat Dhuha

0
213

Penulis: Mita | Editor: Agnes

Salat dhuha merupakan salah satu ibadah salat sunah yang dikerjakan pada pagi hari. Tepatnya setelah matahari mulai naik setinggi tujuh hasta hingga menjelang waktu salat zuhur (tengah hari).

Waktu pelaksanaan salat sunah ini bisa dilakukan pada pukul 07.00 hingga 11.00 pagi. Namun, waktu yang lebih afdal untuk melaksanakan salat dhuha pada jam 10.00 pagi. Ingin tahu lebih jauh bacaan dan tata cara salat dhuha? Simak sampai habis ya, Ladies!

Rakaat Salat Dhuha

tata cara salat dhuha

Untuk jumlah rakaat salat dhuha bisa dikerjakan minimal sebanyak dua rakaat dan bisa juga dikerjakan dalam empat, enam, delapan, hingga maksimal 12 rakaat dengan dua rakaat dalam sekali salam. Salat dhuha memiliki banyak keutamaan, beberapa di antaranya adalah sebagai pembuka pintu rezeki. Jika kita rutin melaksanakan salat dhuha, maka dosa-dosa kita dapat diampuni oleh Allah SWT.

Bacaan Niat Salat Dhuha

Sama seperti salat lainnya, salat dhuha juga memiliki niatnya tersendiri. Berikut ini adalah bacaan niat salat dhuha yang bisa kita gunakan:

 اُصَلِّى سُنَّةَ الضَّحٰى رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً ِللهِ تَعَالَى

Ushalli Sunnatal Dhuha Rak’ataini Lillaahi Ta’alaa

Artinya: “Aku niat salat sunah dhuha dua rakaat, karena Allah ta’ala.”

Tata Cara Salat Dhuha

tata cara salat dhuha

Pada pelaksanaannya, salat sunah dhuha sama seperti pada salat lainnya. Hanya berbeda di bacaan surah yang disarankan dan bacaan doa setelah melaksanakan salat dhuha. Kita yang ingin melaksanakan salat dhuha sebanyak dua rakaat dapat dilakukan dengan cara berikut ini:

  • Membaca niat salat dhuha dua rakaat
  • Takbirotul ihram
  • Membaca doa Iftitah (sunah)
  • Membaca surah Al-Fatihah
  • Dianjurkan membaca surah Ad-Dhuha
  • Melakukan gerakan rukuk dengan tuma’ninah dan membaca bacaan doa rukuk
  • Melakukan gerakan I’tidal dengan tuma’ninah dan membaca bacaan I’tidal
  • Melakukan sujud dengan tuma’ninah dan membaca bacaan doa sujud
  • Melakukan duduk di antara dua sujud dengan tuma’ninah dan membaca bacaan doa duduk di antara dua sujud
  • Melakukan sujud kedua dengan tuma’ninah dan membaca bacaan doa sujud
  • Berdiri lagi untuk menunaikan rakaat kedua.

Selanjutnya, tata cara pada rakaat kedua sama seperti pada rakaat pertama, hanya yang membedakan yaitu:

  • Setelah membaca surah Al-Fatihah, dianjurkan untuk membaca surah As-Syams
  • Melakukan tasyahud akhir dengan tuma’ninah dan membaca bacaan doa tasyahud akhir
  • Melakukan salam
  • Membaca doa setelah salat dhuha.

Bacaan Doa Dhuha

tata cara salat dhuha

Berikut ini adalah bacaan doa yang kita baca setelah melaksanakan salat dhuha:

اَللّٰهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ اَللّٰهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِى فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِىْ مَآاَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

Allahumma innadh Dhuha-a Dhuha-uka, wal baha-a baha-uka, wal jamala jamaluka, wal quwwata quwwatuka, wal qudrota qudrotuka, wal ‘ismata ‘ismatuka. Allahumma in kana rizqi fis sama-i fa-anzilhu, wa in kana fil ardhi fa akhrijhu, wa in kana mu’assaron fa yassirhu, wa in kana haroman fathohhirhu, wa in kana ba’idan faqorribhu, bihaqqi Dhuha-ika, wa baha-ika, wa jamalika, wa quwwatika, wa qudrotika, aatini ma atayta ‘ibadakas sholihin.

Artinya: “Ya Allah, bahwasannya waktu Dhuha itu adalah waktu Dhuha-Mu, dan keagungan itu adalah keagungan-Mu, dan keindahan itu adalah keindahan-Mu, dan kekuatan itu adalah kekuatan-Mu, dan perlindungan itu adalah perlindungan-Mu. Ya Allah, jika rizkiku masih di atas langit, maka turunkanlah. Jika masih di dalam bumi, maka keluarkanlah. Jika masih sukar, maka mudahkanlah. Jika (ternyata) haram, maka sucikanlah. Jika masih jauh, maka dekatkanlah. Berkat waktu Dhuha, keagungan, keindahan, kekuatan dan kekuasaan-Mu, limpahkanlah kepada kami segala yang telah Engkau limpahkan kepada hamba-hamba-MU yang sholeh.”

Itulah pengertian, niat, dan tata cara pelaksanaan salat dhuha yang bisa rutin kita kerjakan agar mendapat keberkahan dari Allah SWT. Semoga bermanfaat ya, Ladies.

Baca Juga:

Kumpulan Doa Islam untuk Pengantin Baru Agar Rumah Tangga Awet

Ingin Cepat Sembuh? Berikut Kumpulan Doa Meminta Kesembuhan

Kumpulan Doa Meminta Keselamatan, Pengampunan, dan Perlindungan