7 Tanda Medis Kematian Hendak Menjemput Manusia, Apa Saja?

0
258

Penulis: Jessica | Editor: Agnes

Tidak ada orang yang sanggup memprediksikan kapan kematian akan tiba. Namun, tanda kematian hendak menjemput manusia ternyata dapat dirasakan manusia secara medis. Menurut kesehatan, ada beberapa hal yang bisa terjadi dalam 40 hari sebelum kematian.

Mengenali beberapa cirinya dapat membantu kita menguatkan diri secara mental saat ditinggalkan orang terkasih. Simak tanda-tandanya berikut ini ya!

1. Nafsu Makan Menurun

tanda-tanda kematian

Salah satu tanda seseorang akan meninggal adalah kehilangan nafsu makan secara drastis. Bukan hanya porsi makan yang berkurang, kadang seseorang juga malas untuk sekadar minum. Kegiatan sehari-hari pun banyak dihabiskan di atas tempat tidur saja.

Saat kematian hendak menjemput, dia bahkan sanggup tidak makan selama berhari-hari. Tubuh yang mulai tidak aktif menjadikan seseorang tidak butuh banyak energi. Itu sebabnya selera makan pun hilang perlahan. 

2. Banyak Menghabiskan Waktu untuk Tidur

tanda-tanda kematian

Karena enggan bergerak, maka satu-satunya kegiatan yang paling mungkin dilakukan hanyalah tidur. Hal ini paling sering terjadi pada orang-orang tua yang berusia makin lanjut. Frekuensi tidur menjadi jauh lebih sering daripada hari-hari biasa.

Penyebabnya adalah metabolisme tubuh yang menurun. Tidur dalam waktu lama merupakan reaksi alami tubuh untuk membuat orang tersebut banyak istirahat. Jadi, sebisa mungkin keluarga menciptakan suasana dan lingkungan nyaman bagi orang lansia untuk tidur.

3. Perubahan Fisik yang Signifikan

tanda-tanda kematian

Perubahan fisik menjadi tanda paling jelas ketika kematian akan menjemput. Perubahan ini biasanya muncul saat 40 hari menjelang kematian. Bentuknya pun bermacam-macam dan tidak semua orang mengalami perubahan fisik sama persis.

Ada yang mengalami tekanan darah menurun, detak jantung tidak normal, hingga warna urine berubah kecokelatan. Ada pula yang perubahan fisiknya nyata jelas terlihat, misalnya kulit berubah warna tampak kebiruan dan bibir serta kuku memucat.

4. Menurunnya Kemampuan Otot

tanda-tanda kematian

Seseorang yang mendekati kematian biasanya juga mengalami penurunan pada bagian otot. Otot menyusut dan kehilangan massa akibat lama tidak digunakan. Hal ini biasanya dialami orang yang terus-menerus berbaring di ranjang karena sakit tertentu.

Penurunan kemampuan otot menyebabkan kondisi tubuh makin lemah. Akibatnya, aktivitas ringan apa pun menjadi terasa amat berat. Itu sebabnya orang seperti ini sangat bergantung pada orang lain dalam memenuhi kebutuhan diri.

5. Suhu Tubuh Menurun

tanda-tanda kematian

Menjelang kematian, sirkulasi darah manusia akan fokus menjaga organ-organ vital. Misalnya, jantung dan otak. Sirkulasi darah di daerah lain, seperti kaki dan tangan, menjadi kurang lancar.

Akibatnya, beberapa bagian tubuh menjadi terasa amat dingin ketika disentuh. Itu sebabnya secara tidak langsung suhu tubuh manusia pun menurun. Kulit menjadi tampak kebiruan atau pucat di area seperti tangan dan kaki.

6. Mudah Linglung dan Berhalusinasi 

tanda-tanda kematian

Meski otak masih bisa berfungsi saat kematian hendak menjemput, tetap saja kinerjanya tak maksimal. Orang yang hendak meninggal biasanya menjadi mudah bingung alias linglung. Komunikasi dengan orang-orang di sekitarnya pun tidak lancar.

Selain bingung, orang tersebut juga mengalami halusinasi. Penyebabnya adalah aktivitas di sel otak pelan-pelan mulai terhenti. Jadi, jangan takut ketika orang tersebut kemudian bisa melihat atau mendengar hal-hal yang sulit kita mengerti.

7. Perubahan Psikologis 

tanda-tanda kematian

Tanda kematian hendak menjemput dapat juga dilihat dari kondisi psikologisnya. Seseorang yang merasa kematian makin mendekatinya akan cenderung menjauhkan diri dari orang lain. Dia lebih suka mengisolasi diri di kamar dan membatasi interaksi dengan banyak orang.

Hal ini bisa terjadi pada semua orang, bahkan orang paling ekstrovert sekalipun. Jadi, jangan kaget kalau ada keluarga dekat kita tiba-tiba tampak jaga jarak. Berikan saja kebebasan buat dia berbincang dengan diri sendiri menjelang ajal.

Beberapa tanda tadi biasanya muncul 40 hari sebelum kematian. Namun, ada baiknya tetap dikonsultasikan ke dokter untuk memastikan.

Baca Juga:

Contoh Membuat Proposal Pengajuan Dana yang Baik

Inilah Kumpulan Kata-Kata Rindu Islami Menyentuh

Sedang Jatuh Cinta? Berikut 10 Daftar Lagu Barat Romantis