Hobi Menanam? Berikut 8 Contoh Tanaman Hidroponik yang Layak Dicoba!

0
227

Penulis: Aufia | Editor: Agnes

Karantina di masa pandemi Covid-19 membuat beberapa orang mengeksplorasi hobi baru. Salah satu yang sedang digandrungi masyarakat adalah berkebun. Selain merupakan kegiatan yang produktif untuk memenuhi kebutuhan pangan, berkebun diyakini juga dapat menghilangkan stress dan rasa bosan.

Apakah Ladies juga hobi berkebun? Nah, buat Ladies yang hobi berkebun tapi tidak memiliki lahan yang luas, bisa mencoba teknik hidroponik. Dengan teknik ini, kamu bisa memanfaatkan paralon atau botol bekas sebagai tempat menanam.

1. Bayam

Varietas bayam hijau maupun merah merupakan tanaman hidroponik. Cara tanamnya juga mudah, cukup gunakan bibit yang sudah agak tua. Perlu diingat Ladies, pada awal penanaman, tanaman harus disiram air dan mineral selama 7 hari ya! Untuk masa panen juga lumayan cepat Ladies, sekitar 30-40 hari setelah pembibitan.

2. Strawberry

Tidak hanya sayuran saja loh yang bisa ditanam dengan cara hidroponik, buah-buahan juga bisa Ladies! Salah satunya adalah Strawberry. Bahkan dengan metode ini, justru akan menghasilkan buah yang lebih banyak dan lebih berkualitas. 

Buah yang kaya Vitamin C ini dapat dipanen 4-6 bulan setelah pembibitan. Jika memanen jangan lupa memakai gunting dan hati-hati ya Ladies! Jangan sampai merusak batang yang belum tumbuh!

3. Selada

Tanaman selada sangat direkomendasikan untuk Ladies yang pemula dalam berkebun! Alasannya karena perawatannya mudah dan memiliki tingkat adaptasi yang tinggi. Tanaman ini bisa dipanen 40-60 hari setelah pembibitan.

Perlu dicatat Ladies, saat awal penanaman letakkan tanaman di tempat yang teduh selama 7 hari! Setelah itu baru bisa dipindahkan di tempat dengan sinar matahari yang cukup.

4. Sawi

Sama seperti selada, sawi juga cocok untuk pemula Ladies, baik jenis sawi hijau (caisim), pokcoy, maupun sawi pahit. Tanaman ini tidak butuh banyak air, sehingga paling cocok ditanam dengan media rockwool. Umur panennya sekitar 40-60 hari dari pembibitan.

5. Tomat

Buah merah merona ini juga bisa ditanam dengan teknik hidroponik loh! Untuk media tanam sebaiknya menggunakan polybag atau pot yang diisi arang dan sekam. Jangan lupa tomat harus mendapatkan cukup air dan cahaya matahari. 

Sayangnya tanaman ini memiliki masa panennya agak lama, sekitar 60-75 hari setelah pembibitan. Tomat juga sering diserang hama, jadi butuh perawatan ekstra. Batang-batang yang tidak produktif juga harus dipotong supaya tetap menghasilkan buah yang banyak.

6. Daun bawang

Daun bawang merupakan tanaman yang mudah beranak pinak. Tak perlu membeli benihnya, cukup menanamnya dari sisa batangnya. Media yang digunakan juga cukup air atau mineral dalam gelas. Mudah kan? Hanya saja usia panennya agak lama, sekitar 2,5 bulan. Jadi yang sabar ya Ladies!

7. Kangkung

Tanaman yang satu ini menjadi sayuran yang paling mudah untuk dibudidayakan. Bahkan bisa dibilang tanpa pupuk, kangkung tetap bisa tumbuh subur. Kalaupun dimakan hama belalang, selang beberapa hari akan tumbuh tunas baru.

Ladies bisa memanennya 3-4 minggu setelah penyemaian. Uniknya sayuran ini bisa dipanen berkali-kali asalkan Ladies menyisakan akarnya di media tanam.

8. Cabai

Tanaman yang bisa ditanam dengan metode hidroponik berikutnya adalah cabai. Untuk menanamnya harus disemai dahulu. Benih yang berusia 7-10 hari baru bisa dipindahkan ke media hidroponik. Umur tanamnya sekitar 60-70 hari. Tapi perlu diingat Ladies, cabai rawan terkena serangan hama.

Nah itulah 8 jenis tanaman hidroponik yang dapat kamu tanam di lahan sempit Ladies. Gimana? Sudah siap bercocok tanam? Yuk coba salah satu dari 8 jenis tanaman tersebut!

Baca Juga:

Dijamin Ampuh! Ini 7 Bahan Alami untuk Mengatasi Kulit Gatal

Seru, Berikut 8 Hobi yang Mampu Meningkatkan Kecerdasanmu Loh!

Ini Deretan Menu Makanan Sehat Buat ke Kantor