Hobi Menanam? Ini 7 Tanaman Buah dalam Pot yang Cepat Tumbuh

0
201

Penulis: Jessica | Editor: Agnes

Hobi berkebun tiba-tiba mulai menjamur di masa pandemi. Tanaman buah dalam pot menjadi salah satu pilihan kegiatan berkebun paling asyik. Tak heran nih, banyak wanita jadi hobi menanam tanaman buah di rumah.

Nah, beberapa tanaman buah dalam pot berikut ini ternyata cepat tumbuh sekaligus berbuah loh. Siapa tahu bisa jadi inspirasi buat para Ladies yang kepikiran mengisi waktu luang dengan berkebun sederhana.

Buah Tomat

tanaman buah dalam pot

Tanaman buah dalam pot yang jadi favorit kebanyakan orang adalah tomat. Proses penanamannya cukup mudah sehingga sering dijumpai di kebanyakan rumah. Lumayan kan kalau bisa petik tomat dari halaman rumah sendiri?

Tomat dapat ditanam baik menggunakan bibit maupun biji. Gunakan penyangga dari kayu agar batang tanaman bisa tumbuh tegak. Butuh waktu kurang lebih tiga bulan untuk membuatnya tumbuh.

Buah Stroberi

tanaman buah dalam pot

Selain tomat, stroberi juga merupakan tanaman buah dalam pot yang cepat berbuah. Tak hanya mudah ditanam, tetapi juga cepat panen. Media pot yang digunakan pun tidak perlu yang besar, cukup pot dengan diameter minimal 15 cm saja.

Stroberi baru bisa tumbuh baik jika minimal berada di bawah paparan matahari selama 6-8 jam. Sekali berbuah, satu tanaman dapat menghasilkan lima buah stroberi loh.

Buah Delima

tanaman buah dalam pot

Perawatan untuk menanam buah delima juga cukup mudah. Bibitnya pun sangat mudah ditemui sekaligus didapatkan di pasaran. Cocok nih buat Ladies yang ingin memulai hobi berkebun.

Tanaman buah delima butuh disiram dua hingga tiga kali dalam seminggu. Waktu yang diperlukan untuk tumbuh adalah sekitar dua bulan saja. Kita bisa langsung memetiknya begitu buah mulai bermunculan di pot.

Buah Jeruk Nipis

tanaman buah dalam pot

Jeruk nipis menjadi salah satu jenis buah paling dicari selama pandemi. Buah ini banyak dimanfaatkan sebagai obat alami untuk menyembuhkan sakit tenggorokan. Jadi, tak ada salahnya nih mencoba menanam buah nipis sendiri di dalam pot.

Tanaman jeruk nipis disarankan untuk rutin disiram setiap sore dengan air cukup. Lakukan juga pembersihan tangkai secara rutin karena tanaman ini agak rentan hama.

Buah Anggur

tanaman buah dalam pot

Meski tanaman anggur sebenarnya merupakan jenis tanaman rambat, bukan berarti tidak bisa ditanam dalam pot, loh. Kita butuh media pot dengan ukuran lebih besar. Selain itu, persiapkan juga pagar kayu khusus agar tanaman ini dapat merambat sebagaimana mestinya.

Namun, perlu diperhatikan nih, pertimbangkan untuk menanam anggur kecil saja. Menanam anggur besar akan jauh lebih repot karena pertumbuhan tanaman akan semakin tinggi.

Buah Buah Blueberry

tanaman buah dalam pot

Tanaman buah dalam pot selanjutnya ini cukup unik. Dalam menumbuhkan blueberry, kita harus rutin memangkas agar bisa tumbuh pendek di dalam pot. Waktu panennya sendiri cukup lama dibandingkan buah lainnya.

Pot yang dibutuhkan cukup besar, yaitu berdiameter sekitar 50 cm dengan kedalaman 45 cm. Kalau tertarik berkebun dengan blueberry ini, pastikan punya waktu cukup dalam merawatnya ya.

Buah Lemon

tanaman buah dalam pot

Menanam buah lemon memerlukan drainase yang baik. Oleh sebab itu, gunakan pot dengan lubang drainase cukup baik. Tanaman ini cocok ditempatkan di dalam pot agar tidak terlalu memakan tempat.

Beberapa orang juga menaruh pot buah lemon di dekat jendela karena sekaligus bisa jadi penghias rumah. Boleh juga nih kalau kita menanam buah lemon di dalam rumah.

Ladies, mulai tertarik mencoba menanam buah dalam pot yang mana nih? Semoga bisa jadi hobi baru yang menyegarkan pikiran juga ya!

Baca Juga:

Cara Bikin Kartu Keluarga Online, Mudah Bisa Dilakukan dari Rumah!

Mau Dapat Pacar Bule? Coba 7 Aplikasi Cari Jodoh Ini

Hati-Hati, Ini Ciri-Ciri Kadar Kolesterol dalam Tubuhmu Tinggi!