7 Jenis Tanaman Apotek Hidup yang Bagus untuk Kesehatan!

0
207

Penulis: Agnes

Hobi bercocok tanam adalah salah satu kegiatan yang digemari oleh banyak orang. Mulai dari yang muda hingga orang tua. Beberapa orang bahkan lebih memilih untuk menanam tanaman apotek hidup. Selain perawatannya yang tidak begitu sulit, menanam tumbuhan apotek hidup sangat menguntungkan.

Ini karena tanaman apotek hidup dapat dikonsumsi sebagai obat herbal. Kamu tidak perlu lahan yang luas, menanam tumbuhan ini juga bisa dilakukan di lahan yang sempit.

Lalu, kira-kira jenis tumbuhan apa saja yang termasuk tanaman apotek? Berikut Ladiescorner berikan 7 daftar tanaman apotek hidup yang bisa kamu tanam dan berguna sebagai obat herbal.

1. Kumis Kucing

tanaman apotek hidup

Kumis kucing memiliki nama istilah yaitu orthosiphon aristatus. Tanaman ini termasuk dalam tanaman herbal yang memiliki banyak manfaat. Kumis kucing dipakai sebagai obat diuretik alami dan rematik. Selain itu, obat ini juga membantu mengurangi nyeri akibat encok dan masuk angin. Bagi kamu yang sulit buang air besar, bisa mengonsumsi ramuan kumis kucing ini, Ladies.

2. Daun Sirih

tanaman apotek hidup

Hampir seluruh orang mengetahui tanaman sirih. Tanaman ini biasa tumbuh di pekarangan rumah dan dijadikan sebagai tanaman hias. Selain itu, sirih juga baik untuk kesehatan tubuh loh. Daun sirih mengandung minyak atsiri bersifat anti bakteri dan anti jamur sehingga ampuh menghilnangkan bau badan. Selain itu, tumbuhan ini juga bagus untuk melancarkan menstruasi, mengobati gusi bengkak, dan sariawan.

3. Lidah Buaya

tanaman apotek hidup

Lidah buaya atau aloe vera adalah tumnuhan yang membiliki bentuk unik. Daunnya bergerigi dan berdaging tebal. Tanaman asal negeri Arab ini juga terbukti memiliki khasiat yang bagus untuk kesehatan tubuh dan kecantikan. Lidah buaya kaya akan antioksidan dan mineral. Hal inilah yang membuat lidah buaya terkenal sebagai tanaman yang dapat membantu penyembuhan luka.

4. Sambiloto

tanaman apotek hidup

Tanaman bergenus andrographidae ini adalah tanaman herbal yang tumbuh di daerah Asia. Daun sambiloto dapat tumbuh setinggi 90 cm. Dahulu, daun sambiloto terbukti mampu mengobati demam, penyakit kulit, masuk angin, dan kencing manis. Ini karena daun sambiloto  kaya akan saponin, flavanoida, dan tanin yang bersifat antioksidan.

5. Temulawak

tanaman apotek hidup

Curcuma zanthorrhiza atau lebih dikenal sebagai temulawak merupakan tanaman asli Indonesia. Tumbuhan ini biasa dijadikan sebagai bumbu masakan dan obat herbal. Tanaman ini kaya akan serat, protein, lemak, kurkurmin, kalium, magnesium, dan mangan. Selain itu di dalam temulawak juga terdapat senyawa germakon dan tumeron yang mampu menghambat peradangan dan antimikroba.

6. Jahe

tanaman apotek hidup

Selain jadi bumbu masakan, jahe juga memiliki banyak manfaat, loh. Tanaman ini dipercaya mampu mengobati pusing, mual, dan muntah. Rasanya yang cenderung pedas dan hangat mampu menghangatkan tubuh. Untuk meredakan masuk angin, kamu bisa mengonsumsi rebusan air jahe dan beri satu sendok madu.

7. Daun Cincau

tanaman apotek hidup

Dikenal dengan rasanya yang segar dan teksturnya yang kenyal, ternyata cincau juga mengandung segudang manfaat, loh. Cincau mengandung antioksidan yaitu fenol. Kandungan ini baik untuk menurunkan kadar asam urat dalam darah. Tidak hanya itu, cincau juga mampu mengobati diare dan panas dalam.

Itulah 7 jenis tumbuhan yang termasuk dalam tanaman herbal. Tertarik untuk menanamnya, Ladies? Jangan lupa siapkan sekop, pot, dan tanah. Siram dengan rutin dan beri pupuk supaya tanamanmu tumbuh subur.

Baca Juga :

8 Jenis Masker Wajah Terbaik dan Fungsinya untuk Wajah

8 Rekomendasi Anime Movie Terbaik Untuk Menemani Liburanmu!

Susah Gemuk? Ini Dia 5 Rekomendasi Vitamin Penggemuk Badan Paling Efektif!