Tak Hanya Enak, Ini 5 Manfaat Kacang Hijau Bagi Kesehatan Tubuh

0
100

Penulis: Jessica | Editor: Agnes

Kacang hijau merupakan salah satu kacang-kacangan yang dapat diolah menjadi banyak menu. Salah satu yang paling digemari adalah bubur kacang hijau. Tak cuma enak, ternyata kacang hijau sendiri memiliki banyak manfaat buat kesehatan manusia, loh.

Kacang hijau mengandung banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh kita, Ladies. Mulai dari vitamin B kompleks, karbohidrat, zat besi, serat, hingga antikoksidan. Selain itu, kacang hijau juga rendah kalori sehingga baik dikonsumsi dalam program diet. 

Manfaat Kacang Hijau Bagi Tubuh

Manfaat Kacang-Hijau-Bagi-Kesehatan-Tubuh

Berikut ini beberapa manfaat dari kacang hijau untuk kesehatan. Siapa tahu Ladies tertarik memasukkan menu kacang hijau ke dalam santapan harian. Simak yuk manfaatnya apa saja!

1. Menguatkan Sistem Imunitas Tubuh

Kacang hijau mengandung karbohidrat kompleks atau polisakarida yang baik untuk tubuh. Dilansir dari HelloSehat, polisakarida tersebut efektif mengaktifkan salah satu bagian sel darah putih yang disebut makrofag. Sel ini berperan untuk mempertahankan daya tubuh kita, Ladies.

Kandungan fitonutrien pada kacang hijau bermanfaat menetralkan bakteri dan virus yang rentan menyebabkan infeksi pada tubuh manusia. Jadi, rutin mengonsumsi kacang hijau ternyata punya manfaat meningkatkan imunitas badan kita. Sangat berguna sekali ya, terlebih saat pandemi begini.

2. Membantu Mengurangi Gejala PMS

Bagi wanita, kacang hijau bermanfaat membantu menekan gejala PMS yang biasanya terasa menyakitkan. Kandungan vitamin B, B6, serta asam folatnya mampu menekan produksi hormon-hormon pemicu PMS. Wah, boleh nih buat Ladies coba ya!

Ketika memasuki masa hendak menstruasi, tidak ada salahnya perbanyak konsumsi air putih serta kacang hijau. Cara ini cukup efektif mengurangi gejala-gejala PMS yang kerap mengganggu aktivitas kita.

3. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Penyebab utama dari penyakit jantung adalah adanya plak pembuluh darah serta kolesterol dalam darah. Sebuah studi menunjukkan bahwa konsumsi kacang hijau dapat membantu menurunkan risiko dari dua hal tersebut.

Vitexin dan isovitexin pada kacang hijau mampu menghambat penyerapan kolesterol sekaligus jaringan lemak, loh. Selain itu, antioksidan berperan memproteksi pembuluh darah dari kerusakan akibat radikal bebas dan penumpukan plak tak diinginkan.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Bagi Ladies yang tengah menjalani program penurunan berat badan, mengonsumsi kacang hijau dapat menjadi alternatif loh. Kacang hijau punya manfaat memberikan rasa kenyang jauh lebih lama sehingga Ladies dapat menahan keinginan untuk terus makan.

Alhasil, dengan makan kacang hijau sudah cukup membuat isi perut terasa terisi penuh. Jika Ladies suka mengonsumsinya dalam bentuk bubur kacang hijau, ada baiknya kurangi jumlah gula yang dipakai ya. Jangan sampai kehilangan nutrisi baik kacang hijau.

5. Menurunkan Kolesterol

Manfaat kacang hijau lainnya adalah ampuh membantu menurunkan kolesterol. Keberadaan zat antioksidan dapat mereduksi kolesterol jahat dan trigliserida. Sangat cocok ya untuk dikonsumsi para penderita sakit jantung.

Dilansir dari HelloSehat, para peneliti menemukan bahwa antioksidan pada kacang hijau menghasilkan empedu. Empedu ini nantinya akan memecah lemak dan kolesterol. Alhasil, timbunan lemak dalam tubuh pun dapat dihindari, Ladies.

Itulah lima manfaat kacang hijau bagi kesehatan yang perlu Ladies tahu. Kombinasikan kacang-kacangan ini dengan menu makanan sehat lainnya untuk menjaga kebugaran badan. Jaga kondisi kesehatan ya!

Baca Juga:

5 Manfaat Terong Ungu dari Sisi Medis, Menyehatkan Tubuh

Intip 5 Manfaat Daun Kelor yang Ampuh buat Jaga Kesehatan

Ladies, Ini Loh 7 Ragam Manfaat Bunga Telang Bagi Kesehatan