Susunan Acara Pernikahan Mulai dari Akad hingga Resepsi

0
219

Penulis: Adriana | Editor: Agnes

Meskipun terdengar sepele, namun menyusun jalannya acara akad dan resepsi pernikahan sangatlah krusial. Jika ada satu yang terlewat atau tidak sesuai, bisa jadi membuat acara jadi berantakan dan tidak enak ya, Ladies

Lantas, kira-kira acara apa saja yang biasanya ada pada saat akad dan resepsi? Buat tahu jawabannya, yuk langsung saja Ladies baca susunan acara akad hingga resepsi di bawah ini yang biasa dilakukan supaya tidak salah atau kelewat. 

Baca sampai habis ya!

Susunan Acara Saat Akad 

susunan acara pernikahan

1. Pembukaan 

Acara akad nikah dimulai dengan pembukaan yang dipimpin oleh MC. Pada saat pembukaan, akan dibacakan doa agar acara pernikahan bisa berjalan lancar. 

2. Pembacaan ayat suci Alquran 

Setelah doa pembuka, saatnya sesi pembacaan ayat suci Alquran. Pembacanya biasanya sudah dipilih oleh keluarga mempelai. 

3. Khotbah nikah 

Lanjut ke khotbah nikah. Pada sesi ini, kedua mempelai akan mendapatkan khotbah perihal menjalani kehidupan pernikahan yang baik. Pembicaranya bisa dari penghulu dari KUA atau ustaz yang sudah ditunjuk. 

4. Ijab kabul 

Ini dia acara puncak dari akad pernikahan. Yap, ijab kabul. Pada sesi ini, mempelai pria akan mengucapkan ijab kabul di hadapan saksi dan wali pengantin. Bersamaan dengan diucapkannya ijab kabul, tanggung jawab wali mempelai wanita akan sepenuhnya pindah ke sang calon suami.  

5. Doa nikah 

Setelah selesai mengucap ijab kabul, akan dilanjutkan dengan doa nikah yang senantiasa bisa memberikan berkah bagi kehidupan baru kedua mempelai. Doa nikah sendiri akan dipimpin oleh pemuka agama atau ustaz yang sudah ditunjuk.  

6. Penandatanganan dokumen pernikahan 

Lanjut dengan penandatanganan dokumen pernikahan. Pada sesi ini, kedua mempelai akan menandatangani dokumen pernikahan, termasuk buku nikah. Barulah pada sesi ini, kedua mempelai sudah sah menjadi suami istri di mata agama dan hukum. 

7. Serah terima mahar 

Sah menjadi suami istri, sang suami akan memberikan mahar atau maskawin kepada sang istri. Pada umumnya, mahar berupa perhiasan, uang tunai, emas, hingga saham. Pemberian mahar sendiri bermakna memberikan harta sang suami kepada istri. 

8. Tukar cincin

Ini dia salah satu momen yang paling ditunggu. Yap, tukar cincin. Pada sesi ini kedua mempelai akan memakaikan cincin di jari manis masing-masing sebagai tanda sudah menikah. 

9. Nasihat pernikahan 

Sudah sah, kedua mempelai akan diberikan nasihat perihal hak dan kewajiban dalam berumah tangga sebagai pasangan suami istri. 

10. Penutup 

Selesai sudah acara akad pernikahan. Untuk menutup acara, biasanya pemuka agama atau ustaz akan membacakan doa penutup. 

Susunan Acara Resepsi Modern 

susunan acara pernikahan

1. Pembukaan 

Pertama-tama, acara resepsi dibuka secara resmi oleh MC (Master of Ceremony). Di sini, MC akan mengucapkan terima kasih kepada seluruh tamu undangan dan keluarga yang hadir dan bersiap mengajak para tamu untuk menyambut kedua mempelai. 

2. Masuknya kedua mempelai 

Setelah pembukaan, MC akan memberikan aba-aba untuk kedua mempelai untuk masuk ke ruangan pernikahan. Pada momen ini, biasanya akan diiringi dengan lagu romantis pilihan mempelai yang mengiringi jalan mereka dari pintu masuk menuju kursi pelaminan. 

3. Pemotongan kue dan kiss

Setelah sampai di kursi pelaminan, biasanya akan ada pemotongan kue yang dilakukan kedua mempelai. Selain itu, mempelai juga akan melakukan wedding kiss yang aba-abanya akan diberikan oleh MC. 

4. Ucapan selamat kedua mempelai 

Sesudah itu, barulah para tamu undangan bisa datang ke depan secara satu per satu untuk memberikan ucapan selamat kepada kedua mempelai dan kedua orang tua mempelai. Pada acara ini biasanya selalu diiringi dengan musik romantis. 

5. Jamuan makan kepada tamu 

Selanjutnya, MC bisa membuka jamuan makan untuk tamu undangan. Pada saat ini, tidak jarang juga kedua mempelai akan turun dari kursi pelaminan dan menyalami para tamu undangan yang datang.  

6. Persembahan penampilan oleh mempelai atau tamu 

Selesai jamuan makan, kedua mempelai bisa memberikan penampilan hiburan seperti first dance atau bernyanyi bersama. Tidak hanya mempelai, ada tamu undangan yang ingin memberikan penampilan juga bisa. 

7. Foto bersama 

Mendekati acara terakhir, harus ada sesi foto bersama. Sesi foto ini terbilang resmi karena para tamu akan diajak ke atas pelaminan untuk berfoto dengan pengantin. Biasanya akan bergilir sesuai grup tamu masing-masing. 

8. Penutupan 

Jika sudah, tibalah di akhir acara yaitu penutupan. Pada sesi ini MC akan mengucapkan sambutan penutup sekaligus ucapan terima kasih kepada semua yang sudah hadir di acara. Tidak lupa dengan ucapan selamat atas hidup baru yang akan dijalani kedua mempelai. 

Nah itu dia susunan acara akad dan resepsi yang bisa jadi pedoman Ladies saat menyusun rundown. Sesuaikan dengan keinginan Ladies dan pasangan ya!

Baca Juga:

Kumpulan Ucapan Pernikahan Simple untuk Pengantin Baru 

Ini Dia 10 Rekomendasi Lagu Romantis untuk Pernikahan 

Agar Cepat Dipertemukan, Inilah Doa Agar Mendapatkan Jodoh Terbaik