Tips dan Contoh Membuat Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

0
137

Penulis: Raizza | Editor: Agnes 

Saat ini banyak perusahaan yang sudah memberi kemudahan bagi calon karyawannya untuk melamar melalui online seperti lewat email. Namun, masih ada juga yang menggunakan cara lama dengan cara tulis tangan.

Buat Ladies, yang bingung mencari tahu bagaimana caranya. Tenang! Ladies Corner sudah mengumpulkan contoh-contohnya kok. Berikut ini contoh membuat surat lamaran kerja dengan tulis tangan. Akan tetapi, sebelum itu, cari tahu dulu yuk apa itu surat lamaran kerja.

Surat Lamaran Kerja

Surat lamaran kerja adalah dokumen penting yang harus dipersiapkan ketika seseorang hendak melamar pekerjaan. Surat ini biasanya dijadikan pengantar untuk melengkapi CV atau Riwayat Hidup orang yang melamar kerja tersebut.

Meski sebagian besar orang sudah mengetahuinya, namun nyatanya tidak semua orang mampu menulis surat lamaran kerja dengan baik dan benar loh. Ada beberapa faktor, bisa karena bahasa yang digunakan tidak formal, banyak kesalahan dalam tulisan, atau jika suratnya ditulis tangan surat tersebut kotor. Pasalnya, itu semua didasarkan pada penilaian HRD yang merekrut.

Format Membuat Surat Lamaran Kerja dengan Tulis Tangan

Tidak jauh berbeda dengan lamaran kerja yang diketik dan diprint, lamaran kerja tulis tangan juga memiliki format yang sama ya Ladies, yaitu:

  1. Tanggal dan tempat saat ini
  2. Nama dan alamat lengkap perusahaan yang hendak dilamar
  3. Salam pembuka
  4. Kata pengantar yang baik dan tidak bertele-tele
  5. Biodata diri
  6. Pengalaman kerja atau organisasi serta keahlian yang Ladies miliki
  7. Penutup dan salam

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja dengan Tulis Tangan

  1. Mulailah menulis sesuai urutan format yang sudah disebutkan di atas. Jika memang sudah salah di awal, segera ganti dengan yang baru dan lakukan lebih hati-hati lagi.
  2. Tulis tanggal, tempat, isi serta penutup surat dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Jangan lupa juga untuk menggunakan bahasa formal.
  3. Jelaskan kemampuan dan keunggulan
  4. Jangan lupa tanda tangan dan materai (bila perlu) di bawah surat untuk membuat surat lamaran terlihat semakin formal dan asli.

Poin Penting ketika Membuat Surat Lamaran Kerja dengan Tulis Tangan

1. Menggunakan folio bergaris

Langkah pertama yang perlu Ladies ingat adalah tulislah lamaran kerja menggunakan kertas folio bergaris. Hal ini untuk menghindari tulisan miring karena garis di folio akan memudahkan dalam menulis dan membuatnya lebih rapi.

2. Menulis dengan rapi dan jelas

Poin selanjutnya yang tidak kalah penting adalah usahakan untuk menulis dengan rapi. Tidak apa-apa jika seandainya Ladies merasa tulisan Ladies tidak terlalu bagus, asalkan tulis dengan jelas dan rapi. 

3. Hindari untuk menggunakan Correction Pen atau tipe x

Ketika terjadi kesalahan saat menulis lamaran, hindari menggunakan Correction Pen, ya! Meski mungkin terlihat sepele, tetapi bisa membuat surat lamaran Ladies terlihat kotor. Jadi, sebaiknya ganti saja dengan yang baru. 

Contoh Surat Lamaran Kerja dengan Tulis Tangan

 

Tanggal dan tempat

Kepada

Yth. Bapak/Ibu HRD

(Nama Perusahaan)

(Alamat)

Perihal: Lamaran pekerjaan di (Nama Perusahaan)

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : ……….

Tempat tanggal lahir: ………..

Pendidikan/Jurusan : ………

Alamat : ……….

Telp : ……….

(Isi surat perihal pengalaman atau keinginan hendak melamar)

(Bagian penutup)

 

Hormat saya,

(Nama Ladies)

Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan 1

Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan 2

Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan 3

Nah, itu tadi contoh membuat surat lamaran kerja dengan tulis tangan. Semoga bisa membantu dan Ladies tidak bingung lagi, ya!

Baca Juga:

Cara Membuat dan Contoh Surat Keterangan Belum Menikah

Catat! Ini 7 Contoh Cover Letter yang Mampu Menarik Perhatian HRD

Cara Membuat dan Contoh Surat Lamaran Kerja Berbahasa Inggris