5 Keistimewaan Surah Al-Kahfi Lengkap dengan Arab dan Maknanya

0
81

Penulis: Aisyah | Editor: Agnes

Surah Al-Kahfi yang dibaca dan diamalkan di setiap hari Jum’at menjadi salah satu sunnah yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. Dengan membaca surah Al-Kahfi setiap hari Jum’at atau malam Jum’at memberikan keistimewaan bagi orang yang mengamalkannya. Keistimewaan apa saja yang didapatkan oleh orang yang mengamalkan Surah Al-Kahfi?

Surah Al-Kahfi merupakan surah ke-18 yang berisi 110 ayat dalam Al-Qur’an. Surah Al-Kahfi memiliki arti yakni Penghuni-Penghuni Gua. Surah Al-Kahfi mempunyai keistimewaan berupa pahala serta rizki bagi orang yang sering mengamalkannya.

Keutamaan dan Manfaat Surah Al-Kahfi

Surah Al-Kahfi mengandung makna yang berisi bagaimana kita sebagai manusia dalam menghadapi segala cobaan. Surah Al-Kahfi juga mengisah kisah Ashabul Kahfi yang bersedia untuk pergi dari kampungnya dengan kondisi terusir guna membela agamanya. Untuk keutamaan dan manfaat lainnya, simak selengkapnya, Ladies!

1. Dimaafkan Dosa-Dosanya antara Dua Jum’at

Keistimewaan pertama dalam mengamalkan Surah Al-Kahfi di setiap hari Jum’at inshaAllah akan dimaafkan dosanya antara dua Jum’at. Hal tersebut juga dijelaskan dalam hadits riwayat Ibnu Umar yang menjelaskan bahwa tubuh kita bisa memancarkan cahaya hingga ke langit pada hari kiamat sekaligus diampuni dosa-dosa kita antara dua hari Jumat.

2. Diberikan Rasa Tenang dan Tentram

Keistimewaan kedua yakni akan diberikan rasa tenang dan tentram sebagai individu serta rasa sakinah dalam kehidupan berkeluarga. Hal ini disampaikan oleh Rasulullah SAW yang menjelaskan dalam haditsnya bahwa surat inilah yang membawa kita kepada ketenangan.

3. Diterangkan Cahaya di Hari Kiamat

Keistimewaan berikutnya bagi orang yang membaca dan mengamalkan Surah Al-Kahfi akan diterangkan dan dipancarkan cahaya untuknya di hari kiamat. Rasulullah SAW pernah menjelaskan jika kita rajin membaca surat ini pada malam jum’at, maka akan terpancar cahaya dalam diri kita hingga Baitul Atiq.

4. Memperoleh Petunjuk dari Allah SWT

Allah SWT akan memberikan petunjuk serta bimbingan bagi hamba-Nya yang membaca Surah Al-Kahfi di setiap Jum’at. Hal ini sebagaimana penjelasan Rasulullah SAW yang menyebutkan bahwa membaca surat ini pada hari jumat akan membuat kita mendapatkan petunjuk dari Allah SWT.

5. Terbebaskan dari Fitnah Dajjal

Dalam sabda Rasulullah SAW disebutkan bahwasannya apabila manusia rajin dalam mengamalkan Surah Al-Kahfi, maka ia akan terbebaskan dan terhindarkan dari fitnah dajjal. Hal tersebut terdapat dalam hadits riwayat Ibnu Umar RA, Rasulullah SAW menjelaskan bahwa dajjal tak akan muncul hingga para imam tak lagi mengingatkan manusia di atas mimbar. 

Surat Al-Kahfi Ayat 1-5 Beserta Artinya

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِيْٓ اَنْزَلَ عَلٰى عَبْدِهِ الْكِتٰبَ وَلَمْ يَجْعَلْ لَّهٗ عِوَجًا ۜ

al-ḥamdu lillāhillażī anzala ‘alā ‘abdihil-kitāba wa lam yaj’al lahụ ‘iwajā

Artinya: Segala puji bagi Allah yang telah menurunkan Kitab (Al-Qur’an) kepada hamba-Nya dan Dia tidak menjadikannya bengkok;

قَيِّمًا لِّيُنْذِرَ بَأْسًا شَدِيْدًا مِّنْ لَّدُنْهُ وَيُبَشِّرَ الْمُؤْمِنِيْنَ الَّذِيْنَ يَعْمَلُوْنَ الصّٰلِحٰتِ اَنَّ لَهُمْ اَجْرًا حَسَنًاۙ

qayyimal liyunżira ba`san syadīdam mil ladun-hu wa yubasysyiral-mu`minīnallażīna ya’malụnaṣ-ṣāliḥāti anna lahum ajran ḥasanā

Artinya: sebagai bimbingan yang lurus, untuk memperingatkan akan siksa yang sangat pedih dari sisi-Nya dan memberikan kabar gembira kepada orang-orang mukmin yang mengerjakan kebajikan bahwa mereka akan mendapat balasan yang baik,

مَّاكِثِيْنَ فِيْهِ اَبَدًاۙ

mākiṡīna fīhi abadā

Artinya: mereka kekal di dalamnya untuk selama-lamanya.

وَّيُنْذِرَ الَّذِيْنَ قَالُوا اتَّخَذَ اللّٰهُ وَلَدًاۖ

wa yunżirallażīna qāluttakhażallāhu waladā

Arti: Dan untuk memperingatkan kepada orang yang berkata, “Allah mengambil seorang anak.”

مَّا لَهُمْ بِهٖ مِنْ عِلْمٍ وَّلَا لِاٰبَاۤىِٕهِمْۗ كَبُرَتْ كَلِمَةً تَخْرُجُ مِنْ اَفْوَاهِهِمْۗ اِنْ يَّقُوْلُوْنَ اِلَّا كَذِبًا

mā lahum bihī min ‘ilmiw wa lā li`ābā`ihim, kaburat kalimatan takhruju min afwāhihim, iy yaqụlụna illā każibā

Arti: Mereka sama sekali tidak mempunyai pengetahuan tentang hal itu, begitu pula nenek moyang mereka. Alangkah jeleknya kata-kata yang keluar dari mulut mereka; mereka hanya mengatakan (sesuatu) kebohongan belaka.

Itulah 5 keistimewaan dan manfaat membaca surah Al-Kahfi bagi kehidupan umat muslim.  Jangan lupa amalkan setiap hari dan semoga keistimewaan tersebut memacu kita untuk berbuat baik ya, Ladies.

Baca Juga:

Tata Cara Sujud Syukur Sesuai Ajaran Islam

Ketahui 8 Keutamaan Sholat Witir dalam Ajaran Islam

Pengertian dan Jenis-Jenis Khiyar dalam Islam