Bagi Pekerja Wajib Tahu Contoh dan Struktur Surat Izin Kerja

0
302

Penulis: Raizza | Editor: Agnes

Dalam bekerja sehari-hari, rasanya normal ada momen di mana kita harus melakukan izin untuk tidak bisa masuk. Entah mungkin acara keluarga, ada urusan mendesak, atau mungkin mau menikah, dan lain sebagainya.

Meski itu hal yang normal, tetapi tetap ada aturan untuk melakukannya, ya. Apalagi dalam dunia profesional. Jangan sampai, Ladies dinilai buruk karena melakukan sesuatu atas dasar kehendak sendiri. 

Nah, untuk ini simak yuk artikel di bawah ini. Ada informasi mengenai struktur surat izin kerja dan juga contohnya!

Struktur Membuat Surat Izin Kerja

Seperti apa sih struktur surat izin kerja? Apakah sama dengan surat-surat lainnya? Berikut ini paparannya:

1. Subjek atau perihal surat

Bagian ini bersifat opsional, karena memang bertujuan untuk mempersingkat waktu penerima surat untuk bisa tahu apa isinya. Jadi, jika Ladies tidak menggunakannya, juga tidak masalah.

2. Sapaan kepada pihak yang dituju

Layaknya surat resmi lainnya, surat izin kerja juga memerlukan sapaan di bagian awal. Sapaan ini biasanya ditujukan kepada atasan kita di kantor atau bisa juga kepada HRD.

3. Isi

Ini adalah bagian yang paling penting. Di bagian ini Ladies harus menyebutkan detail penting mengenai izin kerja Ladies. Umumnya, terdapat 4 aspek, yaitu:

  • Alasan jelas mengapa kita tidak bisa masuk kerja.
  • Solusi yang diberikan, entah mungkin adanya hand over atau bisa juga menyelesaikan pekerjaan sebelum atau sesudah kita masuk kantor. 
  • Sebutkan waktu yang fleksibel jika sewaktu-waktu ada masalah pekerjaan mendesak.
  • Tuliskan hal-hal terkait kapan kiranya waktu tidak masuk dan sampai kapan.

4. Salam penutup

Setelah membuat isi surat, tentu Ladies harus membuat bagian penutup. Jangan lupa untuk memberikan ucapan terima kasih sebagai tanda kesopanan.

Contoh Surat Izin Kerja

1. Surat izin kerja untuk mengadakan pernikahan

Untuk keperluan yang satu ini, biasanya tidak dilakukan mendadak. Mengingat persiapan pernikahan yang dibutuhkan mungkin berlangsung lama, sehingga surat izin kerja ini diajukan jauh-jauh hari.

2. Surat izin kerja karena sedang sakit

Kalau yang satu ini, biasa diajukan dalam jangka waktu 1-2 hari sebelumnya. Di mana saat kita sudah merasakan kondisi tubuh yang tidak sehat, kita bisa langsung mengajukan surat izin ini.

3. Surat izin kerja karena ada keperluan keluarga

Urusan yang satu ini cukup umum ditemui oleh hampir sebagian besar karyawan. Jika memang Ladies memiliki urusan keluarga yang begitu mendesak dan mengharuskan untuk hadir, contoh surat di atas bisa Ladies buat.

4. Surat izin kerja untuk urusan yang mendadak

Kita tentu tidak bisa menentukan apa yang akan terjadi di masa depan, bahkan dalam waktu 5 menit ke depan. Bisa saja kita akan dihadapkan dengan sebuah accident yang mengharuskan kita untuk izin kerja, seperti misalnya anggota keluarga meninggal dunia.

5. Surat izin kerja karena hendak melahirkan

Ibu hamil memang memiliki waktu izin kerja yang sudah disiapkan sendiri. Untuk itu, sebaiknya siapkan surat izin kerja dari jauh hari sebelum waktu perkiraan lahir tiba. Agar semua pekerjaanmu bisa tetap berjalan Ladies.

Yap, itu dia penjelasan struktur surat izin kerja beserta contohnya. Jangan sampai salah ya, Ladies!

Baca Juga:

5 Olahraga Ini Ampuh Mengencangkan Otot Payudara Loh!

Kulit Halus dengan Pilihan Face Scrub untuk Semua Jenis Kulit

5 Rekomendasi Skincare untuk Cowok, Wajah Jadi Bersih dan Terawat!