Ssst! Ini 6 Contoh Kalimat Gaslighting yang Memanipulasimu

0
69

Penulis: Adriana | Editor: Agnes

Apakah Ladies pernah merasa bersalah kepada pasangan, padahal Ladies tidak berbuat apa-apa? Atau mungkin Ladies pernah meminta maaf supaya Si Dia nggak ngambek? Nah, hati-hati karena bisa jadi Ladies terjebak dalam hubungan gaslighting.

Lantas, apakah Ladies penasaran apa itu gaslighting? Kira-kira apa saja kalimat yang menunjukkan bahwa seseorang sedang di-gaslighting? Yuk langsung aja baca dan simak selengkapnya di bawah ini! 

Arti Gaslighting 

arti-dan-Kalimat-Gaslighting

Merujuk dari banyak sumber, gaslighting adalah bentuk manipulasi emosional dan mental yang membuat seseorang bisa mempertanyakan perasaannya. Biasanya, orang yang terkena gaslighting akan merasa bingung, cemas, dan bahkan merasa bersalah akan perasaannya. 

Biasanya, orang yang melakukan gaslighting bertujuan untuk mengontrol pikiran korban agar mereka terus merasa bersalah. Parahnya lagi, biasanya korban gaslighting tidak sadar kalau sedang terkena gaslighting, loh.

Hal ini karena perilaku memanipulasi emosi dilakukan secara perlahan. Nah, berikut ada beberapa kalimat-kalimat gaslighting yang Ladies tahu.  

Contoh Kalimat Gaslighting

arti-dan-Kalimat-Gaslighting

Berikut ini beberapa contoh kalimat yang sering diucapkan pelaku gaslighting. So, berhati-hati ya, Ladies!

1. “Ada yang salah dengan pikiranmu. Sana cari bantuan!”

Dengan kalimat ini, pelaku akan memaksa korban untuk meyakinkan diri kalau ada yang salah dengan otak mereka dan itu tidak normal. Hal ini tentu dapat memengaruhi psikologis korbannya karena bisa mempertanyakan kewarasan diri sendiri. Ladies, jadi sering memikirkan “jangan-jangan aku yang salah” atau “jangan-jangan aku yang tidak waras?” 

2. “Kamu terlalu lebay” 

Lewat kalimat ini, pelaku ingin membuat korban merasa bahwa perasaannya yang sensitif itu terlalu berlebihan dan dianggap remeh. Padahal, perasaan sensitif bisa menunjukan bahwa Ladies sedang gundah dan butuh didengarkan.

3. “Siapa bilang aku pernah berkata itu? Kamu kali yang berpikir seperti itu” 

Pelaku menginginkan jika korban mempertanyakan kebenarannya tentang apa yang diucapkan di masa lalu. Kalimat ini bisa membuat korban bingung dan mempertanyakan memori ingatannya. Terkadang hal ini membuat korban jadi bingung dan tidak dapat membedakan mana fakta dan imajinasi.

4. “Kalau kamu benar sayang, masa tidak mau ….” 

Nah, apakah Ladies pernah mendapatkan katakata seperti ini dari Si Dia? Nah, ternyata ucapan ini bisa membuat korban terpedaya dan melakukan apa saja demi kata “sayang”. 

Padahal bisa saja korban tidak ingin melakukan hal yang diminta pasangan, sehingga berujung pada penyesalan. Perlu Ladies sadari bahwa tidak semua keinginan pasangan harus direalisasikan, apalagi jika itu berhubungan dengan hal yang tidak baik. 

5. “Salah kamu aku begini” 

Ketika bertengkar, seringkali pasangan mengucapkan “salah kamu, makanya aku jadi begini!”. Jika pasangan Ladies sering mengucapkan demikian, bisa menandakan Ladies terjebak dalam gaslighting.

Ucapan seperti ini memperlihatkan bahwa Si Dia enggan untuk bertanggung jawab atas perbuatannya, sehingga Si Dia menyalahkan korban. Hal ini membuat korban merasa bersalah atas hal yang bukan tanggung jawabnya. 

6. “Masalahnya itu di kamu, bukan yang lain” 

Lewat kalimat ini, pelaku ingin meyakinkan korban bahwa sang korbanlah yang menjadi penyebab segala masalah. Tentu ucapan ini membuat korban akan merasa bersalah dan tidak percaya diri. Padahal setiap individu pasti pernah melakukan kesalahan dan perlu intropeksi diri, bukan justru menyalahkan orang lain.

Nah, itu dia arti dan beberapa contoh kalimat gaslighting yang perlu diwaspadai. Semoga Ladies dijauhkan dari pasangan atau orang yang gaslighting ya! 

Baca Juga:

Karakter Cowok Scorpio, Si Cemburuan yang Romantis

Patah Hati Setelah Putus? Ikuti Tips-Tips Move On Ini

Bikin Doi Mabuk Kepayang, Coba 5 Trik Ciuman Bibir Romantis