Ketahui Macam-Macam Sifat Wajib Para Rasul

0
179

Penulis: Mita | Editor: Agnes

Nabi dan rasul merupakan orang-orang pilihan Allah SWT sebagai pemimpin umat yang memiliki tugas menyampaikan wahyu dari Allah serta membimbing. Para rasul juga punya tanggung jawab untuk mengajarkan kebaikan dan kebenaran sesuai dengan yang firman Allah yang telah termaktub dalam kitab suci.                

Sebagai umat muslim, yuk kita ketahui sifat wajib rasul ya supaya kita bisa meneladani akhlak baik yang dimiliki para rasul. Simak sampai habis ya, Ladies, artikel ini.

Sifat Wajib Rasul (Sifat yang Dimiliki Rasul)

Sifat wajib rasul merupakan sifat-sifat yang mencerminkan akhlak baik yang dimiliki oleh para rasul. Inilah sifat wajib rasul:

1. Sidik (Benar atau Jujur)

Para rasul dan nabi memiliki sifat sidik dalam menyampaikan ajaran-ajaran kebaikan maupun tuntunan kehidupan yang bersumber dari firman-firman Allah SWT. Oleh karena itu, setiap perkataan dan perbuatan yang para rasul lakukan memang mencerminkan kebenaran yang dapat dipertanggungjawabkan. Allah SWT pun senantiasa menjaga para rasul dalam kebenaran dan kejujuran yang dimiliki.

Di dalam Al-qur’an digambarkan tentang sifat sidik ini yang terdapat dalam surah Maryam, ayat 41 berikut ini:

2. Amanah (Dapat Dipercaya)

Para rasul dapat dipercaya karena senantiasa menjaga tanggung jawab atas tugas kenabiannya sesuai dengan yang Allah SWT perintahkan. Mereka juga berusaha untuk menghindari perbuatan tercela dan dosa, sehingga dalam aspek kehidupan pun sifat-sifat mereka mencerminkan sosok pemimpin yang dapat dipercaya oleh umatnya.  

Di dalam Al-qur’an digambarkan tentang sifat amanah ini yang terdapat dalam surah Asy-syu’ara’, ayat 106-107.

3. Tablig (Menyampaikan)

Para rasul memiliki tugas dan tanggung jawab untuk menyampaikan wahyu yang datang langsung dari Allah SWT. Mereka mengajarkan kebaikan, kebenaran, perintah serta larangan-larangan dari Allah SWT sebagai pedoman hidup bagi umatnya.

Tidak ada satu hal pun ajaran kebenaran yang para rasul sembunyikan, semuanya mereka sampaikan sesuai dengan firman-firman Allah SWT yang juga terdapat dalam Al-qur’an. Para rasul menyampaikan sebenar-benarnya kebaikan dan kebenaran agar umatnya mendapat kebahagiaan, keberkahan, dan keselamatan di dunia dan akhirat.

Di dalam al-qur’an digambarkan tentang sifat amanah ini yang terdapat dalam surah Al-Maidah, ayat 67.


4. Fatanah (Cerdas)

Para rasul diberkahi oleh Allah SWT kecerdasan agar dapat menjalankan tugas dan tanggung jawab kenabiannya dengan baik di tengah sulitnya kondisi masyarakat pada saat itu. Mereka menjadi sosok berilmu yang mampu mendengarkan, memahami, dan memberikan jalan keluar bagi persoalan-persoalan yang dihadapi umat. Berkat kecerdasan yang dimilikinya pun, para rasul dapat memberikan argumentasi hingga menghadirkan kebenaran bagi orang-orang yang menentang atau pun memiliki keraguan atas ajaran-ajaran kebaikan yang disampaikan kepada umatnya.

Salah satu kisah tentang sifat fatanah ini dialami oleh Rasulullah SAW, pada saat itu terjadi perselisihan di antara kelompok Kabilah di Mekah yang ingin meletakan batu hitam (hajar aswad) di atas Ka’bah. Dengan kecerdasan yang dimilikinya, Rasulullah SAW menangani masalah itu dan memberikan solusi dengan memberikan kain kepada mereka. Kemudian, Rasulullah meminta mereka untuk meletakan batu hitamnya di tengah lalu mereka mengangkatnya dengan memegang ujung kainnya bersama sampai di atas Ka’bah.

Sifat Mustahil Bagi Rasul

Sifat mustahil adalah kebalikan dari sifat wajib bagi rasul, artinya sifat-sifat mustahil ini merupakan sifat yang tidak mungkin dimiliki rasul. Berikut ini merupakan sifat mustahil bagi para rasul:

  • Kizbu (Berbohong atau Dusta)
  • Khianat (Tidak dapat dipercaya)
  • Kitman (Menyembunyikan)
  • Baladah (Bodoh)

Sifat Jaiz Bagi Rasul

Sifat jaiz merupakan sifat yang diizinkan untuk dimiliki oleh para rasul, seperti sifat-sifat manusiawi selama itu tidak mengurangi kemuliaannya sebagai rasul. Contoh sifat jaiz bagi para rasul seperti makan, minum, tidur, memiliki istri, berjalan-jalan, mencari nafkah, dan lain sebagainya.

Hal ini pun digambarkan dalam firman Allah SWT dalam salah satu surah Al-qur’an berikut ini:

Demikian informasi tentang sifat wajib bagi rasul yang harus kita ketahui. Yuk, Ladies, kita mulai belajar meneladani akhlak baik dari para rasul ya!

Baca Juga:

Macam-Macam Arti dan Jenis Talak dalam Islam

Lamaran Halal, Mari Mengenal Proses Khitbah dalam Islam

5 Hukum Nikah dalam Islam yang Wajib Diketahui