7 Makna Seserahan Pernikahan dan Lamaran yang Penuh Makna 

0
124

Penulis: Adriana | Editor: Agnes

Pernikahan merupakan salah satu momen penting yang ada di hidup seseorang. Tidak heran jika banyak pasangan akan menyiapkan segala yang terbaik untuk merayakan hari pernikahan mereka. Salah satu hal yang paling disiapkan adalah seserahan. 

Bagi yang menjalani pesta pernikahan secara adat, tentunya sudah tidak asing dengan seserahan. Mulai dari perhiasan hingga alat sholat menjadi pilihan barang yang diberikan sebagai seserahan. 

Lantas, apa sebenarnya makna dari beberapa barang yang paling diberikan sebagai seserahan? Biar tidak penasaran, yuk langsung saja lihat selengkapnya tentang makna isi seserahan di sini! 

Seperangkat Alat Sholat dan Al-Qu’ran

Satu benda yang bisa dibilang selalu ada di seserahan adalah seperangkat alat sholat dan Al-Qu’ran. Alat Sholat dan Al-Qu’ran sendiri memberi makna bahwa pernikahan yang akan dijalani berdasarkan tumpuan agama. 

Makeup serta skincare 

Yang kedua ada makeup dan skincare. Sesuai dengan fungsinya make up dan skincare diberikan sebagai seserahan agar senantiasa menunjang penampilan mempelai wanita. Tujuannya agar wanita selalu tampil cantik dan menawan di depan sang calon suami. 

Tas 

Tas merupakan satu benda yang paling sering digunakan oleh pria maupun wanita. Nyatanya, tas juga bisa digunakan sebagai isi seserahan pernikahan. Memberikan tas sebagai seserahan dipercaya sebagai tanda bahwa sang suami bisa menafkahi calon istrinya dengan layak dan baik sehabis menikah. 

Perhiasan  

Tidak boleh ketinggalan, ada perhiasan yang dibilang termasuk paling awam untuk dijadikan seserahan. Memberikan perhiasan sebagai seserahan juga diharapkan menjadi doa agar sang mempelai wanita selalu bersinar dan berkilau sepanjang hidupnya. Perhiasan di sini bisa berupa cincin, gelang, hingga anting. 

Sepatu atau Sandal 

Memberikan sepatu atau sandal sebagai seserahan juga bisa loh, Ladies. Sepatu dan sandal sendiri merupakan alas kaki yang bermakna sebagai pengingat kalau rumah tangga yang baik akan terwujud apabila kedua pasangan saling mengerti satu sama lain. Selain itu, sandal atau sepatu juga bermakna bahwa rumah tangga akan langgeng mencapai tujuan apabila pasangan jalan beriringan bersama layaknya sepasang sepatu.

Baju 

Baju nyatanya juga kerap menjadi isi seserahan yang dipilih oleh banyak orang. Biasanya baju yang diberikan berupa satu set kebaya ataupun batik. Namun ada juga sekarang yang memberikan baju dalam, baju formal, baju santai, baju tidur, baju pesta, ataupun baju kerja. Untuk maknanya sendiri, baju diharapkan bisa menjadi simbol agar kedua pasangan menjaga rapat-rapat rahasia rumah tangga dengan baik. 

Buah-Buahan 

Satu lagi barang kerap dijadikan seserahan adalah buah-buahan. Seperti yang diketahui kalau buah adalah hasil dari alam yang memberikan nutrisi baik bagi tubuh. Dalam makna seserahan sendiri tidak jauh berbeda.

Buah-buahan didoakan menjadi tanda sumber berkat dari alam agar pernikahan kedua mempelai bisa dihujani berkat. Buah-buahan yang kerap dipilih terkadang anggur, apel, pisang, dan lain sebagainya. 

Nah, itu dia beberapa penjelasan mengenai makna seserahan pernikahan. Mana nih yang paling Ladies sering jumpai sebagai seserahan? 

Baca Juga:

Cara Membuat dan Contoh Surat Keterangan Belum Menikah

Makna Filosofis dalam Prosesi Pernikahan Adat Jawa 

Wajib Tahu! Ini Syarat dan Persiapan Pernikahan di Rumah