Serupa tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Kolase, Montase, dan Mozaik

0
14

Penulis: Gladys | Editor: Agnes

Ladies pasti pernah diajarkan membuat prakarya seni rupa saat masih kecil, bukan? Meskipun lekat dengan kerajinan masa kecil, namun ternyata banyak yang masih belum tau perbedaan masing-masing teknik, seperti perbedaan kolase, montase, dan mozaik.

Ketiganya merupakan seni rupa dengan teknik menempel menggunakan bahan-bahan dasar yang berada di sekitar. So, kalau ingin tahu lebih dalam, simak artikel ini sampai habis, Ladies!

Teknik Kolase

Perbedaan-Kolase-Montase-dan-Mozaik

Kolase adalah seni rupa teknik tempel dan susun di permukaan datar yang menggunakan perpaduan berbagai macam bahan dasar. Bahan yang digunakan pun biasanya seperti biji-bijian, kain, kertas, kayu, logam, bunga kering, kaca, dan lainnya.

Seni rupa yang satu ini pertama kali diperkenalkan ke dunia oleh dua seniman populer, Pablo Picasso dan George Braque. Untuk menghasilkan kolase yang ciamik, dibutuhkan imajinasi tinggi. Hal ini karena bahan-bahan penyusunnya memiliki bentuk yang beragam.

Dibanding seni rupa teknik tempel lainnya, kolase mudah dilakukan mudah karena bahannya sederhana. Hal ini juga yang membuat seni kolase diajarkan di sekolah dasar.

Teknik Montase

Perbedaan-Kolase-Montase-dan-Mozaik

Berbeda dengan kolase, montase justru menggunakan gambar jadi untuk mengasilkan karya yang indah. Hal ini karena pada dasarnya montase merupakan seni rupa teknik tempel yang menggabungkan beberapa gambar untuk menghasilkan sebuah karya seni. Gambarnya pun bisa berasal dari majalah, koran, buku, poster, maupun kalender bekas.

Gambar-gambar jadi yang sekiranya menarik dan digabungkan, digunting, ditempel, dan disusun di permukaan datar yang baru. Hasil dari perpaduan gambar jadi ini pun membentuk makna baru.

Di era modern ini, teknik montase bisa dilakukan dalam bentuk hardcopy maupun softcopy. Tekinik ini juga digunakan untuk memanipulasi hasil foto yang dihasilkan oleh kamera analog ataupun kamera digital. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi editing foto untuk membuat montase versi dirimu (photomontage).

Teknik Mozaik

Perbedaan-Kolase-Montase-dan-Mozaik

Kolase dan montase memiliki sedikit kesamaan yaitu menggunakan berbagai sumber yang kemudian ditempel dan disusun menjadi satu karya seni baru. Sedangkan mozaik adalah seni teknik tempel dan susun yang menggunakan satu jenis bahan dasar untuk menghasilkan suatu karya. 

Pada umumnya, keramik menjadi bahan dasar yang sering digunakan untuk membuat karya mozaik. Keramik boleh berbeda corak, namun ukurannya harus disesuaikan sebelum ditempel dan disusun.

Selain keramik, teknik mozaik ini juga bisa menggunakan bahan dasar lainnya, seperti kumpulan potongan kertas, kumpulan pecahan cangkang telur, kepingan kaca, maupun bilah kayu. Semua bahan dasar tersebut direkatkan ke permukaan datar yang baru dengan pola tertentu sehingga menjadi sebuah karya seni.

Itulah penjelasan mengenai perbedaan kolase, montase, dan mozaik. Mengingat ketiga seni rupa ini membutuhkan kreativitas dan imajinasi tinggi, setiap pembuat karya dan hasilnya perlu diapresiasi. Jika Ladies merasa tertantang untuk membuat karya seni ini, tidak ada salahnya untuk mencoba di rumah!

Baca Juga:

Arti OOTD dan Tips Menghasilkan Foto OOTD Keren Agar Banjir Likes!

8 Kata Kunci Buat Cari GIF Instagram Estetik yang Wajib Kamu Tahu

Cara Membuat Bingkai Foto dari Kardus, Mudah dan Praktis Banget