Seru, Berikut 8 Hobi yang Mampu Meningkatkan Kecerdasanmu Loh!

0
199

Penulis: Jessica | Editor: Agnes

Di tengah padatnya rutinitas, wanita perlu memiliki hobi sebagai penghilang rasa penat. Selain itu, hobi juga biasanya bermanfaat sebagai wadah pengembangan diri. Bahkan, tak jarang beberapa wanita jago mengubah hobi menjadi peluang pekerjaan.

Ladies, tahu enggak kalau ternyata ada hobi yang mampu meningkatkan kecerdasan loh. Berikut beberapa di antaranya. Siapa tahu salah satu hobi masuk di daftar ini, simak ya!

Memainkan Alat Musik

hobi yang meningkatkan kecerdasan

Bermain musik merangsang daya ingat seseorang buat mengolah nada dan irama. Ahasil, seseorang akan terlatih berpikir analitis, punya keterampilan motorik bagus, hingga kemampuan berbahasa yang baik. Itu sebabnya orang-orang yang mahir memainkan alat musik biasanya punya kecerdasan tinggi juga. 

Membaca

hobi yang meningkatkan kecerdasan

Hobi yang satu ini memang jelas mampu meningkatkan kecerdasan. Lewat membaca, seseorang terlatih menyerap informasi dengan lebih baik. Bahkan, orang yang hobi membaca juga biasanya punya kemampuan mengolah kata dan bahasa amat bagus. Jadi, benar juga ya nasihat orang zaman dulu: banyaklah membaca untuk melihat dunia seluas-luasnya.

Menari

hobi yang meningkatkan kecerdasan

Kegiatan menari membutuhkan keselarasan gerak tubuh dan musik pengiring. Dua hal inilah yang kemudian merangsang daya pikir seseorang saat melakukannya. Tak hanya itu, menari sangat bagus untuk melatih gerak motorik serta meningkatkan ketahanan fisik sekaligus mental.

Bermain Catur

hobi yang meningkatkan kecerdasan

Catur merupakan salah satu cabang olahraga yang banyak mengandalkan kekuatan pikiran. Permainan catur melatih seseorang mendayagunakan pikirannya dalam memecahkan masalah. Jadi, jangan heran ya kalau hobi yang satu ini ampuh banget buat meningkatkan kecerdasan.

Olahraga

hobi yang meningkatkan kecerdasan

Olahraga tidak hanya membuat badan sehat, tetapi juga meningkatkan kerja otak. Saat berolahraga, tubuh akan dipenuhi oleh brain-derived neurotrophic factor. Senyawa protein ini sangat membantu memori, fokus, serta pemahaman seseorang.

Mengisi Teka-Teki Silang

hobi yang meningkatkan kecerdasan

Sebagian besar orang mungkin sudah mulai meninggalkan hobi ini. Mengisi teka-teki silang alias TTS memang sempat sangat populer di tahun 90-an. Nah, ternyata kegemaran ini sangat efektif meningkatkan kecerdasan berpikir seseorang loh. Tidak ada salahnya nih kita mencoba melakukannya di waktu senggang.

Berkebun

hobi yang meningkatkan kecerdasan

Di masa pandemi seperti sekarang, hobi berkebun mendadak merebak di mana-mana. Eits, jangan hanya sekadar mengikuti tren semata ya. Kegiatan berkebun juga punya manfaat merangsang daya pikir serta melatih empati seseorang. Boleh dilakukan sebagai pengisi waktu luang.

Memasak

hobi yang meningkatkan kecerdasan

Ladies, kegemaran memasak bukan hanya sekadar kegiatan memanjakan lidah dan selera. Seseorang yang suka memasak terlatih buat lebih terampil. Butuh kepekaan rasa dan pikiran dalam mengolah bahan-bahan makanan sederhana menjadi makanan enak. Wah, kita jadi makin semangat buat masak-masak di rumah nih!

Nah, apakah kegemaran Ladies termasuk dalam daftar di atas? Melakukan hobi bukan hanya sebagai pelepas stres, tetapi juga media untuk melatih kecerdasan berpikir kita.

Baca Juga:

Inilah 9 Manfaat Mengonsumsi Sari Kunyit untuk Kesehatan 

5 Jenis Diet Ini Ampuh Bikin Berat Badanmu Turun, Cobain Ya!

Pakai Cara Alami, Turun Berat Badan 2-4 Kilo dalam 1 Bulan!