Sering Dianggap Aneh, Ternyata Ini 9 Macam Bentuk Miss V

0
130

Penulis: Jessica | Editor: Agnes

Ladies, tiap wanita ternyata memiliki bentuk miss V yang berbeda-beda. Kondisi vagina yang beragam ini pun sebenarnya sangat normal. Baik itu dari segi warna, ukuran, bahkan hingga aroma.

Jadi, tidak perlu cemas jika kita mendapati miss V milik kita berbeda dari yang lain. Selama kita nyaman dan tidak pernah muncul rasa sakit, itu tandanya kondisi vagina kita baik-baik saja. Nah, berikut ini ada beberapa bentuk miss V yang perlu kita tahu, simak ya!

Anatomi Vagina

Dari segi anatomi, vagina memiliki tiga bagian penting dengan fungsi yang berbeda-beda. Bagian-bagian tersebut adalah bukaan (lubang) vagina, dinding vagina, dan selaput dara.

Bukaan atau lubang vagina berada di antara uretra dan anus yang menjadi tempat darah menstruasi keluar. Tidak hanya itu, area ini juga merupakan tempat penis melakukan penetrasi saat berhubungan intim. Ketika proses persalinan, jalan keluar bayi pun berada di bukaan vagina ini.

Sementara, dinding vagina bersifat elastis dengan banyak lapisan serat. Permukaan dinding ini akan otomatis meregang elastis saat bercinta. Terakhir ada selaput dara yang berbentuk tipis dan ada di lubang vagina. Bentuknya biasanya berupa setengah lingkaran.

Bentuk-Bentuk Miss V

Salah satu hal yang membuat bentuk miss V para wanita berbeda adalah bentuk labia alias bibir vagina. Karakteristik labia yang beragam inilah yang kemudian membuat miss V memiliki bentuk-bentuk sebagai berikut, Ladies.

1. Labia Minora Asimetris

Labia asimetris terbentuk saat labia pada bagian dalam jauh lebih tebal, panjang, dan besar. Meski terlihat tidak simetris, bentuk miss V ini masih sangat normal. Terlebih kebanyakan wanita juga memiliki bentuk vagina ini.

2. Labia Majora Melengkung

Pada bentuk ini labia berbentuk melengkung dan menyerupai tapal kuda tetapi terbalik. Wanita dengan vagina seperti ini memiliki labia minora yang terbuka.

3. Labia Minora Menonjol

Di sini labia minora memiliki ukuran lebih besar serta menonjol keluar dari labia majora. Alhasil, bentuk dari labia minora sendiri akan tampak lebih jelas dan terkesan “mengintip.”

4. Labia Majora Menonjol

Labia majora terlihat lebih menonjol, namun mengarah ke bawah. Kulit tampak lebih tebal sehingga kelihatan sedikit membengkak sekaligus agak longgar.

5. Labia Minora Panjang dan Menjuntai

Sekilas bentuk miss V ini hampir sama dengan labia minora menonjol. Hanya saja, bentuk ini lebih menjuntai hingga beberapa inchi. Wanita dengan bentuk vagina ini biasanya menyadari ada semacam kulit tambahan pada labia itu sendiri.

6. Labia Majora yang Panjang dan Menjuntai

Bentuk vagina ini dicirikan dengan kulit lebih tipis dan longgar serta menyerupai labia majora menonjol. Hal ini secara tidak langsung membuat labioa minora terlihat lebih terbuka.

7. Labia Kecil dan Terbuka

Labia majora berbentuk rata serta bersandar pada tulang kemaluan wanita. Pada bentuk ini, labia minora terlihat meski hanya sedikit.

8. Labia Kecil dan Tertutup

Bentuk miss V yang ini paling umum dimiliki oleh para wanita. Di sini labia minora tertutup sepenuhnya. Nah, bisa jadi vagina milikmu memiliki bentuk kecil dan terbuka seperti ini, Ladies.

9. Terlihat Bibir Dalamnya

Labia minora dan labia majora mempunyai ukuran yang sama. Oleh karena menggantung di lipatan terluar, bentuk dari labia minora tidak terlihat. Bentuknya baru akan tampak saat wanita duduk.

Faktor yang Memengaruhi Bentuk Vagina

Seiring bertambahnya usia wanita, bentuk dari miss V pun dapat berubah, Ladies. Beberapa faktor yang memengaruhinya antara lain perubahan hormon (terutama saat menstruasi), aktivitas bercinta, kehamilan, hingga kondisi pasca melahirkan.

Saat kita menua, dinding vagina tak lagi kuat seperti saat kita masih muda. Penurunan hormon estrogen saat sudah menopause juga membuat kondisi dinding vagina melemah. Alhasil, bentuk dari miss V pun dapat ikut berubah, Ladies.

Hal terpenting yang mesti kita ingat adalah senantiasa merawat kondisi vagina sebaik mungkin. Apa pun bentuk miss V kita, jaga selalu kesehatan dan kebersihannya ya!

Baca Juga:

Cara Mencegah Kehamilan Setelah Berhubungan Intim, Intip Yuk!

7 Rekomendasi Minuman Kolagen Terbaik, Dijamin Aman dan Sehat!

Buah Zuriat untuk Program Hamil, Berikut Cara Mengolahnya