Intip Indahnya 5 Rumah Adat Sumatera Utara Berikut Ini Yuk!

0
235

Penulis: Jessica | Editor: Agnes

Ladies, apa yang terbesit di benak ketika menyebut Sumatera Utara? Biasanya sih kita langsung ingat sama Danau Toba ya, salah satu tempat ikonik di sana. Namun, ternyata Sumatera Utara pun juga memiliki keunikan lain berupa rumah adat yang cantik loh.

Berhubung masih pandemi, tidak ada salahnya nih kita mencoba wisata virtual menikmati keindahan rumah adat Sumatera Utara. Karena terdiri atas berbagai suku, rumah adatnya juga beragam banget. Simak ya!

Rumah Adat Toba

Rumah Adat Sumatera Utara

Rumah adat Toba merupakan rumah adat yang dihuni oleh suku batak di sekitar Danau Toba. Rumah ini dapat dikunjungi di daerah Tapanuli Utara. Uniknya, masyarakat membangun rumah-rumah adat ini dengan sistem gotong royong.

Ciri khas dari rumah adat Toba adalah rumah berbentuk panggung lengkap dengan tiang pancang yang kokoh. Atapnya terbuat dari ijuk dengan dinding papan. Pada bagian depan biasanya dihiasi dengan kepala kerbau serta bagian belakang diberi ekor kerbau.

Rumah Adat Mandailing

Rumah adat Sumatera Utara selanjutnya ini terletak di tempat yang berbatasan langsung dengan provinsi Riau. Rumah adat Mandailing dapat ditemukan di kabupaten Mandailing Natal, sebagian kabupaten Pandang Lawas, dan kabupaten Tapanuli Selatan. Rumah adat ini juga dikenal dengan nama Bagas Godang.

Mandailing sendiri sangat menjaga kearifan lokal daerah sehingga sangat menarik minat para wisatawan. Wisata alam di sana juga indah dan amat memanjakan mata.

Rumah Adat Karo

Sesuai namanya, rumah adat ini banyak dijumpai di kabupaten Karo. Bentuknya mirip dengan rumah adat lain, yaitu menggunakan tiang sebagai penyangga bangunan utama. Para turis paling suka berkunjung ke Desa Budaya Lingga dan Desa Budaya Dokan untuk melihat rumah adat Karo.

Atap bangunan rumah ini berbentuk trapesium dan tutup atapnya berbentuk segitiga. Salah satu rumah adat di sini disebut dengan siwauh jabu. Artinya, rumah tersebut diisi oleh delapan keluarga.

Rumah Adat Nias

Nias merupakan nama suku yang berdiam di Kepulauan Nias. Tempat ini memang terkenal dengan destinasi wisata alam yang indah, terutama wisata baharinya. Namun, rumah adat Sumatera Utara di sini juga menarik dikunjungi loh.

Rumah adat Nias sendiri terbagi menjadi tiga, yaitu Nias Utara, Nias Selatan, dan Nias Barat. Bentuk ketiganya hampir mirip, yang membedakan adalah bentuk atapnya. Kalau lain kali berkunjung ke Nias, jangan lupa nikmati rumah adatnya juga ya!

Rumah Adat Simalungun

Rumah adat ini diberi nama rumah adat Bolon. Simalungun merupakan etnis yang tinggal di wilayah kabupaten Simalungun serta Kota Pematang Siantar. Ciri khas dari rumah adat Sumatera Utara yang satu ini ada pada bentuk atapnya.

Desain atap rumah Bolon berbentuk unik, yaitu limas. Sekilas atapnya mirip rumah adat Toba, tapi kalau dilihat lebih dekat ternyata berbeda loh

Itulah keunikan dari beragam rumah adat di Sumatera Utara. Semoga kelestarian dari rumah adat di atas dapat terjaga terus ya!

Baca Juga:

Wajib Tahu! Ini Syarat dan Persiapan Pernikahan di Rumah

Ketahui Keunikan dan Makna Filosofi Rumah Adat Bengkulu