Keindahan Rumah Adat Padang yang Penuh Makna Filosofis

0
335

Penulis: Jessica | Editor: Agnes

Indonesia punya deretan rumah adat unik, salah satunya yang dimiliki kota Padang, Sumatera Barat. Tentu kita sudah cukup familier dengan rumah gadang ini ya. Bentuk atapnya saja unik, apalagi dengan isinya.

Biar lebih mengenal akan ragam budaya Indonesia, kita intip dulu yuk keunikan rumah adat Padang berikut ini. Siapa tahu makna setelah ini kita ada kesempatan berkunjung ke sana. Simak ya!

1. Bentuk Atap Khas

Bentuk atap melengkung pada rumah adat Padang ternyata bukan cuma unik. Ada makna tersendiri di balik bentuk tersebut loh. Atap rumah gadang melambangkan sebuah harapan warga Minangkabau yang hanya ditujukan satu-satunya pada Tuhan.

Atap melengkung ini dibuat dengan tiga lapis dari bahan ijuk. Bahan ini dulu dipakai karena banyak ditemukan di sekitar daerah Sumatera Barat. Seiring berkembangnya zaman, atap rumah gadang kemudian lebih banyak dibuat dari seng dengan tetap mempertahankan bentuk melengkungnya.

2. Ditopang Pilar Kokoh

Pilar kokoh berwarna-warni dari rumah adat Padang juga menarik nih. Kelima pilar kokoh yang disusun berbaris membagi rumah menjadi empat lanjar alias ruang yang memanjang. Masing-masing lanjar memiliki fungsi tersendiri loh.

Lanjang paling belakang biasa dipakai untuk kamar tidur. Sementara, tiga lanjar sisanya dipergunakan sebagai ruang bersama. Entah itu tempat menerima tamu ataupun berkumpul bersama keluarga besar. Orang-orang menyebut ruang kumpul bersama ini sebagai labuan gajah.

3. Bangunan Kuat dan Tahan Gempa

Tiang-tiang penyangga rumah adat Padang ini berasal dari pohon Juha yang terkenal kokoh dan kuat. Inilah yang juga membuat rumah gadang terbilang sebagai rumah anti gempa. Apalagi daerah Sumatera Barat sendiri memang termasuk area rentan terkena guncangan bumi.

Pilar utama yang menyokong rumah gadang ditopang oleh batu sandi. Batu ini menjadi penghalang agar pilar tidak langsung menyentuh ke tanah. Alhasil, guncangan yang mungkin muncul tidak akan langsung berpengaruh pada bangunan.

4. Berbentuk Panggung yang Unik

Sekilas rumah gadang punya bentuk panggung yang mirip dengan rumah adat lain di Indonesia. Tapi, tetap saja ada keunikan tersendiri loh. Kita tidak akan menemukan ruang terbuka di bagian bawah rumah karena memang biasanya tertutup.

Sebenarnya tidak ada keharusan menutup bagian bawah rumah panggung. Semua cukup disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing keluarga. Hanya saja, kebanyakan warga di sana memilih menutup ruang di bawah panggung tersebut. 

5. Rumah Anti Rayap

Bukan hanya tahan gempa, rumah adat Padang juga anti rayap. Kayu dari pohon juha tidak langsung digunakan membangun rumah. Kayu tersebut terlebih dulu direndam dengan bahan tertentu selama beberapa tahun. Wow, lama juga ya!

Ternyata rayap tidak menyukai kayu yang sudah direndam bertahun-tahun tersebut. Tidak heran jika akhirnya rumah gadang tetap awet dan tidak rusak meski sudah berdiri lama. Siapa sangka rumah adat dengan desain mewah ini juga tahan terhadap serangan rayap.

Ternyata menarik juga ya belajar tentang rumah adat Padang. Bukan hanya cantik, rumah ini bahkan tahan gempa dan terkesan jauh lebih kokoh dari rumah modern masa kini.

Baca Juga:

Ini Filosofi dan Denah Rumah Adat Nusa Tenggara Barat

Tampak Eksotik, Ini 3 Keindahan Rumah Adat Maluku

Intip Fakta dan Filosofi Rumah Adat Lampung Nuwo Sesat