Unik Banget! Mari Mengenal Rumah Adat Betawi Jakarta

0
195

Penulis: Marcia | Editor: Agnes

Siapa yang pernah ke Setu Babakan? Nah, di sana ada banyak rumah adat Betawi dengan desain yang cukup beragam. Ada 3 tipe rumah adat Betawi, yaitu Rumah Kebaya atau Bapang, Rumah Gudang, dan Rumah Joglo. Rumah adat ini tentunya merupakan hasil akulturasi dari beragam budaya.

Setiap jenis rumah adat Betawi memiliki makna filosofinya tersendiri sesuai dengan fungsinya. Penasaran, Ladies? Yuk simak ulasan 3 tipe rumah tradisional Betawi berikut ini!         

1. Rumah Kebaya atau Bapang

Rumah Adat Betawi

Rumah ini dinamakan Rumah Kebaya karena bentuk atapnya yang mirip pelana dilipat. Jika dilihat dari samping, lipatan tersebut akan mirip dengan lipatan kebaya. 

Rumah kebaya memiliki teras luas untuk menerima tamu dan tempat bersantai. Karena agak luas, rumah kebaya biasanya dipisah menjadi dua bagian, yakni semi-publik untuk area depan, dan ruang privasi di area belakang khusus keluarga. 

Rumah kebaya yang autentik biasanya akan memiliki sumur di halaman depan dan makam keluarga di samping rumah.

2. Rumah Gudang

Rumah Adat Betawi

Rumah gudang umumnya berbentuk segi empat dan memanjang dari depan ke belakang. Bentuk atapnya sangat unik, yaitu berbentuk pelana atau perisai yang tersusun dari rangka kuda-kuda. Bagian depan rumah biasanya diberi atap miring untuk menahan sinar matahari dan air hujan.

Tipe rumah gudang biasanya memiliki ruang depan, ruang tengah, dan ruang belakang. Di ruang tengah, orang-orang Betawi mengisi rumah mereka dengan ruang tidur, ruang makan dan ruang penyimpanan padi.  Kamar tidur paling depan diisi oleh anak perempuan sedangkan anak laki-laki tidur di serambi depan. 

3. Rumah Joglo

Rumah Adat Betawi

Rumah Joglo Betawi biasanya berbentuk denah bujung sangkar. Karena Jakarta adalah tempat akulturasi banyak daerah, nama rumah Joglo tentunya dipengaruhi langsung dari arsitektur Jawa Tengah. Namun bedanya, tiang-tiang penopang atap dan bentuk atap rumah Joglo Betawi tak begitu kentara seperti Rumah Joglo Jawa Tengah. Pintu masuk ada di samping rumah.

Di dalamnya terdapat ruang depan untuk menjamu tamu, ruang tengah untuk keluarga, dan ruang belakang untuk dapur dan kamar mandi. Rumah Joglo Betawi biasanya dihuni oleh keluarga ternama dan juragan-juragan Betawi di wilayah perkotaan. 

Dalam membangun rumah, orang Betawi memiliki larangan dan aturan yang dipercaya akan mendapatkan keselamatan. Salah satunya, tidak boleh menggunakan kayu nangka untuk kusen pintu karena menyebabkan penyakit. Akan lebih baik menggunakan kayu cempaka yang harum agar penghuni rumah selalu disukai tetangga. 

Itulah penjelasan filosofis dan keunikan rumah adat Betawi. Sayangnya, saat ini rumah Betawi sudah jarang ditemukan. Jika Ladies berkeinginan punya rumah, memiliki desain eksterior dan interior ala rumah adat Betawi pastinya jadi ide yang menarik!

Baca Juga:

6 Fakta dan Mitos Kejatuhan Cicak, Benarkah Bikin Sial?

Yuk Kenali 7 Nama dan Keunikan Rumah Adat Jawa Timur!

8 Aplikasi Desain Rumah Android yang Wajib Kamu Coba