Pistanthrophobia: Susah Percaya Sama Pasangan? Jangan-Jangan Kamu Menderita Ini

0
4

Penulis: Radistya | Editor: Agnes

Apakah kamu tipe orang yang sulit percaya dengan orang lain, termasuk pasangan? Istilah yang dikenal sebagai trust issue ini merupakan suatu fobia lho, Ladies.

Dalam dunia psikologis, rasa sulit percaya dengan orang lain disebut sebagai pistanthrophobia. Lantas, apa saja penyebab dan ciri-ciri pistanthrophobia?

Untuk penjelasan lebih lengkap, simak artikel ini sampai habis supaya kamu dapat informasi bermanfaat. So, keep scrolling, Ladies.

Baca Juga: 7 Merek Pasta Gigi Terbaik untuk Jaga Gigi Tetap Sehat dan Bersih!

Pengertian Pistanthrophobia

Pistanthrophobia-adalah

Berdasarkan salah satu artikel kesehatan, pistanthrophobia adalah jenis fobia yang membuat seseorang memiliki ketakutan dan kesulitan dalam memercayai orang lain, terutama dalam hubungan romantis.

Penderita pistanthrophobia merasa takut tersakiti dalam hubungan tersebut, Ladies. Biasanya, rasa takut ini muncul karena perasaan kecewa yang berasal dari pengalaman atau hubungan romantis di masa lalu.

Orang yang menderita pistanthrophobia sulit menjalani hubungan dengan orang baru. Bahkan, penderita tersebut biasanya menghindari jalinan hubungan romantis dengan siapapun, Ladies.

Penyebab Pistanthrophobia

Pistanthrophobia-adalah

Mengutip dari Dr. Gail Saltz, dalam laman Healthline, penderita pistanthrophobia biasanya memiliki pengalaman percintaan yang sangat buruk, seperti berada dalam keadaan disakiti, dikhianati, atau bahkan dibuang. 

Pengalaman buruk tersebut yang membuat mereka trauma dan hidup dalam sebuah teror bahwa percintaan akan berakhir sama. Oleh karena itu, penderita pistanthrophobia cenderung menghindari hubungan asmara karena tidak bisa mempercayai orang lain.

Namun, tidak semua pengidap penyakit ini disebabkan oleh percintaan ya, Ladies. Ada faktor lain yang menyebabkan mereka merasa takut tersakiti, misalnya rasa cemas yang berlebihan. 

Baca Juga: 5 Tips Jitu Cara Memakai Serum Agar Wajah Cerah dan Glowing

Ciri-Ciri Pistanthrophobia

Pistanthrophobia-adalah

Untuk mengetahui pistanthrophobia lebih lanjut, kamu bisa mempelajari ciri-cirinya. Adapun ciri-ciri pistanthrobia yaitu:

  1. Memiliki kecenderungan untuk menghindari dari hubungan romantis dengan siapapun karena memiliki ketakutan akan disakiti oleh orang lagi.
  2. Menolak kehadiran orang manapun yang mempunyai potensi menjadi hubungan percintaan.
  3. Membutuhkan banyak waktu atau waktu yang lama dalam mempercayai orang lain.
  4. Diselimuti ketakutan yang berlebihan bahwa setiap orang di sekitarnya akan membohongi mereka setiap saat.
  5. Tidak memiliki keinginan untuk mengenal orang baru.
  6. Memiliki dorongan sangat kuat untuk menghindari dari pemicu/peristiwa/porang/topik yang berhubungan dengan asmara atau hubungan percintaan.
  7. Mengalami kecemasan ketika membicarakan atau membahas topik hubungan percintaan/asmara.
  8. Panik dan memiliki ketakutan yang berlebihan.

Itulah penjelasan tentang pistanthrophobia yang jarang diketahui banyak orang. Kamu pasti bertanya-tanya cara membedakan  pistanthrophobia dengan rasa takut biasa kan? Nah, sebaiknya kamu berkonsultasi dengan psikolog langsung ya, Ladies.

Artikel Terkait:

6 Penyebab Rambut Rontok Parah, Diet Terlalu Ketat Juga Termasuk Loh!

Dianggap Berbahaya, Ternyata Ini 5 Manfaat Pohon Pule bagi Kesehatan

Ladies Wajib Tahu, Ini 5 Manfaat Olahraga Lari buat Kesehatan Tubuh

6 Manfaat Jagung Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui Banyak Orang