Bikin Kangen! Ini 7 Permainan Tradisional Indonesia

0
250

Penulis: Jessica | Editor: Agnes

Jauh sebelum ada gadget, aneka permainan tradisional jadi hiburan bagi anak-anak. Kebersamaan bersama teman kian terasa lewat beragam permainan yang ada. Maklum permainan tradisional Indonesia kala itu bukan hanya seru, tapi ada juga yang melatih kekompakan.

Ladies, kangen enggak sih sama masa kecil zaman dulu? Berikut ini ada deretan permainan tradisional Indonesia yang bikin kita nostalgia masa kanak-kanak.

Engklek

Permainan tradisional Indonesia yang ini biasanya amat familiar di pedesaan. Bahkan, masing-masing daerah punya sebutan tersendiri buat engklek ini. Bagi orang Sunda, engklek lebih dikenal dengan nama sondah.

Media buat bermain engklek sederhana sekali, yaitu cukup menggambar delapan kotak di jalan dengan kapur. Siapkan batu sebagai penanda dalam kotak bahwa kotak tersebut tidak boleh dilompati. Para pemain tinggal melompat dengan satu kaki di kotak-kotak yang ada.

Lompat Tali

Lompat tali merupakan salah satu permainan seru yang membutuhkan kejelian sekaligus ketangkasan. Media yang dipakai biasanya berupa untaian karet gelang warna-warni yang dirangkai hingga panjang. Cara bermainnya pun beragam, bisa diputar atau pun hanya melompat biasa.

Dalam metode melompat, pemain cukup melompati tali dengan berbagai variasi ketinggian, mulai dari rendah hingga tinggi. Untuk konsep berputar, pemain butuh melompati tali saat diputar tanpa boleh menyentuh tali tersebut.

Kelereng

Nah, kalau permainan tradisional Indonesia ini paling banyak disukai anak laki-laki. Zaman sekarang rasanya sudah sangat jarang menemukan anak-anak bermain kelereng. Padahal, permainannya mudah dan seru loh.

Permainan kelereng lebih asyik jika dilakukan bersama banyak teman. Pemain cukup menyentil kelereng yang dimiliki dengan target kelereng lawan. Apabila kelereng lawan berhasil tersentil, maka kelereng tersebut menjadi miliknya. 

Petak Umpet 

Permainan tradisional Indonesia ini sudah pasti pernah dimainkan semua anak. Bahkan, petak umpet pun masih jadi favorit anak-anak hingga sekarang. Keseruan bermain ini bisa membuat anak-anak lupa waktu juga loh.

Satu orang penjaga bertugas mencari teman-teman lainnya yang bersembunyi. Saat penjaga berkeliling mencari, pemain yang bersembunyi harus lekas ke tempat penjaga dan berteriak. Siapa yang paling cepat itulah pemenangnya.

Bentengan

Selain kelereng, anak laki-laki juga gemar bermain bentengan. Permainan memang cukup unik dan secara tidak langsung melatih berpikir menentukan strategi. Tidak heran kalau bentengan cocok banget buat anak laki-laki ya.

Semua pemain wajib menjaga benteng beserta seluruh anak buah agar tidak diserbu musuh. Musuh sendiri akan melakukan banyak cara agar benteng kurang penjagaan. Trik yang paling sering digunakan sih membuat keributan dan cari kesempatan menculik anak buah.

Congklak

Permainan tradisional Indonesia yang ini lebih sering dimainkan anak perempuan. Tapi, tidak menutup kemungkinan sebagian laki-laki pun menyukainya. Congklak dimainkan oleh dua orang saja yang akan saling adu keterampilan berpikir sekaligus menghitung.

Papan congklak memiliki 16 lubang dengan total biji congklak sebanyak 98 buah. Pemain akan mengisi lubang dengan biji dari kiri ke kanan. Lakukan hingga biji habis dan pemenangnya adalah dia yang memiliki biji paling banyak.

Bola Bekel

Kalau anak laki-laki punya permainan kelereng, maka anak perempuan menyukai bola bekel. Permainan ini mengandalkan kecakapan sekaligus kecepatan dalam bermain bekel. Semakin tinggi level, maka semakin sulit pula permainannya.

Awalnya hanya mengambil satu per satu bekel. Lama-kelamaan, pemain diharuskan mengambil enam buah bekel sekaligus. Kalau ada yang terlewat, maka dia kalah dan tidak bisa melanjutkan bermain.

Jadi, permainan tradisional Indonesia mana yang dulu paling sering kita mainkan? Senang juga ya bisa bernostalgia masa kecil begini!

Baca Juga:

8 Rekomendasi Anime Movie Terbaik Untuk Menemani Liburanmu!

Wajib Tahu! Begini Cara Membuka dan Download WhatsApp di Laptop

Ingin Alis Tebal Natural? Cara Cepat Menumbuhkan Alis dengan Bahan Alami