Sering Dianggap Sama, Ternyata Ini Bedanya Tunangan dengan Lamaran

0
292

Penulis: Adriana | Editor: Agnes

Bagi pasangan yang sudah mantap menuju jenjang yang lebih serius, biasanya akan melakukan lamaran atau tunangan. Namun apakah Ladies tahu, nyatanya tunangan dan lamaran memiliki makna yang berbeda. 

Tidak sedikit pasangan yang melakukan salah satunya saja karena berpikir bahwa itu tahap yang sama. Padahal, ada perbedaan diantara keduanya walaupun terbilang sangat samar-samar.

Oleh karena itu, agar tidak bingung, ada baiknya Ladies membaca artikel di bawah ini untuk mengetahui perbedaan tunangan dan lamaran. Dengan begitu, persiapan Ladies dan pasangan akan semakin lancar. Yuk langsung saja baca di bawah ini ya! 

Arti Lamaran dan Tunangan Secara Harfiah 

perbedaan lamaran dan tunangan

Menurut KBBI, lamaran memiliki arti meminta atau meminang wanita untuk menjadi istri. Dalam hal ini, lamaran bisa dilakukan untuk diri sendiri maupun bagi orang lain, misal kerabat terdekat. 

Sedangkan untuk tunangan sendiri memiliki arti bersepakat atau berkomitmen untuk menjadi pasangan suami istri. Biasanya tunangan dilakukan di depan orang banyak. Umumnya pria akan memberikan cincin pada pasangan wanitanya. 

Perbedaan Lamaran dan Tunangan 

perbedaan lamaran dan tunangan

Meskipun terkesan mirip, nyatanya lamaran dan tunangan memiliki arti yang berbeda jika ditelusuri lebih lanjut. 

Di Indonesia proses lamaran biasanya dilakukan oleh keluarga pria dengan cara mendatangi rumah sang calon istri sambil membawa cincin dan seserahan. Cincin dan seserahan tersebut merupakan simbol yang menandai bahwa sang pria bisa memberikan kehidupan yang layak bagi pasangan wanitanya. Semakin mahal nilai seserahannya menunjukkan tingkat kemapanan sang pria. 

Saat lamaran biasanya dilakukan sesuai dengan adat istiadat tertentu yang dianut oleh keluarga calon mempelai. Jika sudah melamar dan meminta restu, keputusan diterima atau tidaknya ada di tangan sang calon mempelai wanita berikut keluarganya. Jadi tidak heran kalau lamaran bisa saja ditolak ya, Ladies

Beda halnya dengan tunangan. Pada saat bertunangan, itu berarti kedua calon mempelai berkomitmen akan menjadi pasangan suami istri di depan banyak orang. Biasanya pada saat acara tunangan akan dilakukan proses penyematan cincin oleh sang calon suami kepada si calon istri. Untuk tunangan bisa dibilang lebih terkesan intim karena melibatkan komitmen dari kedua pihak calon pengantin. 

Meskipun begitu, masih banyak perdebatan tentang apa yang lebih intim dan mana yang lebih santai saat membicarakan lamaran dan tunangan. Beberapa sumber menyatakan kalau tunangan dahulu baru lamaran, ada juga yang berkata sebaliknya. 

Namun yang pasti intinya lamaran dan tunangan merupakan proses saat pasangan kekasih memutuskan untuk berkomitmen menjadi pasangan suami istri. Tidak lupa dengan menyertakan cincin sebagai tanda kalau mereka sudah memiliki satu sama lain. 

Nah, itu dia perbedaan lamaran dan tunangan yang sudah dirangkum oleh Ladies Corner. Jadi, Ladies masih bingung tidak? Kalau sudah tahu artinya, tentu persiapan Ladies dan pasangan akan semakin matang.

Baca Juga:

Kumpulan Doa Islam untuk Pengantin Baru Agar Rumah Tangga Awet

Cek Keserasian Kamu dan Pasangan Lewat Weton, Yuk!

Ucapan Anniversary agar Si Doi Makin Sayang