Yuk Cari Tau Perbedaan Purging dan Breakout Wajah

0
163

Penulis: Rina | Editor: Agnes

Pernahkah Ladies mencoba sebuah produk kosmetik atau skincare lalu menimbulkan jerawat setelahnya? Jika iya, reaksi tersebut bisa menandakan dua hal nih Ladies, purging atau breakout. Buat para beauty enthusiast, kedua istilah tersebut sudah familiar

Nah, buat Ladies yang newbie, artikel ini dijamin bisa membantu kamu! Purging maupun breakout sama-sama ditandai dengan munculnya jerawat, namun dengan ciri-ciri yang berbeda. Untuk itu, simak artikel ini sampai habis ya, Ladies. So, keep scrolling! 

Let’s Talk about Purging

Secara ilmiah, purging merupakan proses penyesuaian kulit setelah pengaplikasian sebuah produk kosmetik atau skincare di wajah. Nah cara kerjanya adalah mengangkat sel-sel kulit mati. Sel kulit mati yang terangkat ini secara alami digantikan oleh sel kulit baru.

Sayangnya, sebelum sel kulit baru ini tumbuh, minyak wajah (sebum) telah lebih dahulu menempati posisi tersebut. Akibatnya pori-pori jadi tersumbat, kotoran mudah menempel daj jadi sarang bakteri sehingga timbulah jerawat.

Penyebab terjadinya purging itu beragam Ladies. Salah satu bahan aktif yang sering menimbulkan purging adalah retinoid. Enggak hanya itu sih, bahan aktif seperti asam glikolat atau asam salisilat juga bisa jadi penyebab purging.

Move to Breakout

Breakout merupakan kondisi saat kulit mengalami jerawat atau iritasi yang disebabkan oleh berbagai hal. Biasanya ditandai dengan munculnya banyak jerawat meradang pada wajah.

Kulit wajah Ladies mengalami kontradiksi terhadap zat tertentu yang terkandung dalam sebuah produk. Contohnya, setelah Ladies mencoba skincare yang mengandung zat yang tidak cocok dengan kulit wajahmu. 

Selain itu, stress dan perubahan hormon juga dapat memicu breakout Ladies. Jenis jerawat saat breakout juga beragam mulai dari jerawat papula, komedo, hingga hormonal. 

Apa Perbedaan Purging dan Breakout?

Jerawat akibat breakout biasanya tumbuh dengan ukuran besar disertai pengelupasan pada kulit. Jerawat ini muncul di bagian wajah yang sebelumnya jarang tumbuh jerawat. Kondisi ini menandakan bahwa kulit kamu tidak cocok menggunakan produk yang baru saja kamu coba. Jika lebih dari 1 bulan jerawat tidak kunjung hilang, it means you got breakout!

Sementara itu, purging muncul di bagian wajah yang sering timbul jerawat. Jerawat purging lebih cepat sembuh dibandingkan breakout yang membutuhkan waktu hingga 10 hari atau lebih.

Cara Mengatasi Purging atau Breakout

Agar proses purging lebih cepat sembuh, sebaiknya gunakan produk skincare secara bertahap. Aplikasikan skincare sedikit demi sedikit pada wajah. Tujaunnya agar kulit kamu dapat beradaptasi dahulu dengan kandungan produk tersebut.

Sementara itu, langkah pertama untuk memgobati breakout adalah untuk berhenti menggunakan produk yang baru saja kamu gunakan. Hal ini menunjukkan bahwa kamu tidak cocok dengan kandungan dalam produk skincare tersebut.

Cobalah untuk berhenti secara bertahap agar kulit beradaptasi. Jika sebelumnya kamu pakai setiap hari, coba deh pakai jadi tiga kali seminggu.

Selain itu, gunakanlah sunscreen dan moisturizer yang sesuai dengan masalah kulitmu. Jika jerawat semakin parah, padahal sudah berhenti memakai produk tersebut, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter kulit ya, Ladies.

Itulah perbedaan purging dan breakout yang wajib kamu tahu. It’s a little bit tricky right? But, yuk coba kenali lebih jauh sifat kulit wajahmu.

Baca Juga:

5 Rekomendasi Skincare untuk Kulit Sensitif dan Urutan Pemakaiannya

Kulit Kusam dan Berjerawat? Simak 8 Skincare untuk Remaja!

Ini 10 Perempuan Paling Cantik di Dunia, Ada Lisa Blackpink