Fragrance 101: Kenali 5 Perbedaan Parfum dan Eau De Toilette

0
164

Penulis: Ester | Editor: Agnes

Ladies, percaya enggak kalau wangi parfum bisa menjadi mewakili karakter seseorang? Kalau Ladies sendiri tipikal yang suka pakai parfum yang wanginya musk, oceanic air, gourmand, floral, atau fruity? Atau Ladies malah lebih sering pakai eau de toilette daripada parfum?

For your information, parfum dan eau de toilette itu sekilas terlihat serupa tapi sebenarnya punya beberapa perbedaan. Berikut Ladies Corner telah merangkum perbedaannya. Check this out!

1. Parfum vs Eau De Toilette, Mana yang Lebih Kuat Aromanya?

Jika kita bandingan berdasarkan aroma, manakah yang lebih kuat? Apakah parfum atau eau de toilette? Nah, sebelumnya Ladies harus tahu mengenai konsentrat dalam kedua produk ini.

Pada parfum, konsentrat wewangiannya cenderung tinggi, yaitu sekitar 20%-40% essential oil sehingga aromanya lebih kuat dan bertahan lama di kulit. Sementara itu, konsentrat wewangian dalam eau de toilette lebih rendah dibandingkan parfum. Untuk Ladies yang sering beraktivitas di luar ruangan dan ingin tetap wangi seharian saat bertemu banyak orang akan lebih cocok menggunakan parfum.

2. Eau De Toilette Konsentrat Wanginya Lebih Ringan

Oleh karena konsentratnya lebih ringan, sekitar 4%- 10%, membuat wangi eau de toilette tidak bertahan lama, yaitu sekitar 3-4 jam saja. Sedangkan parfum memiliki daya tahan yang lebih lama, 8-24 jam, tergantung merek dan jenis yang kamu pilih.

Menariknya, eau de toilette lebih cocok digunakan untuk kamu yang memiliki kulit sensitig. Ini karena kandungan konsentratnya yang lebih ringan dibandingkan parfum. Jadi jika terkenakulit, eau de toilette tidak menimbulkan iritasi.

3. Eau De Toilette Praktis Dibawa Bepergian

Banyak wanita membawa wewangian di dalam tasnya. Saat bepergian, lebih baik Ladies pilih eau de toilette karena memiliki wadah yang kecil sehingga mudah disimpan di dalam mini sling bag-mu. For your information, Ladies, istilah eau de toilette ini berasal dari bahasa Prancis “faire sa toilette” yang berarti bersiap-siap, loh!

4. Bicara Tentang Harga, Lebih Murah Mana?

Berapa budget-mu untuk membeli wewangian? Apakah Ladies cari yang harganya murah dan cukup worth it? Ladies bisa pilih eau de toilette!

Meskipun memiliki wangi yang kurang tahan lama, eau de toilette memiliki variasi dan harga yang cenderung lebih murah dibandingkan parfum. So, choose your favorite eau de toilette scent!

5. Botol Parfum dan Eau De Toilette 

Bicara soal kemasan, eau de toilette biasanya dikemas dalam botol spray dengan ukuran kecil, sehingga praktis dibawa traveling. Pemakaian eau de toilette juga sangat mudah, loh. Cukup semprotkan ke seluruh bagian tubuh atau di titik-titik denyut nadi.

Sementara itu, parfum memiliki jenis ukuran yang lebih bervariasi dibanding eau de toilette tergantung merek dan jenis yang kamu pilih. Kalau kamu ingi wangi tahan lama, selama traveling, rapat, kerja, atau pesta bisa banget pakai parfum. Apalagi desain parfum biasanya dikemas dalam botol yang elegan.

Itulah perbedaan parfum dan eau de toilette yang perlu Ladies tahu. Pastikan wewangian yang favoritmu selalu ada di dalam tas agar bisa tampil percaya diri di setiap kesempatan.

Baca Juga:

7 Parfum Pria Ini Buat Badan Wangi Seharian

Ingin Wangi Seharian? Berikut 7 Parfum Wanita Terbaik dan Tahan Lama

Sedang Kasmaran? Coba Dengar 10 Rekomendasi Lagu Jatuh Cinta Ini!