Ternyata Begini 15 Perbedaan Korea Utara dengan Korea Selatan

0
205

Penulis: Aufia | Editor: Agnes

Siapa tak kenal Korea Utara dan Korea Selatan? Kedua negara yang sama-sama berada di Semenanjung Korea tersebut ternyata memiliki perbedaan bagai bumi dan langit loh.

Korea Selatan dikenal sebagai negara pusat mode dunia dengan industri hiburan dan pariwisata yang digandrungi masyarakat dunia. Sementara Korea Utara lebih tertutup dan masih memegang nilai-nilai tradisi.

Ladies ingin kenal lebih jauh dengan kedua negara tersebut? Simak artikel tentang perbedaan Korea Utara dan Korea Selatan yang Ladies Corner rangkum dari berbagai sumber berikut! Jangan sampai ada yang terlewat ya!

1. Suasana Jalan

Suasana jalan di Korea Utara lebih lenggang karena kepemilikan mobil dibatasi. Sedangkan jalan-jalan di Korea Selatan tampak lebih dinamis dan hidup. Dengan kendaraan yang lalu-lalang dan gedung pencakar langit di tepi jalan.

2. Pengaturan Lalu Lintas 

Masih tentang jalanan di kedua negara tersebut. jalan-jalan di Korea Selatan sudah dilengkapi lampu lalu lintas untuk mengatur aktivitas jalanan. Lain halnya dengan Korea Utara, meskipun di beberapa ruas jalannya ada lampu lalu-lintas, namun jumlahnya sangat sedikit. Tugas untuk mengatur lalu-lintasnya digantikan oleh polisi.

3. Tempat Parkir

Selain jalanan yang tampak sepi, tempat parkir di Korea Utara juga terlihat lenggang loh Ladies. Berbeda dengan tempat parkir di Korea Selatan yang dipenuhi mobil pribadi hingga bus pariwisata. Beda 180 derajat kan?

4. Fashion Anak Muda

Dikenal sebagai salah satu pusat mode dunia maka tidak mengherankan jika kawula muda di Korea Selatan memiliki gaya berpakaian yang lebih modis, fashionable, dan kekinian. Kalau di Korea Utara, anak-anak muda mengenakan pakaian yang sudah diatur. Misal perempuan dilarang menggunakan jeans.

5. Brand Internasional

Tentu Ladies tidak asing dengan Hyundai, LG dan Samsung? Yap, Korea Selatan memang menjadi produsen penting dunia, maka banyak brand global yang berasal dari negara tersebut. Sementara, Korea Utara belum memiliki brand global karena masalah embargo ekonomi negara dan sistem perekonomiannya yang kaku.

6. Universitas di Masing-Masing Negara

Suasana kampus di Korea Utara cenderung kaku dan formal. Kalau di Korea Selatan kampus-kampus di desain dengan desain kekinian. Jadi suasananya terasa lebih santai.

7. Seragam Kuliah

Mahasiswa di Korea Utara juga menggunakan seragam dengan warna senada yaitu abu-abu dan hitam. Sedangkan mahasiswa di Korea Selatan tidak berseragam. Mereka bebas memilih outfitnya masing-masing.

8. Seragam Pekerja Pabrik

Pekerja pabrik di Korea Utara juga berseragam formal dan rapi. Berbeda dengan para pekerja pabrik di Korea Selatan. Mereka tampil lebih casual dengan baju yang nyaman dipakai.

9. Seragam Instruktur Penembak

Tak hanya mahasiswa dan pekerja pabrik, instruktur menembak di Korea utara juga mengenakan seragam formal nan rapi. Sementara kalau di Korea Selatan, instruktur tembak tampil lebih santai tanpa seragam. Beda banget kan Ladies?

10. Nahkoda Speedboat

Nahkoda speedboat di Korea Utara juga diwajibkan berseragam formal. Meskipun kapal tersebut hanya digunakan untuk keperluan wisata. Sedangkan di Korea Selatan, nahkoda kapal wisatanya tidak berseragam yang penting menerapkan safety procedure dengan memakai jaket lifeguard.

11. Seragam Militer

Berbicara mengenai seragam, ini dia perbedaan seragam anggota militer penjaga perbatasan Korea Utara dengan Korea Selatan (Korean Demilitarized Zone). Militer Korea Utara berseragam coklat lengan panjang dan menggunakan topi formal. Militer Korea Selatan menggunakan seragam abu-abu lengan pendek dengan topi bergaya snapback.

12. Kawasan Pedesaan

Pedesaan di kawasan Korea Utara didominasi dengan perbukitan berwarna coklat atau perkebunan ginseng. Lain halnya dengan Korea Selatan yang pedesaanya dipenuhi tanaman berwarna hijau.

13. Troli Belanja

Berbeda dengan troli di supermarket Korea Utara yang terbuat dari logam, kalau di Korea Selatan troli supermarket dibuat dari plastik. Tampilan troli di Korea Selatan pun juga terlihat lebih modern.

14. Pekerja SPBU

Perbedaan berikutnya ini mengenai petugas SPBU. Di Korea Utara pegawainya didominasi orang tua, kalau di Korea Selatan, anak muda boleh bekerja part time sebagai petugas SPBU.

15. Sewa Apartemen

Korea Utara memiliki sistem untuk pasangan yang telah menikah loh! Mereka tidak perlu membayar sewa apartemen. Enak kan? Sementara di Korea Selatan yang didominasi gedung pencakar langit, sewa apartemen dibandrol dengan harga fantastis.

Itu dia Ladies perbedaan antara Korea Utara dan Korea Selatan. Mana nih perbedaan yang baru kamu ketahui?

Baca Juga:

Mau Traveling? Inilah 10 Destinasi Wisata Indonesia Seindah Bali

Piknik ke 11 Tempat Wisata Bandung yang Ramai dan Kece Ini!

Sangat Indah, Yuk Pergi ke 10 Tempat Wisata Religi