Wajib Tahu Nih, Ini Bedanya Junk Food dan Fast Food

0
143

Penulis: Jessica | Editor: Agnes

Selama ini kita sering menyamakan fast food sebagai junk food. Keduanya dinilai minim gizi sekaligus berbahaya jika dikonsumsi berlebihan. Ternyata ada perbedaan mendasar di antara fast food dan junk food loh!

Biar lebih paham, simak yuk ulasan tentang fast food dan junk food berikut ini. Perbedaan keduanya dapat mengubah persepsi kita sekaligus lebih bijak dalam mengonsumsi makanan.

Pengertian Fast Food dan Junk Food

Junk Food dan Fast Food

Dari definisinya, fast food merujuk pada makanan cepat saji. Maksudnya adalah sebuah makanan dipersiapkan dalam waktu lebih singkat dibandingkan makanan kebanyakan. Cirinya adalah memakai bahan-bahan instan agar tidak memakan waktu lama.

Sementara junk food lebih condong pada makanan dengan kandungan gizi yang kurang. Di dalam makanan tersebut cenderung terlalu banyak gula, garam, lemak, dan tinggi kalori yang tidak baik untuk tubuh. Maka, jangan heran jika kemudian junk food ini dikenal juga sebagai “makanan sampah.”

Cara Pengolahan

Junk Food dan Fast Food

Ciri identik dari fast food jelas terlihat dari cara mengolah makanan. Pengolahan fast food membutuhkan waktu singkat, sekitar 15 menit saja. Tampilan makanan dari fast food cenderung menarik dan meningkatkan nafsu makan, misalnya burger, pizza, sandwich, dan lain-lain.

Sementara, junk food butuh waktu lebih lama dalam memproses makanan. Contoh paling dekat dengan kita adalah bakwan goreng. Proses memasaknya tidak secepat fast food dan di dalamnya terkandung banyak kalori serta lemak tak baik bagi tubuh.

Fast Food Masih Memungkinkan Punya Nutrisi

Junk Food dan Fast Food

Selama ini fast food dianggap sebagai makanan tidak sehat. Hal ini memang benar, tetapi tidak sepenuhnya begitu, Ladies. Dibandingkan dengan junk food, fast food justru punya nutrisi jauh lebih baik, loh.

Contohnya, burger masih memiliki kandungan karbohidrat dari roti dan vitamin dari sayuran yang dibutuhkan tubuh. Begitu pula kandungan protein pada daging di dalamnya. Hanya saja, konsumen harus bijak dalam mengonsumsi fast food agar tidak membahayakan tubuh.

Tidak ada salahnya juga sesekali memilih fast food dengan penyajian lebih menyehatkan. Misalnya, pizza dengan tambahan aneka topping sayuran dapat memenuhi kebutuhan serat dalam tubuh. Selain itu, Ladies juga bisa mengatur jumlah porsi makanan fast food agar tidak berlebih.

Junk Food Lebih Berbahaya dan Mudah Dijumpai

Junk Food dan Fast Food

Mungkin tidak banyak yang tahu kalau junk food banyak memakai zat aditif, seperti pewarna makanan atau penyedap rasa yang kuat. Tujuan penambahan zat ini adalah untuk meningkatkan cita rasa dan membuat konsumen ketagihan. Nah, zat aditif inilah yang membuat nutrisi junk food menjadi sangat minim.

Makanan yang berkategori junk food biasanya berupa camilan yang mudah kita temui. Misalnya, keripik kentang, snack ringan yang asin, hingga aneka permen-permenan. Ladies boleh-boleh saja makan camilan asalkan porsinya tidak berlebihan.

Nah, sudahkah ada bayangan tentang perbedaan fast food dan junk food? Yuk, mulai konsumsi makanan sehat agar tubuh mendapatkan nutrisi lebih cukup!

Baca Juga:

Ini Deretan Menu Makanan Sehat Buat ke Kantor

Bingung Mau Deketin Doi? Ini Cara PDKT Lewat Chat

9 Makanan Khas Jawa Timur yang Menggoyang Lidah, Sudah Pernah Coba?