Serupa Tapi Tak Sama, Kenali Perbedaan Brightening vs Lightening! 

0
366

Penulis: Nia | Editor: Agnes

Memiliki wajah yang cerah adalah dambaan kaum hawa. Untuk mewujudkannya, sekarang ini banyak produk kecantikan dengan label brightening dan lightening. Keduanya memang terdengar serupa, tetapi sangat berbeda loh, Ladies.

Jadi, sebelum salah membeli produk ataupun melakukan skin treatment yang tidak tepat, mari kita sama-sama belajar tentang perbedaan antara brightening dan lightening. Simak di bawah ini, Ladies.

Perbedaan Secara General

perbedaan brithening dan lightening

Secara umum, brightening berarti mengembalikan kilau wajah alami, agar terlihat glowing dan sehat. Dengan menggunakan brightening, kulit yang kusam dan kering dapat kembali bercahaya secara alami. 

Sementara lightening lebih ke memutihkan kulit dengan mengubah pigmen warna kulit yang telah ada. Lightening juga dapat membantu mengatasi warna kulit yang tidak rata. Keduanya memang sekilas mirip, namun hasil yang didapatkan akan berbeda.

Cara Kerja Brightening dan Lightening

perbedaan brithening dan lightening

Cara kerja produk brightening adalah mengeksfoliasi kulit. Dengan begitu, kulit lama yang kusam akan hilang dan digantikan oleh kulit baru yang segar dan sehat. Brightening juga membantu melembabkan kulit dan mendapatkan efek glow yang sehat.

Sementara itu, lightening bekerja dengan menghilangkan pigmen di kulit. Jadi cara kerjanya hampir seperti bleaching. Selain itu, skin lightening juga mengurangi produksi melanin pada kulit kita, sehingga dapat mempertahankan warna kulit yang sudah cerah.

Komposisi Brightening vs Lightening

perbedaan brithening dan lightening

Kandungan yang dapat membantu proses brightening wajah adalah vitamin C, retinol, alpha, dan beta hydroxy acids. Sementara kandungan yang membantu proses lightening pada kulit adalah hydroquinone, kojic acid, arbutin, vitamin C, dan retinol.

Efek Samping dan Bahaya

perbedaan brithening dan lightening

Brightening cenderung lebih aman karena zatnya hanya membantu kita mendapat kulit glowing alami dari proses eksfoliasi. Selain itu, zat brightening menjaga warna kulit kita yang asli dan alami. Dengan begitu, kulit terlihat cerah alami tanpa adanya perubahan pada pigmen warna kulit.

Sementara itu, skin lightening dapat memutihkan kulit lebih cepat. Ini karena zat lightening bekerja memengaruhi pigmen kulit, sehingga membuat kulit kita kehilangan pigmen aslinya.

Mana Yang Lebih Digemari?

perbedaan brithening dan lightening

Banyak perempuan, terutama di Asia, yang menginginkan warna kulit lebih putih. Jadi, saat ini produk yang membantu proses skin lightening lebih banyak dicari. Sementara di Barat sana, skin brightening lebih banyak digemari karena lebih sehat dan natural.

Apapun pilihannya, diharapkan Ladies bisa mempertimbangkan baik-baik manfaat dan efeknya. Tidak perlu tergiur terhadap produk skincare dengan embel-embel ini itu. At the end of the day, kulit dan wajah yang sehat adalah prioritas kita semua.

Baca Juga:

Wajib Tahu! Inilah 5 Efek Samping Suntik Putih

Arti OOTD dan Tips Menghasilkan Foto OOTD Keren Agar Banjir Likes!

Patah Hati Setelah Putus? Ikuti Tips-Tips Move On Ini